1
Muslim Lifestyle

5 Cara Agar Mendapat Hidayah dari Allah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang baik dan bahagia di dunia, maupun di akhirat. Bahagia di dunia berarti mendapatkan kelancaran dalam aktivitas, memiliki hati yang tenang, mudah mencari rizki, dan sebagainya. Kebahagiaan di akhirat berarti kita mendapatkan tempat terbaik, sesuai dengan amal sholeh yang telah kita lakukan.

Agar kita memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat tersebut, kita memerlukan petunjuk-petunjuk untuk mencapai itu semua. Seperti seseorang yang melakukan perjalanan, kita membutuhkan peta dengan rambu-rambunya agar sampai di tujuan dengan selamat.

Petunjuk yang kita perlukan tersebut ada di tangan Allah, dan biasa kita sebut dengan hidayah. Setiap orang sebenarnya telah mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah. Namun agar hidayah tersebut dapat kita terima, kita harus melakukan lima hal di bawah ini.

Berdoa kepada Allah

Kunci utama untuk mendapatkan hidayah adalah dengan meminta hanya kepada Allah. Tidak ada orang yang akan mendapat hidayah kecuali orang tersebut memang dikehendaki oleh Allah.

Dalam sebuah Hadis Qudsi, Allah berfirman, “wahai hamba-hambaKu, kalian semua tersesat kecuali orang yang Aku beri petunjuk. Maka mintalah petunjuk kepadaKu, niscaya Aku akan berikan petunjuk kepada kalian”. Karena itu, rajinlah berdoa agar Allah senantiasa memberikan hidayah dan petunjuk kepada kita.

Selalu Bersandar kepada Allah

Orang yang akan mendapat hidayah dan petunjuk adalah mereka yang selalu bersandar dan bergantung kepada Allah. Dalam setiap hal yang dilakukannya, ia selalu merasa bahwa hanya Allah yang memiliki daya dan upaya. Sehingga tanpa petunjuk Allah, ia merasa tidak akan berhasil melakukan hal yang sedang diusahakannya.

webinar umroh.com

Keyakinan inilah yang membuatnya tidak serta-merta menggantungkan diri kepada kemampuan yang dimilikinya, apalagi kepada orang lain. Ia hanya bergantung kepada kekuatan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan keyakinan ini, seseorang juga akan ikhlas dan menyadari bahwa apa yang dikehendaki Allah pasti akan terjadi, dan yang tidak dikehendaki maka tidak akan terjadi.

Berpegang Teguh kepada Agama Allah

Seseorang yang selalu berpegang teguh kepada Allah, akan senantiasa mematuhi apa yang Allah perintahkan lewat Rasulullah. Ia akan senantiasa melakukan semua perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Perilaku tersebut disebut dengan Taqwa.

Taqwa adalah kunci mendapatkan hidayah untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Ada banyak janji Allah dalam Al Qur’an untuk orang-orang yang bertaqwa. Pada intinya, Allah akan memberikan petunjuk dan kebahagiaan di dunia dan akhirat, jika seseorang patuh dan taqwa kepada Allah.

Salah satu janji Allah kepada orang yang bertaqwa ada dalam surat Thaha ayat 123. Allah berfirman, “maka jika datang kepadamu (wahai manusia) petunjuk daripadaKu, lalu barangsiapa yang mengikuti petunjukKu, maka dia tidak akan sengsara (dalam hidupnya)”.

Dekat dengan Al Qur’an

Al Qur’an adalah pedoman yang Allah turunkan untuk manusia, agar meraih kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat. Karena itulah orang yang senantiasa dekat dengan Al Qur’an akan selalu mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah.

Dekat dengan Al Qur’an berarti senantiasa membaca dan merenungkan isinya.  Dalam surat Al Isra’  ayat 9, Allah berfirman “sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang paling lurus, dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh, bahwa bagi mereka ada pahala yang besar”.

Mengikuti Sunnah Rasulullah

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah seseorang yang diutus Allah untuk menyebarkan Islam dan petunjuk kepada umat manusia. Beliau adalah manusia sempurna yang selalu dijaga oleh Allah.

Karena itu, ketika seseorang meneladani seluruh perilaku dan cara hidup dari Rasulullah, maka ia akan selalu mendapatkan bimbingan menuju jalan yang lurus. Para ulama menjelaskan bahwa sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam merupakan petunjuk bagi umat manusia dalam berilmu dan beramal.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.