1
Motivasi Muslim Lifestyle

5 Maksud Allah di Balik Musibah dan Ujian

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Manusia yang hidup di dunia tentu tidak lepas dari musibah dan ujian. Musibah dan ujian tersebut seringkali terasa tidak nyaman. Perasaan sedih dan marah sangat manusiawi jika kita tertimpa musibah dan ujian. Akan tetapi, jangan sampai musibah dan ujian membuat kita putus asa. Allah dengan kasih sayangnya memberikan musibah dan ujian dengan 5 tujuan ini.

  1. Meninggikan Derajat

Ketika musibah menimpa seseorang, hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa Allah ingin meninggikan derajatnya. Menurut para ulama, ada tingkatan iman yang tidak bisa dicapai seorang hamba dengan amalnya. Tingkatan yang lebih tinggi tersebut hanya bisa dicapai dengan ujian dan cobaan yang ditimpakan kepadanya.

Dengan ujian yang diterima seorang hamba, Allah ingin meningkatkan imannya dan menolongnya untuk bersabar dalam menjalaninya. Karena itulah banyak ulama yang menyebut bahwa ujian dan cobaan adalah bentuk rahmat bagi seorang hamba Allah.

  1. Memperbesar Pahala

Sebuah musibah atau ujian bisa menjadi ladang pahala bagi seorang hamba. Menurut para ulama, seorang hamba yang mampu bersabar, serta mengharapkan pahala dari musibah, maka ia akan mendapatkan tambahan kebaikan.

Mengharap pahala dari musibah seringkali lalai dilakukan oleh manusia yang tertimpa musibah atau mengalami ujian. Padahal dari musibah-musibah kecil, misalnya sakit ringan, tertusuk duri, sandal yang putus, atau rasa lelah saat bekerja di rumah atau di kantor bisa menjadi ladang pahala jika kita mengharapkannya dari Allah.

  1. Teladan dalam Kesabaran

Pada orang-orang yang sholeh, seperti para Nabi dan Rasul, kita mengetahui bahwa mereka menerima ujian yang berat dari Allah. Ujian tersebut bukan diberikan tanpa maksud. Selain untuk meningkatkan derajat, ujian yang menimpa para Nabi dan Rasul juga dimaksudkan agar kita memetik hikmah dari kisah mereka. Allah ingin kita belajar dan meneladani kesabaran dan sikap para Nabi dan Rasul dalam menghadapi musibah.

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

  1. Menghapus Dosa

Setiap manusia biasa pasti pernah berbuat kesalahan dan dosa. Dengan rahmat Allah, ujian dan musibah yang menimpa manusia juga bisa menjadi jalan untuk menghapus dosa-dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah, dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan juga Muslim, bahwa “Tidaklah menimpa seorang mukmin berupa rasa sakit (yang terus menerus), rasa capek, kekhawatiran (pada pikiran), sedih (karena sesuatu yang hilang), kesusahan hati atau sesuatu yang menyakiti sampai pun duri yang menusuknya melainkan akan dihapuskan dosa-dosanya.”

  1. Hukuman yang Disegerakan

Setiap perbuatan dan amalan manusia akan dibalas oleh Allah SWT. Allah yang Maha Adil juga telah berfirman dalam surat An Nisa ayat 123, bahwa “Barang siapa yang melakukan keburukan maka dia akan mendapatkan balasan karena keburukan yang telah dilakukannya”.

webinar umroh.com

Musibah juga bisa merupakan balasan yang disegerakan Allah terhadap perbuatan buruk yang kita lakukan. Bisa jadi dosa kita sudah sedemikian banyak dan kita lupa bertaubat kepada Allah.

Akan tetapi, hal tersebut bukan disebabkan karena Allah membenci hambaNya. Ketika hukuman disegerakan lewat musibah, itu tandanya Allah sedang menunjukkan rahmatnya. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadist yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi, bahwa “Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, Dia akan segerakan hukumannya di dunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya, Dia akan mengakhirkan balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.”

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.