1
Muslim Lifestyle Parenting Tips

5 Tahap Mendidik Anak Menjadi Penghafal Al Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Al Quran adalah kitab suci bagi kita, umat Islam.Al Quran merupakan petunjuk dari Allah bagi seluruh umat yang disampaikan melalui Rasulullah SAW. Di dalam Al Quran, terdapat firman-firman Allah yang menunjukkan jalan agar meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Karena itu, mengetahui apalagi menghafal ayat-ayat Al Quran akan membuat kita mendapat keistimewaan tersendiri.

Al Quran adalah cahaya yang mulia, sehingga siapapun yang memiliki hafalan Al Quran akan memiliki cahaya tersebut di dalam dirinya. Dalam hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi, Rasulullah SAW bahkan menekankan, bahwa orang yang tidak mempunyai hafalan Al Quran sedikitpun seperti rumah kumuh yang akan runtuh.

Mulai dari Dalam Kandungan

Jika Anda adalah orang tua yang ingin mendidik anak menjadi penghafal Al Quran, lebih baik jika mempersiapkannya sejak dalam kandungan. Ibu yang mengandung bisa memperbanyak mendengarkan Al Quran. Janin dalam kandungan juga bisa mendengarkan suara-suara yang didengar oleh Ibu. Ayat-ayat Al Quran yang diperdengarkan akan membuat janin terbiasa mendengarkannya sehingga kelak ia akan mudah menghafalkannya.

Ketika Anak Baru Lahir

Saat anak baru lahir, perdengarkan Al Quran di waktu pagi, siang, petang, dan malam. Orang tua bisa membacakan surat-surat pendek yang sama di waktu-waktu tersebut. Dalam setiap kesempatan, ulangi bacaan surat yang sama sebanyak tiga kali. Lakukan rutinitas membacakan surat yang sama selama lima hari. Di hari keenam, ganti dengan surat yang lain. Jadikan ini kebiasaan dan lakukan setiap hari.

Usia Dua Tahun Ke Atas

Di usia dua tahun ke atas, mulai perbanyak memperdengarkan ayat AL Quran pada anak. Selain membacakan Al Quran sebanyak tiga kali seperti saat baru lahir, orang tua bisa menambahkan dengan mengisi jeda di antaranya dengan memperdengarkan Al Quran lewat mp3. Al Quran yang banyak diperdengarkan saat anak berada di masa golden age membuatnya lebih mudah melekat di otak.

webinar umroh.com

Usia 4 Tahun Ke Atas

Pada usia 4 tahun ke atas, orang tua bisa mulai mengatur jadwal bagi anak untuk menghafal Al Quran. Ajari mereka untuk menghafal Al Quran dan murojaah (mengulang-ulang bacaan Al Quran hingga hafal). Berikan pengertian pada mereka mengapa mereka harus menghafal Al QUran. Gunakan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh mereka. Selalu ciptakan suasana yang menyenangkan dalam menghafal Al Quran. Sangat tidak disarankan membentak atau memarahi saat mereka salah atau bosan menghafal.

Saat Anak Mulai Sekolah

Pilihkan sekolah yang mendukung hafalan Al Quran. Minimal, pilihkan sekolah dengan lingkungan yang baik. Sangat dianjurkan untuk memasukkan anak pada sekolah yang kental ajaran Islamnya. Ini akan membantu anak agar terbiasa pada lingkungan yang baik, yang senantiasa mengingatkan pada Allah SWT dan Al Quran. Saat anak sudah cukup umur dan ia bersedia, orang tua bisa mengirimnya ke pesantren yang khusu membina penghafal Al Quran. Di sana, anak-anak akan bertemu dengan teman sebaya yang juga sedang berjuang menghafalkan Al Quran. Mereka akan lebih bersemangat mengulang hafalan bersama teman-temannya.

Menghafal AL Quran memang bukan hal yang mudah. Namun perjuangan Anda dan anak akan berbuah manis seiring dengan turunnya berkah dan ridho Allah bagi para penghafal Al Quran. Semoga anak-anak kita diijinkan Allah untuk menghafalkan firmanNya di dalam Al Quran.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.