1
Serba-serbi Ramadhan

15 Larangan di Bulan Dzulhijjah yang Umat Muslim Perlu Tahu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Larangan di bulan Dzulhijjah memiliki beberapa syariat dalam Islam. Arti dari Dzulhijjah terdiri dari dua kata, yaitu kata Dzul dan Al Hijjah. Dzul dapat diartikan sebagai pemiliki, sedangkan Al Hijjah yang diartikan sebagai haji. Alasan diberikan nama bulan Dzulhijjah, karena saat zaman Jahiliyah orang Arab melakukan ibadah haji di bulan tersebut. Bulan Dzulhijjah termasuk bulan ke- 12 dan terakhir dalam penanggalan Hijriyah.

15 Larangan di Bulan Dzulhijjah

Saat dalam bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang khusus untuk melakukan amalan-amalan. Tetapi, ada juga beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan saat bulan ini. Berikut penjelasan mengenai larangan di bulan Dzulhijjah:

1. Dilarang Melakukan Perbuatan Zalim

“Sesungguhnya bilangan pada bulan pada sisi Allah ada dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At Taubah : 36).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa jumlah bulan dalam setahun yang ditetapkan ada 12 bulan. Di antara bulan-bulan tersebut, ada 4 bulan haram yaitu Zulkaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Maka, umat muslim dilarang untuk melakukan kezaliman untuk diri sendiri. Bahkan tidak hanya karena bulan Dzhulhijjah saja, tetapi untuk setiap harinya di bulan-bulan yang lainnya juga. Umat muslim yang melakukan suatu amalan di bulan Dzulhijjah akan mendapatkan pahala begitu besar.

2. Memberi Kesusahan Pada Orang Lain

Dari Aisyah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Ya Allah, barangsiapa yang mengurusi umatku lantas dia merepotkan (membuat susah) umatku, maka repotkanlah dia.” (HR. Muslim)
Hadis ini menjelaskan mengenai doa dari Rasulullah Saw terhadap orang yang diberikan kemudahan oleh Allah untuk mengurusi kaum sesamanya, tetapi dia tidak melakukannya dengan baik malah memberikan kesusahan. Maka, orang tersebut akan mendapatkan kesusahan pula.
Sedangkan, orang yang memberikan kemudahan dan mengurusi urusan kaum sesamanya dengan baik walaupun ada yang di luar kemampuannya. Maka orang tersebut akan mendapatkan pahala.

3. Melewatkan Kesempatan Beramal Shalih

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Tiada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini. Yakni 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, mereka (para sahabat) bertanya: Wahai Rasulullah, dan tidak juga berjihad di jalan Allah (lebih utama darinya)?, beliau bersabda: Dan tidak juga berjihad di jalan Allah (lebih utama darinya), kecuali seseorang yang berjuang dengan dirinya dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan apapun.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Maka dari itu sangat disayangkan jika hari-hari di bulan Dzulhijjah, kita lewatkan begitu saja. Karena, kita tidak akan pernah tahu kapan kesempatan baik tersebut bisa dirasakan lagi.

Baca juga : Waspadalah! Ini 14 Bahaya Sifat Ujub yang Harus Anda Tahu

4. Meremehkan Amalan Sunnah

Umroh.com merangkum, banyak hal yang dapat mempengaruhi dalam meremehkan amalan sunnah, beberapa di antaranya seperti menganggap bahwa amalan wajib sudah cukup atau merasa sudah sempurna jadi tidak perlu ditambahkan dengan amalan sunnah, memiliki rasa malas, merasa sibuk dengan urusan dunia, dan lain-lain. Padahal jika sering melakukan amalan sunnah, maka kita akan mendapatkan pahalanya lebih banyak lagi untuk bekal di akhirat.

webinar umroh.com

5. Tidak Banyak Berdoa

Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baiknya doa adala di hari Arafah.” (HR. At-Tirmidzi). Kita sebagai umat muslim yang lemah tidak boleh sombong kepada Allah dengan tidak berdoa kepada-Nya dan termasuk perbuatan dosa, padahal Allah sangat menyukai umat-umat yang berdoa kepada-Nya. Terlebih lagi sangat dianjurkan untuk berdoa di hari ke 10 di bulan Dzulhijjah, karena hari tersebut hari di mana doa paling cepat dikabulkan oleh Allah.

6. Memotong Kuku bagi yang Berudhhiyah

15 larangan di bulan dzulhijjah

Jika umat muslim melakukan berqurban, maka dianjurkan untuk tidak memotong kuku agar amalannya dapat diterima. Seperti yang dijelaskan dalam hadis ini, “Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijjah (1 Dzulhijjah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban.” (HR. Muslim no. 1997). Sedangkan, bagi orang yang tidak melakukan qurban diperbolehkan untuk memotong kukunya.

