1
Travel

5 Cara Bikin Foto Jalan-Jalanmu Jadi Lebih Keren Seperti Fotografer Professional

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jalan-jalan terasa kurang lengkap tanpa mengambil foto. Apalagi kalau kamu aktif di Instagram. Foto yang keren saat jalan-jalan adalah hal wajib. Seneng, dong, kalau hasil foto yang kita ambil bisa bagus dan mendapat “Love” banyak di Instagram?

Yuk, ikuti tips untuk pemula ini biar fotomu jadi lebih keren.

  1. Gunakan Kamera yang Kamu Punya

Tidak semua orang memiliki kamera professional. Kamera terbaik adalah yang kita punya. Punya kamera DSLR, bagus banget. Tapi hanya punya kamera Smartphone juga bukan halangan untuk hobimu foto-foto. Apalagi kamera Smartphone “jaman now” sudah bisa menghasilkan gambar yang cukup jernih.

  1. Usahakan Mengambil Foto Saat Golden Hour

Golden Hour adalah saat di mana sinar matahari menghasilkan cahaya yang lembut keemasan. Cahaya lembut ini akan menghasilkan gambar yang indah. Kapankah Golden Hour itu? Satu jam setelah matahari terbit, dan satu jam sebelum matahari terbenam. Lalu bagaimana jika kita ingin menangkap moment saat siang hari? Mengambil gambar kapanpun sah-sah saja. Hal yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Cahaya yang cukup terang akan menghasilkan gambar yang bagus, jelas, dan tidak terlalu banyak bayangan.

  1. Gunakan Rule of Thirds

Prinsip Rule of Thirds bisa membuat gambarmu jadi lebih hidup dan bercerita. Caranya adalah bayangkan layar kameramu terbagi menjadi tiga, secara horizontal dan vertikal. Di pertemuan antara garis-garis yang membagi layar, akan ada empat titik yang terbentuk. Letakkan objek paling menarik di titik itu. Komposisi fotomu jadi lebih menarik

webinar umroh.com
  1. Carilah Objek Menarik di Tempat yang Kamu Kunjungi, dan Ambil Sudut Pandang Lain

Selalu ada objek menarik di tempat yang kamu kunjungi. Objek tersebut bisa merupakan objek ikonik dari tempat itu, atau bahkan objek menarik bagimu yang tak terpikirkan oleh orang lain. Jangan takut untuk bereksplorasi dan hasilkan fotomu yang unik dan menarik.

  1. Sempatkan untuk Mengedit

Jangan ragu untuk memoles hasil fotomu. Buat orang yang melihat fotomu di Instagram berhenti sejenak saat melihat postinganmu. Entah itu karena fotomu punya komposisi warna yang jelas dan menarik, atau karena fotomu unik. Tunjukkan karaktermu yang ‘beda’ lewat foto-foto yang kamu hasilkan.

Semoga dengan tips di atas, foto-fotomu bisa lebih keren, ya! Untuk kenangan pribadi atau mau diunggah di Instagram, sah-sah saja. Sudah siap jalan-jalan lagi?  (ZR/10)

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.