1
Motivasi Muslim Lifestyle

5 Manfaat Berteman dengan Orang Sholeh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Dengan kenyataan tersebut, sudah pasti kita memiliki teman-teman untuk menemani, mendukung, atau membantu kita saat kesulitan. Dalam bergaul, selalu pilih orang sholeh sebagai sahabat dekat. Mereka akan memberi manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Di bawah ini merupakan 5 manfaat berteman dengan orang sholeh.

Memberi Pengaruh Baik

Manfaat bergaul dengan orang sholeh adalah kita mendapat kesempatan saling mengingatkan dalam kebaikan. Orang-orang yang sholeh mengetahui pentingnya saling mengingatkan dalam kebaikan. Inilah yang akan membuat kita lambat laun berubah menjadi seseorang yang berubah menjadi lebih baik jika banyak berteman dengan orang sholeh.

Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari, bahwa “Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu; engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak enak.”

Mendapat Doa yang Baik

Orang-orang yang sholeh mengetahui pentingnya berdoa dan mendoakan orang lain. Inilah yang akan membuat kita akan mendapatkan doa dari mereka. Orang-orang yang sholeh tentu tidak akan menunjukkan secara terang-terangan mengenai doa yang dipanjatkannya untuk kita. Akan tetapi, kita bisa merasakan rasa tenang dalam hati ketika bersamanya. Teman yang sholeh adalah orang-orang yang baik dan akan mendoakan kita dengan doa-doa yang baik.

Sebagai Tanda Kesholehan Kita

Jika ingin mengetahui seberapa sholeh diri kita, maka lihatlah siapa saja yang ada di sekeliling kita. Berteman dengan orang-orang yang sholeh bisa membuat kita menilai, apakah kita sudah termasuk dalam hamba sholeh yang diridhai Allah. Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Abu Daud dan Imam At Tirmidzi, Rasulullah bersabda “Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian.”

webinar umroh.com

Syekh Ibnu Athaillah juga percaya bahwa dipertemukannya dengan orang Sholeh menjadi tanda bahwa kita setidaknya memiliki kesholehan yang diridhai Allah. Sementara Syekh Syarqawi menjelaskan bahwa Allah tidak memperkenankan orang lain bergaul dengan orang-orang saleh yang menjadi kekasih-Nya.

Menyehatkan Jiwa

Bergaul dengan orang-orang yang sholeh bisa membawa pengaruh positif dalam batin kita. Orang-orang yang sholeh biasanya memiliki karakter yang baik serta jiwa yang tenang. Mereka tidak mudah mengeluh dan selalu berpikir positif karena memiliki keyakinan yang kuat terhadap Allah. Inilah manfaat bergaul dengan orang sholeh, jiwa kita juga akan lebih tenang.

Dibangkitkan Bersama pada Hari Kiamat

Jika berteman dengan orang yang sholeh, Insya Allah kita akan dibangkitkan degan mereka saat hari kiamat. Sebagaimana hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim, bahwa “Ada yang berkata pada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, ‘Ada seseorang yang mencintai suatu kaum, namun ia tak pernah berjumpa dengan mereka.’ Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam lantas bersabda, ‘Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai.’”

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.