1
Serba-serbi Ramadhan

10 Jenis Kurma Paling Enak Di Dunia, Sudah Coba?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Kurma sering kita temui di bulan Ramadhan. Ini tak lepas dari sunnah berbuka puasa yang dicontohkan Rasulullah. Berbagai tempat kuliner pun menyediakan kurma sebagai takjil. Namun apakah kamu tahu jenis kurma yang enak dimakan? Jenis kurma paling enak di dunia akan dibahas pada artikel umroh.com berikut ini.

10 Jenis Kurma

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa disebut juga Kurma Nabi, sebab dulu Rasulullah sering memakannya. Rasulullah berkata, “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR.Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Bisa Tangkal Sihir dan Racun, Ini Keutamaan Kurma Ajwa

Inilah penyebab Kurma Ajwa sering diincar banyak orang. Sebagian berpendapat, kurma yang banyak tumbuh di Kota Madinah ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Seperti membantu mengatasi masalah pencernaan, serta mencegah penyakit jantung dan diabetes melitus.

Umumnya Kurma Ajwa berwarna hitam pekat dengan tekstur lembut dan kering. Namun berbeda dengan kurma lain yang cenderung manis, kurma ajwa rasanya tidak terlalu manis. Lebih mirip seperti rasa kismis. Di pasaran, jenis kurma ini memiliki predikat tertinggi dari segi harga.

2. Kurma Sukari

Berbeda dengan Rasulullah, raja-raja Arab lebih suka menyantap kurma sukari. Mereka lebih senang menyantap yang basah dibandingkan kering. Sukari basah memiliki tekstur lembut yang akan lumer di mulut. Terlebih lagi, kurma ini berkhasiat menambah stamina pria.

Selain itu, kurma sukari dapat menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi, dan membantu menghilangkan kelelahan. Kurma yang dibudidayakan di wilayah Al Qaseem ini mengandung cita rasa yang manis, renyah, dan empuk. Warnanya yang kuning kecokelatan membuatnya terlihat seperti kurma emas.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Kurma Mazafati

Kurma ini biasanya hanya tumbuh di Kerman, Iran. Tekstur Kurma Mazafati sangat lembut, warnanya gelap, dan berukuran sedang. Rasanya cenderung manis serta menyegarkan. Kurma ini bisa bertahan dalam waktu cukup lama. Sehingga kita bisa menyimpannya selama dua tahun di tempat dengan suhu minus lima derajat Celcius.

webinar umroh.com

4. Kurma Halawi

Nama Kurma Halawi berasal dari kata ‘holwah’ dalam Bahasa Arab, yang berarti ‘manis’. Sesuai dengan namanya, Kurma Halawy mempunyai rasa sangat manis seperti permen karamel. Ukurannya kecil dengan kulit berwarna cokelat keemasan dan tekstur daging buah yang lunak. Kurma asal Arab ini rasanya sangat pas disantap ketika berbuka puasa.

5. Kurma Sekki

Rasa Kurma Sekki tidak terlalu manis. Warnanya kuning di bagian atas dan kecokelatan di bagian bawah. Walaupun bagian luarnya bertekstur keras, bagian dalamnya sangat lembut dan kenyal.

6. Kurma Amer Hajj

Kurma Amer Hajj berasal dari Irak, dan sering dijadikan hidangan untuk tamu. Karena itu dijuluki the visitor’s date. Rasanya manis dengan daging tebal dan lembut. Sedangkan kulitnya tipis.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

7. Kurma Thoory

Kurma Thoory terkenal di Aljazair. Warnanya cokelat agak kemerahan. Namun saat diawetkan, warnanya berubah menjadi kebiru-biruan dengan kulit keriput. Uniknya lagi, kita bisa merasakan sensasi “kacang” dengan dominasi rasa manis, meskipun tidak ada kacang di dalamnya. Kurma ini disebut juga sebagai kurma roti, karena sempurna untuk dicampur dengan olahan roti dan dipanggang.

8. Kurma Safawi

Tekstur Kurma Safawi seperti daging, dan warnanya hitam. Rasanya sangat manis dan penuh kandungan gizi, sehingga punya banyak manfaat baik untuk kesehatan. Seratnya tinggi, sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan secara optimal. Jika kita memakannya dengan perut kosong, maka kurma ini dapat membunuh cacing di perut. Selain itu, kurma ini juga dikenal dengan kandungan mineralnya yang tinggi.

9. Kurma Deglet Noor

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, kurma Deglet Noor bermakna ‘kurma yang bercahaya’. Tidak heran, sebab buahnya berwarna emas atau terang ketika terkena sinar matahari. Sementara warna aslinya adalah kuning keemasan hampir transparan.

Dengan ciri khasnya itu ditambah kelembutan tekstur serta rasa yang mirip madu, Kurma Deglet Noor menjadi populer di negara Libya, Aljazair, Tunisia, dan Amerika Serikat. Kurma ini juga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan masakan.

10. Kurma Medjul

Ciri khas Kurma Medjul ialah mengandung banyak air. Ini berbeda dengan kurma pada umumnya. Sehingga lebih nikmat jika kurma ini dimakan saat masih segar. Jika ingin disimpan lebih lama hingga 2 tahun, masukkan kurma di tempat penyimpanan dengan suhu minus lima derajat celcius.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Kurma yang dikenal sebagai ‘Ratu dari Segala Kurma’ ini memiliki kulit yang lembut dengan tekstur sedikit berserat. Ukuran buahnya besar. Kulitnya akan berubah dari kuning menjadi cokelat kemerahan ketika matang dan diawetkan.

Kurma ini populer di Amerika dan sering digunakan dalam pembuatan minuman shake dan smoothie. Selain itu, juga sangat cocok dipadukan dengan teh panas manis. Kurma ini tanpa bahan pemanis buatan, jadi sangat aman dikonsumsi anak-anak.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.