1
Serba-serbi Ramadhan

15 Kue Lebaran Tradisional, Cocok Untuk Sajian Bersama Keluarga

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Lebaran selain berkumpul dengan keluarga, tak lengkap rasanya kalau tidak ada cemilan buat bencengkrama. Pastinya banyak ragam kue kering tradisional hingga modern saat lebaran untuk menyambut tamu dan keluarga. Diantara berbagai jenis 15 kue lebaran tradisional, ada beberapa kue kering yang menjadi favorit banyak orang.

15 Kue Lebaran Tradisional yang Banyak Peminatnya

Nah, pada saat lebaran, biasanya tiap rumah akan menyediakan beraneka macam kue-kue dan makanan.Bahkan saat ini begitu menjamur kue modern yang bertebaran. Meski begitu, keberadaan kue tradisional masih begitu digemari di momen lebaran ini. Justru banyak yang mencari dan merindukan aneka kue tradisional yang sering disajikan. Beriku ini 15 kue lebaran tradisional, diantaranya.

1. Kue Biji Ketapang

Untuk kamu yang gak punya banyak waktu untuk membuat kue kering, biji ketapang wajib dicoba dirumah! Kue kering khas betawi ini berbahan dasar kelapa, sehingga memiliki rasa yang gurih plus manis. Proses pembuatannya juga dengan cara digoreng sehingga tidak memakan waktu lama untuk membuatnya.

2. Kue Bangkit

Kue kering khas lebaran ini juga merupakan oleh-oleh kuliner khas Riau. Kue ini memiliki rasa yang manis dan saat digigit, kue ini langsung lumer dimulut. Disebut kue bangkit karena setelah matang, kue ini mengembang dua kali lipat dari ukuran semula

3. Kue Satu

Kue Satu merupakan kue kering yang sudah menjadi warisan kuliner Jawa Barat sejak dulu. Tak heran kue ini sering menjadi buah tangan di Jawa Barat. Selain untuk buah tangan kue ini menjadi kue yang wajib ada saat Idul Fitri atau saat perayaan khitanan. Kue berbahan dasar kacang hijau ini disebut kue satu karena setiap bahan yang digunakan memiliki perbandingan satu.

Baca juga : 4 Resep Es Timun Jeruk Nipis untuk Berbuka Puasa

4. Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang merupakan kue tradisional khas Betawi. Disebut kembang goyang karena cara membuatnya digoreng pada cetakan berbentuk bunga, dan digoyangkan hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue kering khas lebaran ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

 5. Kue Keciput

Kue ini mirip dengan onde-onde karena bagian luarnya dibalut dengan kacang wijen, hanya saja ukurannya kecil dan memiliki rasa yang gurih. Pembuatannya dilakukan dengan cara digoreng, sehingga teksturnya garing.

webinar umroh.com

6. Pastel Kering

Kue kering ini memiliki bentuk yang sama seperti pastel pada umumnya, hanya dengan ukuran kecil. Pada isiannya terdapat abon yang membuat makanan ini menjadi gurih dan lezat.

7. Kue Bawang

Kue bawang juga biasa disebut dengan keripik bawang. Potongan daun seledri pada keripik ini menambah rasa dan mengeluarkan harum yang lezat. Bentuk keripiknya juga ada yang berupa stik, kotak atau persegi panjang. Pas banget untuk mengisi toples lebaran kamu dirumah karena rasanya yang bikin nagih.

8. Kue Tambang

Kue ini sudah menghiasi Idul fitri sejak lama. Ada juga yang mengenalnya dengan kue untir-untir. Disebut kue tambang karena pada proses pembuatannya dari adonan panjang diplintir hingga terbentuk menyerupai tambang.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

9. Akar Kelapa

Kue kering akar kelapa merupakan kue tradisional yang berasal dari betawi. Akar kelapa biasa disajikan saat lebaran didampingi dengan rengginan dan kacang. Bahan dasar kue ini adalah dari kelapa dan sagu. Kombinasi rasa gurih dan manis pasti bikin kamu ketagihan kue khas lebaran yang satu ini.

10. Kue Sagon

Saat lebaran kamu bisa menyajikam kue sagin yang renyah dan garing. Kue sagon terbuat dari campuran tepung beras ketan, kelapa parut, dan gula pasir sehingga rasanya menjadi manis dan gurih. Aromanya juga sangat wangi karena ada campuran kelapa parut. Bentuk kue kering tradisional ini sangat bermacam-macam, ada yang kotak

11. Kue Manco

Umroh.com merangkum, melihat kue yang satu ini akan membuat ingatan kamu kembali ke masa kecil saat sedang pulang kampung ke rumah nenek. Kue yang berasal dari Jawa Timur ini tak pernah absen dari kue lebaran masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya. Teksturnya memang renyah di luar tapi pada bagian tengah lebih lembut. Kue manco terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan dan bagian luarnya hanya diberi lapisan biji wijen. Ada juga yang melapisinya dengan gula merah terlebih dahulu sebelum dilapisi dengan biji wijen sangrai.

12. Kue Grubi

Kamu pasti tahu khan kalau orang Jawa sangat suka menyantap kuliner manis. Kue grubi yang berasal dari Jawa Tengah ini memiliki cita rasa manis karena dibuat dari ubi jalar yang diserut lalu goreng dan diberi gula merah. Kue grubi yang memiliki nama lain carang mas ini memiliki tekstur yang sangat garing dna renyah. Selain sering dijadikan sebagai kue lebaran, kue grubi juga sering dijumpai di pusat jajanan oleh-oleh.

13. Kue Semprong

15 kue lebaran tradisional

Kue kering yang bercita rasa manis gurih ini sering dijuluki dengan nama kue gampit. Kue kering ini memiliki banyak sekali bentuk, mulai dari bentuk panjang pipa, segitiga, hingga bulat. Kue semprong terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung beras, gula pasir, telur, margarin, santan kental, garam, dan vanili yang dicetak tipis-tipis sehingga teksturnya sangat garing.

14. Kue Gabus

Kue gabus yang bercitarasa asin dan gurih ini merupakan camilan yang terbuat dari tepung sagu atau tepung kanji. Bentuk kue gabus ini unik, yaitu lonjong dengan kedua ujungnya meruncing serta berwarna kuning keemasan. Selain dimakan langsung, kue gabus gurih juga cocok dijadikan pendamping makanan seperti bakso, sup, hingga nasi goreng.

15. Kuping Gajah

Bentuk camilan yang satu ini sangat menarik, yaitu bulat pipih atau gepeng dengan motif spiral yang berselang-seling warna antara putih dan coklat gelap. Rasanya manis namun ringan dan bertekstur sangat renyah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Nah itulah 15 kue lebaran tradisional yang tak kalah enaknya sama kue modern saat lebaran. Selamat mencoba dan menyicipi !