1
Tips

6 Bahasa Tubuh Ini Membuat Orang Lain Nyaman Berbincang dengan Kita

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bahasa tubuh yang kita tunjukkan memiliki pengaruh besar dalam komunikasi. Jika bahasa tubuh yang kita tunjukkan tepat, maka akan mempermudah kita menjalin koneksi dengan orang yang kita ajak bicara. Lain halnya jika bahasa tubuh yang kita tunjukkan kurang tepat. Bukan tidak mungkin orang di hadapan kita  akan tersinggung dan berpikir kita tidak berminat menjalin komunikasi dengannya.

Kunci agar lebih mudah diterima orang lain adalah dengan memperhatikan bahasa tubuh kita. Kuasai bahasa tubuhmu agar lebih mudah menjalin koneksi dengan orang lain. Di bawah ini, adalah 6 bahasa tubuh jika sedang berhadapan dengan orang lain agar mereka merasa nyaman.

Tersenyumlah

Senyum adalah bahasa tubuh yang paling mudah diterima oleh orang lain. Saat tersenyum, orang-orang bisa melihat ketulusan yang kita tunjukan. Mereka yang benar-benar merasa bahagia akan tersenyum dengan sudut mata yang turun dan rileks. Sedangkan senyum yang terpaksa ditunjukkan dengan ekspresi mata yang masih tampak tegang. Belajarlah untuk tersenyum secara tulus agar orang lain yang berada di dekatmu merasa nyaman.

Tunjukkan Bahasa Tubuh yang Terbuka

Orang-orang akan lebih mudah mendekat dan menerima kita saat melihat bahasa tubuh yang terbuka. Bahasa tubuh yang terbuka mencerminkan keinginan seseorang untuk menerima orang yang ditemuinya. Biasanya, bahasa tubuh ini ditunjukkan dengan tangan yang tampak santai dan tidak terlipat di depan dada, atau menyingkirkan barang-barang yang menghalangi interaksi dengan orang yang ada di depan kita.

Kontak Mata

Kontak mata yang baik bisa membuat seseorang merasa diperhatikan. Ketika seseorang sedang berbicara, tatap matanya untuk menunjukkan bahwa kita sedang fokus terhadap apa yang dia bicarakan. Jika kita merasa malu atau takut menatap matanya, cobalah untuk mencari tahu warna matanya. Dengan begitu, kamu akan melihat ke arah matanya tanpa harus merasa grogi. Kontak mata yang fokus mampu menciptakan hubungan baik dengan orang yang kita temui.

Arahkan Badan Kepada Orang yang Ada di Depan

Mengarahkan badan ke arah orang di depan menunjukkan bahwa kita menghormati kehadirannya. Ketika kita menghadapkan badan ke arah lain, orang yang sedang berbicara pada kita akan tersinggung. Ia akan menganggap kita tidak tertarik berinteraksi dengannya. Pastikan wajah, badan, tangan, dan kakimu mengarah kepada orang yang sedang kamu ajak bicara, agar ia merasa dihargai dan dihormati.

Mengangguk

Mengangguk adalah bahasa tubuh yang kita pahami sebagai tanda memahami atau mengerti. Ketika orang lain berbicara, sesekali anggukan kepala untuk memberi pesan bahwa kita memahami apa yang mereka bicarakan. Tentunya bahasa tubuh ini harus disertai dengan pemahaman yang benar terhadap apa yang sedang dibicarakan oleh orang lain. Mengangguk tanpa memahami isi pembicaraan hanya akan membuat orang lain merasa diabaikan.

Condongkan Tubuh ke Arah Orang di Depanmu

Ketika kita bertemu dengan teman dan mereka dengan antusias menceritakan kisahnya, tunjukkan bahwa kamu tertarik dengan apa yang mereka bicarakan. Condongkan badan ke arahnya untuk menunjukkan bahwa kamu juga antusias mendengar ceritanya. Hindari bersandar dan menjauhkan tubuh dari temanmu, karena akan membuat Ia mengira kamu tidak tertarik mendengar kisahnya.

webinar umroh.com
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.