1
Kesehatan

4 Menu Sarapan yang Sehat dan Praktis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sarapan sehat sangat penting untuk memulai hari. Menu bernutrisi saat sarapan bisa memberimu energi yang cukup, serta mencegah keinginan untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat sepanjang hari. Badanmu jadi lebih sehat dan lebih bersemangat.

Sayangnya, aktivitas padat sering membuat kita tidak memperhatikan sarapan. Terkadang sarapan dengan menu yang kurang sehat, atau bahkan tidak sarapan sama sekali. Padahal menu sarapan sehat tidak harus repot, lho. Memulai hari tidak harus repot dengan 4 menu sarapan sehat ini.

Telur

Bukan hanya enak, telur memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi saat sarapan, lho. Dalam sebuah studi, partisipan yang mengkonsumsi telur saat sarapan akan merasa lebih puas dengan menu sarapannya. Akhirnya mereka tidak akan tergoda dengan makanan lain, dan mengambil asupan kalori yang lebih sedikit di sepanjang hari.

Banyak kandungan baik yang terdapat dalam telur. Kuning telur sendiri mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang mencegah gangguan mata. Telur juga kaya akan kandungan kolin, yang berfungsi untuk menutrisi otak dan hati manusia.

Menyiapkan telur untuk sarapan juga tidak perlu repot. Jika tidak memiliki waktu, kita hanya perlu merebusnya, dan menyimpannya untuk stok sarapan selama beberapa hari. Walaupun aktivitas padat, sarapan telur bisa membuatmu tetap bersemangat.

Kopi

Kopi sangat bermanfaat jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar. Agar kita mendapatkan manfaat baik kopi, sebaiknya konsumsi kopi sebagai menu sarapan. Kafein dalam kopi membantu meningkatkan mood dan kesiagaan. Dengan begitu, kita jadi lebih semangat beraktivitas.

webinar umroh.com

Kafein yang terkandung dalam kopi juga membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Kopi juga kaya antioksidan, yang membantu mengurangi inflamasi, melindungi sel-sel yang menyusun pembuluh darah, serta menurunkan resiko penyakit liver dan diabetes.

Porsi terbaik yang disarankan oleh para ilmuwan adalah 38-400 mg kopi dalam sehari. Jumlah tersebut sudah cukup membantu kita mendapatkan manfaat baik dari kopi. Perlu diingat untuk mendampingi kopi dengan menu makanan lain, ya.

Oatmeal

Bagi kamu penyuka sereal, coba ganti menu sarapanmu dengan oatmeal. Dibanding sereal, oatmeal mengandung serat unik yang disebut beta-glucan. Serat ini memiliki banyak manfaat. Mulai dari memberikan rasa kenyang yang lebih lama, hingga mengurangi kolestrol dalam darah.

Oat juga kaya akan antioksidan, yang berfungsi meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah. Oat sendiri tidak mengandung protein. Jadi, jika ingin menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan, dampingi dengan buah, keju, atau telur.

Kacang-Kacangan

Sarapan dengan menu berprotein tinggi bisa memberikan banyak manfaat. Salah satu menu yang disarankan adalah kacang. Selain enak dan gurih, kacang-kacangan juga bernutrisi tinggi. Kandungan proteinnya juga membuat kacang memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga mencegah kenaikan berat badan.

Kacang memang mengandung banyak kalori dari lemak. Akan tetapi, menurut studi ilmiah, tubuh kita tidak menyerap semua lemak yang ada pada kacang. Dalam studi tersebut, disebutkan bahwa tubuh kita hanya akan menyerap sekitar 129 kalori dari 28 gram porsi kacang almond. Selain almond, ilmuwan juga menyimpulkan bahwa kondisi tersebut juga akan berlaku jika kita mengkonsumsi kacang lain.

Kacang juga tinggi kandungan magnesium, potassium, dan lemak tak jenuh yang baik bagi jantung. Sarapan dengan kacang juga sangat baik bagi penderita diabetes, karena bisa mengurangi ketahanan tubuh terhadap insulin.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.