1
Kesehatan News

5 Makanan Ini Baik Untuk Penderita Diabetes

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Diabetes adalah salah satu penyakit mengerikan dan juga mematikan. Perlu diketahui, apabila seseorang terkena diabetes, tubuh mereka tidak memproduksi insulin dalam kadar yang normal.

Hal itulah yang menyebabkan glukosa jadi menumpuk di dalam darah sehingga tingginya glukosa itulah menyebabkan berbagai efek buruk, seperti kelalahan hingga penyakit jantung.

Salah satu metode untuk dapat mengontrol gula darah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Selain sehat, yang juga tidak kalah penting adalah makanan dan minuman yang lambat diserap tubuh sebab dapat menurunkan kadar gula darah.

Berdasarkan refrensi dari beberapa sumber, berikut ini adalah sejumlah makanan yang dapat mempertahankan serta menurunkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh kita ini.

-Roti gandum

Hingga sekarang, orang yang menderita diabetes memilih untuk tidak memakan roti karena dianggap dapat denhan cepat meningkatkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

Akan tetapi, ada alternatif bagi penderita diabetes jika masih ingin menikmati roti. Pilihlah roti gandum. Karena roti gandum yang utuh mempunyai skor GI yang lebih rendah dibandingkan roti biasa lainnya. Serat yang terdapat pada roti gandum ini pula lah yang dapat membantu memperlambat pencernaan, dan juga menstabilkan kadar gula darah.

-Buah-buahan

webinar umroh.com

Penderita diabetes memang dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Karenahampir semua buah-buahan mempunyai skor GI yang kurang dari 55. Sebab buah banyak mengandung air dan serat yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh secara alami, kecuali nanas dan melon.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 lalu, menyebutkan jika orang yang mengonsumsi buah-buahan macam blueberry, anggur dan apel, dapat mengurangi resiko terserang diabetes tipe 2.

-Ubi jalar

Beberapa riset juga telah membuktikan jika daging ubi jalar mengandung lebih banyak serat. Hal ini menunjukkan jika ubi jalar berguna untuk penderita diabetes yang ingin menurunkan atau mengontrol kadar gula darahnya.

Para peneliti juga membuktikan jika mengkonsumsi ubi jalar dapat mengurangi resiko diabetes, terlebih lagi kentang manis dan ubi.

-Kacang

Riset 2014 lalu mendapati jika kacang termasuk makanan yang baik untuk dimakan oleh penderita diabetes. Sebab kacang-kacangan memiliki banyak serat dan mempunyai skor GI 55 atau kurang.

Disamping itu, didalam kacang juga terkandung protein nabati tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin antioksidan, fitokimia dan, mineral.

-Bawang putih

Bawang putih lazim kita kenal sebagai salah satu bumbu dapur. Namun lebih dari itu, makanan itu juga dapat dijadikan obat tradisional untuk mencegah dan mengobati diabetes beserta penyakit kronis lainnya. Senyawa pada bawang putih bisa membantu mengurangi gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin.

Hal ini terbukti pada orang yang menderita penurunan gula darah cukup signifikan dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin.