1
Motivasi

5 Cara Agar Tampil Menarik dan Lebih Percaya Diri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada kalanya kita merasa tidak percaya diri dan tidak berani menghadapi orang lain. Penyebabnya ada beragam, mulai dari suasana hati yang sedang tidak baik, atau karena kita terlalu fokus pada kekurangan diri. Berikut 5 cara agar kita lebih percaya diri dan merasa lebih menarik, sebagaimana diungkapkan oleh para ilmuwan.

Jangan Berkata Negatif pada Diri Sendiri

Sering berkata negatif pada diri sendiri akan membuat kita menjadi musuh bagi diri sendiri. Kata-kata negatif, seperti “aku payah” atau “aku jelek”, bisa membuat seseorang seketika membenci diri sendiri. Kita merasa menjadi seseorang yang tidak menarik, hingga akhirnya merasa tidak percaya diri.

Stacey Tantleff-Dunn, PhD, dari University of Central Florida, sekaligus pimpinan Laboratory for the Study of Eating, Appearance & Health, mengatakan bahwa walaupun kita memiliki kekurangan, kita harus tetap melihatnya sebagai sesuatu yang positif. Misalnya ketika kita memiliki luka, kita bisa memilih untuk melihatnya sebagai kekurangan, atau sebagai kenang-kenangan dari sebuah peristiwa.

Media memang memainkan peran penting dalam menentukan definisi kesempurnaan. Cobalah untuk berpikir jernih, dan lihat sisi positif atau keunikan dari segala hal yang kamu anggap kekurangan. Membandingkan dirimu dengan gambaran yang telah dikemas sedemikian rupa di hanya akan membuatmu merasa terpuruk.

Berolahraga

Sebuah studi, yang dilakukan oleh Children’s Hospital of Eastern Ontario Research Institute, menunjukkan bahwa remaja yang menjalani 10 minggu berolahraga memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi, dibandingkan yang hanya menghabiskan waktu untuk bermain video game. Ini adalah bukti bahwa olahraga bisa membantu kita meningkatkan penghargaan diri. Orang dengan penghargaan diri yang tinggi cenderung merasa percaya diri dan menarik.

Memakai Baju Berwarna Merah

Merah memiliki efek positif bagi seseorang orang yang memakainya. Warna merah akan membuat kita merasa lebih percaya diri, sekaligus tampak lebih menarik. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Rochester, menunjukkan bahwa seorang wanita akan dianggap lebih menarik ketika mereka memakai pakaian warna merah.

Sementara studi yang dilakukan oleh Manchester University,  menunjukkan bahwa lipstik merah bisa menarik perhatian 7,3 detik lebih lama. Ketika kamu merasa bad mood atau tidak percaya diri, cobalah untuk memakai warna merah agar merasa lebih percaya diri dan tampil lebih menarik.

Berpose dengan Postur yang Menunjukkan Kekuatan

Model-model yang kita lihat di majalah biasa berpose seolah menunjukkan bahwa mereka percaya diri. Ketika kita menirunya, kita juga akan merasakan sensasi yang sama, lho. Kita jadi merasa lebih percaya diri dan lebih menarik.

webinar umroh.com

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Harvard Business School, menunjukkan bahwa pose yang menunjukkan kekuatan, (misalnya sikap tubuh yang terbuka, lengan yang menjulur keluar, serta kepala yang tegak) bisa meningkatkan kepercayaan diri dan perasaan kuat pada seseorang. Hal sebaliknya terjadi ketika seseorang menunjukkan postur tubuh yang membungkuk, tertutup, atau lesu. Postur demikian akan membuat suasana hati dan mental merasakan hal yang serupa.

Jika kamu merasa tidak percaya diri, cobalah untuk mengubah postur tubuh menjadi lebih tegak dan tampak seperti orang-orang yang memiliki kekuatan. Dengan begitu, kamu seketika akan merasa lebih menarik dan percaya diri.

Terimalah Pujian

Apa yang kamu katakan ketika ada orang lain yang memujimu? Apakah kamu mengatakan “ah, enggak. Biasa aja” atau “terima kasih”. Menurut Journal Psychology of Women, 93% wanita menunjukkan bahwa mereka merasa tidak percaya diri dan kekurangannya menonjol ketika sedang berada bersama teman.

Di tengah pergaulan yang cenderung menjatuhkan, salah satu solusinya adalah dengan belajar menerima pujian. Menerima pujian yang diberikan pada kita akan menjadi obat untuk meningkatkan penghargaan diri. Menerima pujian akan membuat kita merasa lebih percaya diri dan lebih menarik. Jadi ketika ada orang yang memuji, ucapkan saja, “terima kasih, Alhamdulillah”.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.