1
Serba-serbi Ramadhan

15 Tips Liburan Hemat Saat Musim Libur Lebaran Idul Fitri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Tidak terasa Ramadhan akan segera berakhir. Setelah momen pulang kampung berkumpul bersama, ada saatnya menikmati waktu saat libur lebaran dengan berjalan-jalan dengan sanak saudara. Selain itu, berlibur saat lebaran juga harus memperhatikan keuangan kita, pasalnya menjelang lebaran sering terjadi kenaikan harga yang tinggi. Berikut ini 15 tips liburan saat lebaran yang bisa Anda tiru.

Tips Liburan Saat Lebaran

Berlibur bersama keluarga tentu menjadi momen yang tak terlupakan dan ditunggu setiap tahunnya. Kesempatan untuk menghabiskan waktu ke tempat-tempat baru akan menjadi pengalaman yang sayang jika dilewatkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan liburan yang hemat sekaligus menyenangkan saat lebaran, diantaranya.

1. Pilih Jenis Transportasi yang Nyaman

Berlibur bersama keluarga jelaslah berbeda dibandingkan dengan saat berlibur sendiri atau bersama teman. Apalagi jika ada si kecil di dalam anggota keluarga yang akan dibawa serta. Oleh karena itu, jenis transportasi yang akan dipilih pun harus ditentukan dengan baik.

Untuk bahan pertimbangan, pilihlah transportasi yang cepat seperti pesawat terbang atau kereta api. Namun jika Anda dan keluarga memilih untuk menggunakan mobil atau bus, maka sebaiknya pilih waktu perjalanan saat jam tidur. Pada waktu tersebut, biasanya anak kecil akan tertidur dan tidak rewel sepanjang perjalanan.

2. Manfaatkan Agen Perjalanan untuk Paket Wisata

Menjelang libur lebaran, biasanya ada banyak promo paket wisata yang ditawarkan oleh agen-agen perjalanan tertentu. Jika anda memang suka berlibur sendiri dibandingkan rombongan, maka bisa memanfaatkan jasa agen perjalanan ini, yang biasanya menawarkan promo paket wisata liburan yang menarik. Dalam hal ini, biasanya harga tiket pesawat dan akomodasi menjadi lebih murah. Namun, anda harus memperhatikan syarat pembelian paket ini agar tidak merasa rugi.

3. Tentukan Waktu Berlibur

Waktu berlibur, jam berlibur, dan hal-hal lainnya juga perlu diperhatikan. Sesuaikan waktu berlibur dengan tujuan atau destinasi wisata yang dikehendaki. Jangan sampai ketika mengunjungi pantai justru dilakukan pada malam hari. Atau saat mengunjungi rumah saudara malah dilakukan ketika saudara sedang berada di luar kota. Jaga komunikasi selalu dengan seluruh anggota keluarga dan saudara yang akan dikunjungi. Jangan sampai salah waktu, karena waktu tidak bisa dikembalikan.

Baca juga : Bikin Ngiler! Takjil Ramadhan Ini Terkenal Sedunia

4. Destinasi Wisata yang Disukai

Jangan egois untuk menentukan destinasi wisata saat lebaran. Karena yang ingin menikmati liburan saat lebaran bukan hanya kamu saja. Mintalah pendapat orang-orang di sekitarmu sebelum menentukan tujuan wisata. Pastikan tidak ada pihak yang kecewa dengan pilihan wisata yang dibuat. Kebersamaan dan suasana lebaran itu lebih penting daripada hanya sekadar tempat wisata yang menarik, kok.

webinar umroh.com

5. Cari Penginapan yang Dekat dengan Tempat Wisata

Agar suasana liburan bersama keluarga semakin nyaman, sebaiknya cari penginapan yang dekat dengan tempat wisata. Hal ini bertujuan agar Anda dan keluarga tidak harus berkendara jauh lagi untuk mencapai destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Si kecil pun nantinya akan senang karena keinginannya melihat tempat liburannya cepat tercapai. Memilih lokasi penginapan yang strategis juga memungkinkan Anda dan keluarga menemukan atraksi lain seperti wisata kuliner yang bisa dikunjungi.

