1
Fashion

5 Jenis Kardigan dan Trik Memakainya Agar Tetap Trendi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kardigan adalah salah satu pakaian yang digunakan di luar, atau biasa disebut luaran (outer). Hampir setiap wanita memiliki luaran yang biasanya terbuat dari bahan rajut ini. Selain fungsinya sebagai penghangat, kardigan sering dipilih untuk menunjang penampilan agar lebih manis. Banyak wanita yang memilih kardigan untuk dipadukan bersama kaus untuk penampilan santai, atau kemeja untuk penampilan semi formal.

Ada beragam kardigan yang dijual di pasaran. Berbeda jenis dan model kardigan, berbeda pula cara memakainya. Salah memadu padankan kardigan akan membuat penampilanmu aneh. Proporsi yang kurang pas bisa membuat badanmu tampak mengembang atau tenggelam.

Ikuti 4 panduan di bawah ini agar padu padan dengan kardigan jadi lebih keren.

Kardigan Sepanjang Pinggang

Kardigan ini panjangnya hanya sampai pinggang. Kardigan ini banyak dimiliki dan dipakai oleh para wanita. Jangan memakai kardigan model ini sebagai luaran untuk kaus yang lebih panjang, dan dipadukan dengan celana. Memakainya dengan cara seperti itu akan menimbulkan kesan bertumpuk yang kurang indah dipandang. Proporsi badanmu jadi tampak aneh dan tidak seimbang.

Sebaiknya, gunakan kardigan model ini sebagai luaran untuk dress panjang. Kamu juga bisa memadukan kardigan ini dengan bawahan yang potongannya di pinggang. Misalnya rok lebar, atau celana. Perhatikan untuk memasukkan kaus dalaman yang dipakai bersama kardigan agar penampilanmu tetap rapi.

Kardigan Berukuran Besar

Kardigan yang ukurannya lebih besar dari ukuranmu biasanya memang menjadi luaran yang memberi kesan santai. Jika kamu gemar memakai oversized cardigan ini, hindari memadukannya dengan bawahan yang juga berukuran lebar, seperti rok maxi atau kulot. Padukan oversized cardigan rok pensil agar penampilanmu seimbang, namun tetap tidak perlu menunjukkan lekuk kaki.

Wrap Cardigan

Kardigan model ini adalah luaran yang memiliki ujung depan yang lebih panjang. Biasanya, kita bisa mengikatkan ujungnya sehingga kardigan tampak membungkus (wrap) badan kita. Saat memakai kardigan jenis ini, hindari memadukannya dengan atasan yang panjangnya lebih panjang dari kardigan. Ini akan membuat penampilanmu jadi kurang rapi karena tampak layer yang berantakan. Sebaiknya, padukan wrap cardigan dengan dress atau rok panjang dengan potongan di pinggang.

Kardigan Panjang

Kardigan panjang banyak digunakan wanita berhijab. Biasanya, kardigan ini memiliki panjang hingga lutut. Ukurannya yang pas di tubuh, serta panjangnya yang melebihi pinggul membuat kardigan ini cocok dipadupadankan dengan dalaman apapun. Agar penampilanmu seimbang, pastikan panjang dalaman tidak melebihi panjang kardigan. Selain itu, gunakan bawahan yang tidak terlalu mengembang agar proporsi badanmu tetap tampak seimbang.

webinar umroh.com

Boyfriend Cardigan

Kardigan ini paling banyak kita jumpai. Kardigan ini tidak memiliki potongan yang rumit. Mirip kardigan untuk pria, namun ukurannya disesuaikan dengan badan wanita. Biasanya, kardigan ini memiliki panjang hingga pinggul. Karena itu, hindari memakai kardigan ini untuk dipadukan dengan dress yang bagian bawahnya lebar. Badanmu akan tampak mengembang dengan perpaduan tersebut. Sebaiknya, padukan boyfriend cardigan dengan rok pensil agar proporsi badanmu tampak lebih seimbang.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.