1
Kuliner Motivasi Tips Travel

10 Hidangan Tradisional Oman Yang Harus Anda Coba

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu keajaiban budaya Oman yang unik, adalah masakan tradisional yang lezat. Dari kurma dan kopi, hingga nasi dan daging panggang, berikut adalah hidangan utama Oman yang harus dicoba setiap pengunjung selama kunjungan mereka ke negara itu.

Majboos

Juga disebut Kabsa dan Makboos, Majboos adalah hidangan nasi campur tradisional yang berasal dari Arab Saudi. Ini terkenal di Dunia Arab terutama di negara-negara Teluk termasuk Oman. Hidangan tersebut terdiri dari nasi, biasanya basmati, sayuran, daging atau ayam dan campuran rempah-rempah. Kadang-kadang, disajikan dengan yoghurt atau salad hijau, roti tradisional dan saus tomat.

Shuwa
Shuwa berarti daging panggang dalam bahasa Arab. Ini adalah hidangan favorit di Oman yang sering disiapkan untuk acara-acara khusus seperti Idul Fitri. Proses memasak hidangan Shuwa membutuhkan waktu lama. Bahkan, warga Oman biasanya menyiapkan daging pada hari pertama Idul Fitri, dan memakannya pada hari kedua atau ketiga. Shuwa direndam dalam rempah-rempah Oman, kemudian dibungkus dengan daun pisang atau daun palem dan dimasukkan ke dalam oven pasir bawah tanah, di mana ia dimasak selama satu hingga dua hari. Ini mungkin metode yang aneh, tetapi daging Shuwa adalah salah satu hidangan paling lezat di Oman.

Roti Oman
Ada beberapa jenis roti Oman. Salah satunya tebal dan memiliki bentuk lingkaran besar. Yang lainnya garing dan tipis, dan seukuran piring makan bundar kecil. Kebanyakan orang Oman membuat roti sendiri di rumah, dan jelas ada roti juga, populer di restoran untuk disajikan bersama makanan.

Pohon palem
Pohon palem adalah perkebunan yang paling sering terlihat di Oman. Mereka menghasilkan kurma yang menggiurkan. Berbeda dalam ukuran, warna, dan kelembutan, kurma ini adalah salah satu item makanan penting yang disajikan kepada setiap tamu sebagai bagian dari keramahan Oman yang luar biasa. Terkadang, orang Oman mencampur kurma kering dengan pasta wijen atau kelapa bubuk. Mereka juga menggunakannya dalam menyiapkan berbagai jenis makanan penutup dan permen Oman.

Kahwa
Kahwa berarti kopi dalam bahasa Arab. Terkenal karena rasanya dan teksturnya, juga bagaimana ia ditanam, dikeringkan dan disiapkan. Kahwa Oman biasanya dicampur dengan bubuk cardamon. Sama seperti kurma, ini adalah bagian penting dari keramahtamahan Oman dan disajikan dengan Omani Halwa (hidangan penutup) juga. Kebanyakan orang Oman minum kahwa beberapa kali selama hari mereka. Mereka juga menyiapkan pot dan terkadang mengambilnya saat mengunjungi tetangga.

Meshkak
Juga dikenal sebagai kebab, Meshkak adalah daging sapi yang diasinkan, daging kambing atau ayam yang dipanggang di atas batang. Biasanya direndam dengan rempah-rempah yang berbeda, terutama kari, dan disajikan dengan roti Oman. Ini adalah hidangan spesial Oman lainnya yang disiapkan di mana-mana di seluruh negeri terutama selama perayaan.

webinar umroh.com

Halwa
Halwa berarti makanan penutup dalam bahasa Arab. Namun, Halwa juga nama yang diberikan untuk permen Oman yang paling terkenal. Ini memiliki tekstur kuat yang lebih tebal dari puding. Meskipun Halwa berwarna cokelat, tidak ada cokelat yang digunakan dalam persiapannya. Omani Halwa terdiri dari gula, madu, air mawar, telur, beberapa rempah dan kacang Oman. Biasanya disajikan dengan kahwa dan kurma. Oman menyajikannya di satu piring besar dengan beberapa sendok sehingga para tamu dan pengunjung dapat berbagi dalam kelezatannya.

Oman Laban
Laban berarti susu asam dalam bahasa Arab. Omani Laban terbuat dari yoghurt dan susu mentega. Ini adalah minuman asin yang disajikan di mana-mana di Oman dan biasanya dibumbui dengan cardamon, mint atau jinten.

Harees
Harees adalah hidangan tradisional Oman yang unik yang biasanya dimasak untuk acara-acara khusus. Itu terbuat dari gandum yang dicampur dengan daging, dan biasanya disajikan dengan saus khusus.

Mashuai
Mashuai adalah hidangan ikan Oman yang lezat. Ini terdiri dari kingfish bakar dengan saus lemon gurih khusus. Dengan rempah-rempah tradisional Oman, hidangan ini unik menggiurkan dan tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke negara ini.