7. Memotong Rambut bagi yang Qurban

Rasulullah Saw bersabda, “Jika kalian melihat hilal Dzulhijjah dan seseorang dari kalian ingin berkurban, maka hendaklah menahan diri (tidak memotong) rambut dan kuku-kukunya.” (HR. Muslim dari Ummu Salamah r.a). Sebagian ulama menjelaskan alasan untuk tidak mencukur rambut agar seluruh bagian tubuh tersebut tetap mendapatkan kekebalan dari api neraka. Tetapi sebagian ulama yang lain mengatakan bahwa hal ini sama dilakukan dengan jamaah haji yang sedang melakukan ihram.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

8. Mencukur Rambut Seluruh Tubuh bagi yang Qurban

Larangan untuk tidak melakukan mencukur rambut diseluruh tubuh seperti mencukur rambut kepala, kumis, rambut kemaluan, jenggot, ketiak, mencabut uban, atau rambut-rambut lain yang berada di sekitar badan berlaku untuk laki-laki dan perempuan yang melakukan qurban. Larangan ini dilakukan setelah memasuki 10 hari di awal bulan Dzulhijjah. Menurut para Syafi’iyah larangan yang dimaksud adalah memendekkan, mencabut, mencukur habis atau bahkan membakarnya.

9. Tidak Menjalankan Aturan dalam Berudhhiyah

Aturan-aturan selama bulan Dzulhijjah harus dilakukan, agar mendapatkan pahala dan menjadikan amalan tersebut sempurna. Misalnya, larangan untuk tidak memotong rambut yang ada di sekitar badan. Menurut Asy-Syaukhani menjelaskan bahwa, “Hikmah larangan tersebut, agar balasan berupa terhindarnya badan dari api neraka tetap sempurna.” (Nailil Authar, 5/133).

10. Riya dalam Beramal

Riya termasuk ke dalam perbuatan sombong dan dosa. Jika seseorang ingin berqurban dengan niat yang riya atau hanya ingin dipandang mampu maka tidak akan mendapatkan pahala tersebut. Tetapi, jika niat berqurban hanya karena ingin beribadah kepada Allah maka termasuk perbuatan yang baik dan akan mendapatkan pahala dari Allah.

11. Tidak Mandi Sebelum Salat Idul Adha

Mandi sangat dianjurkan untuk semua orang. Tidak hanya untuk kebersihan, tetapi sebagai rasa menghargai dalam menyambut hari raya dalam agama Islam. Seperti yang dijelaskan dalam hadis ini, “Seorang lelaki bertanya kepada Ali radhiallahu’anhu tentang mandi, ia menjawab: ‘Mandilah setiap hari jika engkau mau.’ Lelaki tadi berkata: ‘Bukan itu, tapi mandi yang benar-benar mandi.’ Ali menjawab: ‘Mandi di hari Jum’at, Idul Fitri, Idul Adha dan hari Arafah.” (HR. Al Baihaqi)

12. Tidak Melakukan Qurban bagi yang Mampu

Hukum berqurban dalam Islam yaitu sunnah muakkadah. Menurut Mazhab Hanafi sunnah muakkadah disebut dengan istilah Sunanul Huda, yang mendekati dengan hukum wajib. Bagi orang yang menjalankannya akan mendapatkan pahala, sedangkan orang yang meninggalkannya tidak akan berdosa namun ada peringatan. Tetapi ada sebagian ulama berpendapat bahwa wajib hukumnya bagi yang mampu untuk berqurban. Seperti yang ditafsirkan dalam hadis, “Barangsiapa yang memiliki kemampuan namun tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekat ke tempat salat kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

13. Menjauhi Amal Sunnah Tanpa Uzur

Orang yang tidak melakukan amalan sunnah memang tidak mendapatkan dosa, tetapi ia mendapatkan kerugian karena tidak bisa menambahkan suatu hal kebaikan. Jika seseorang meninggalkan amal sunnah seperti tidak ikut melaksanakan salat Idul Adha karena malas, maka dia telah kehilangan pahala dan kebaikan di bulan Dzulhijjah.

14. Tidak Membagi Hasil Qurban dengan Adil

Untuk membagikan hasil daging qurban harus dibagikan secara merata dan adil seperti yang diterapkan dalam syariat Islam. Daging qurban sangat diwajibkan untuk dibagikan, khususnya bagi orang yang tidak mampu. Agar dapat membagikan kebahagiaan dan membuat semua orang dapat menikmati rezeki yang diberikan oleh Allah. Bagi orang yang melakukan qurban boleh memakan sebagian daqing qurbannya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

15. Meragukan Keutamaan Bulan Dzulhijjah

15 larangan di bulan dzulhijjah

Sudah banyak hadis, firman Allah, dan bahkan ayat suci Alquran yang menjelaskan mengenai keutamaan dari bulan Dzulhijjah. Jika kita sebagai umat muslim meragukan keutamaan yang terdapat pada bulan Dzulhijjah, maka sama halnya seperti meragukan ketetapan Allah. Di dalam bulan ini banyak sekali keutamaan yang dapat dilakukan oleh umat muslim, agar mendapat pahala. Dan juga larangan di bulan Dzulhijjah, agar kita senantiasa terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tidak disukai Allah.