6. Pilih Destinasi Wisata yang Ramah Keluarga

Umroh.com merangkum, untuk urusan destinasi liburan, sebaiknya pilih tempat wisata yang memang diperuntukkan untuk keluarga yang ramah anak kecil. Cari tahu terlebih dahulu apakah tempat wisata yang akan dikunjungi memiliki aneka wahana anak-anak atau tidak. Beberapa destinasi yang bisa Anda jadikan pertimbangan antara lain seperti waterpark, kebun binatang atau pantai.

7. Mempersiapkan Bekal Makanan

Setelah mengetahui siapa saja yang ikut dan kendaraan apa yang perlu dipersiapkan, hal selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bekal makanan yang cukup. Pastikan bekal apa saja yang perlu dibawa dan jenis makanan apa saja yang bisa dibawa dengan praktis. Jangan sampai kelaparan di tengah jalan, karena tidak setiap destinasi wisata menyediakan fasilitas untuk makan. Siapkan bekal yang disukai seluruh anggota keluarga dan jangan lupa untuk selalu membawa air minum yang cukup.

8. Bawa P3K

Obat-obatan ringan alias P3K itu juga penting. Tidak ada salahnya, kan membawa kotak P3K. Karena kita juga tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi di depan sana. Persiapkan obat-obatan ringan seperti obat flu, obat sakit kepala, obat-obatan oles, obat anti mabuk, balsem, koyo, dan sebagainya. Semua itu akan membantu kelancaran perjalanan.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

9. Berlibur Bersama Rombongan

Semakin banyak, maka biaya akan semakin murah. Begitulah keuntungan yang bisa didapat jika memilih pergi liburan secara rombongan. Selain lebih seru, berlibur bersama keluarga atau teman-teman dekat juga terbukti bisa menghemat pengeluaran selama liburan.

10. Memanfaatkan Promo Kartu Kredit

Musim liburan hampir tiba, tentunya pihak Bank Penerbit akan menawarkan promo liburan menariknya yang akan menguntungkan kita. Anda bisa memanfaatkan promo ini jika memiliki kartu kredit tertentu. Nikmati keuntungan seperti diskon atau cicilan 0% untuk promo liburan ini.

11. Siapkan Kamera

Berlibur tidak asyik jika tidak membawa kamera. Sesuaikan jenis kamera saat liburan. Sesuaikan juga dengan kondisi destinasi wisata yang akan dituju. Jangan sampai kehilangan momen berharga dengan keluarga selama lebaran ini. Dan jangan lupa untuk selalu membawa baterai cadangan agar foto-foto tetap dapat dilakukan dengan lancar tanpa hambatan.

12. Siapkan Kondisi Fisik

Walau berwisata lebaran tidak membutuhkan kondisi fisik yang sehat seperti ketika akan naik gunung atau olahraga ekstrem lainnya, namun menjaga kondisi fisik juga penting. Apalagi jika kamu bertugas untuk memegang kemudi mobil atau motor. Fisik yang sehat dan tidak mudah mengantuk tentu diperlukan. Kamu yang hanya menjadi penumpang juga penting untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai mudah mabuk atau lainnya.

13. Jangan Jajan Sembarangan

Makanan pinggir jalan memang menggoda. Apalagi setelah lama berpuasa. Namun hal itu tidaklah sehat. Apalagi jika kita berwisata di kota orang, yang kita tidak tahu apakah benar makanan tersebut layak dikonsumsi atau tidak. Lebih baik menghindari makanan yang meragukan dan membeli makanan yang lebih layak. Walau sedikit mahal, namun makanan sehat tetaplah sehat dan aman untuk dikonsumsi.

14. Bawa Kantong Plastik

15 tips liburan saat lebaran

Kantong plastik bukan hanya berfungsi untuk kamu yang suka mabuk dalam perjalanan. Melainkan juga berfungsi untuk keperluan lainnya. Sampah juga bisa dimasukkan ke dalam kantung plastik sebelum dibuang ke tempat sampah. Selain itu, banyak fungsi dari kantung plastik. Misalnya menyimpan pakaian basah, atau lainnya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

15. Selalu Jaga Kebersihan

Walau kamu sedang berlibur, kebersihan harus tetap dijaga. Tetap buanglah sampah pada tempatnya dan jaga kebersihan di dalam kendaraan. Kebersihan badan juga tetap harus dijaga, lho. Jangan sampai bau badan atau kulit kusam membuatmu tidak nyaman selama berlibur.