1
Serba-serbi Ramadhan

10 Makanan untuk Puasa yang Baik untuk Sahur dan Berbuka

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setelah hampir dua belas jam menahan lapar, haus dan semua hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Menjelang magrib menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu semua umat muslim untuk berbuka puasa. Selain menjadi ucapan syukur setelah berpuasa sehari penuh, terdapat 10 makanan untuk puasa baik sahur dan juga berbuka puasa.

Dalam hal ini, memilih makanan untuk berbuka tentunya bisa Anda tentukan sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada makanan berbuka yang Anda santap, agar energi yang terkuras habis selama berpuasa seharian penuh dapat kembali dan tubuh Anda pun tetap terjaga kesehatannya meskipun seharian berpuasa. Dan berikut 10 makanan untuk puasa yang bisa menjadi referensi Anda selama bulan ramadhan.

Baca juga : 5 Makanan Buka Puasa Populer di Berbagai Kalangan

10 Makanan untuk Puasa

Anda tentu memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan makanan saat hendak buka puasa dibandingkan saat sahur. Oleh karena itu, siapkan menu buka puasa yang sehat untuk diri sendiri dan keluarga. Jika Anda bingung, ini 10 makanan untuk puasa:

1.      Tomyum

Tom yum merupakan sup yang berasal dari Thailand. Sajian yang terdiri dari udang, ayam, ikan, dan seafood  ini pada umumnya dicampur dengan jamur. Kuah nya yang khas membuat cita rasa tomyum sangat nikmat apalagi disantap saat berbuka puasa. Hmmm, sudah terbayang, kan betapa lezatnya makanan ini ?

2.      Gulai

Makanan berbahan dasar aneka daging ini sangat pas di konsumsi usai Tarawih. Gulai diolah dengan kuah yang memiliki cita rasa bumbu rempah yang khas. Gulai bisa kamu peroleh di mana saja, karena memang makanan ini merupakan kuliner Indonesia yang cukup terkenal dan rasanya enak banget.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3.      Soto

10 makanan untuk puasa

Butuh yang berkuah untuk berbuka? Masak soto saja. Dan biar cepat dan praktis sebaiknya memilih soto ayam bening karena bumbu tak terlalu rumit. Sotopun sangat nikmat bila disantap hangat – hangat pada saat berbuka puasa ditambah dengan nasi dan teh hangat akan menambah selera makan berbuka Anda bersama dengan keluarga.

4.      Capcay

Makanan yang terdiri dari olahan aneka sayuran ini selain nikmat juga sehat loh. Capcay bisa disajikan dengan kuah maupun goreng. Selain nikmat, capcay juga kaya serat yang bisa menunjang pencernaanmu tetap lancar selama bulan ramadhan.

webinar umroh.com

5.      Rendang daging

Siapa yang tidak tahu rendang daging? Makanan yang bisa dikatakan masuk dalam salah satu jajaran masakan terenak dunia ini wajib kamu sajikan ketika berbuka puasa. Kalau sulit membuatnya tak perlu pusing, Anda bisa membelinya di rumah makan Padang yang tersebar di mana-mana.

6.      Nasi kebuli

Untuk yang suka dengan aroma dan rasa daging kambing bisa menyajikan nasi kebuli buat berbuka puasa. Lemak dan protein yang terkandung di dalam daging mampu menggantikan tenaga yang hilang selama aktivitas seharian. Asal kontrol porsi makannya juga ya, jangan terlalu banyak.

Wujudkan niat baik Anda melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

7.      Sop Ayam

Bagi Anda yang ingin berbuka puasa dengan yang hangat-hangat, sop bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Selain rasanya yang nikmat, makanan ini banyak mengandung nilai gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Makanan ini bisa disantap dengan sepiring nasi ataupun tidak dan sangat cocok untuk pilihan menu berbuka puasa dengan harga yang terjangkau.

8.      Ayam panggang kecap

Umroh.com merangkum, ayam panggang tentu menjadi salah satu menu yang bisa menggugah selera makan Anda. Apalagi ayam panggang dengan bumbu kecap spesial, tentunya akan memberi sensasi rasa yang berbeda.

9.      Ikan bakar

Menu yang satu ini aman untuk pelaku diet yang sedang berpuasa. Pasalnya, ikan adalah lauk yang sangat rendah lemak. Untuk mengolah ikan bakar menjadi menu makanan yang sehat untuk berbuka puasa, Anda bisa menggunakan ikan mas, gurami, kakap, atau dorang. Agar hidangan ini menjadi lebih sehat, sebaiknya Anda tidak membakarnya dengan mentega.

Sebagai pengganti mentega, gunakan olive oil. Sementara itu, untuk membumbui ikan Anda dapat menggunakan cabe, jeruk nipis, merica, dan sedikit kecap manis. Selain itu, jangan membakar ikan hingga gosong. Karena daging ikan yang gosong dapat menyebabkan risiko kanker jadi meningkat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

10.  Sate susu

10 makanan untuk puasa

Dan 10 makanan untuk puasa yang terakhir adalah sate susu adalah menu buka puasa khas dari pulau dewata. Di Bali sate susu selalu jadi makanan yang dinantikan selama bulan puasa. Sebenarnya sate susu ini terbuat dari bagian susu sapi yang dibumbui dengan bumbu khas Bali. Biasanya penjual sate susu ini akan banyak ditemui di pasar-pasar kaget penjaja makanan buka puasa.