1
Motivasi

6 Cara Membangun Keluarga Islami

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Keluarga adalah anugerah yang diberikan oleh Allah. Sebagai sebuah pemberian dari Allah, sudah sepatutnya kita selalu mengupayakan agar keluarga selalu berada dalam jalur yang diridhai Allah. Untuk mendapat ridha Allah, kita harus berusaha menciptakan kondisi keluarga yang sesuai dengan norma-norma Islam.

Di bawah ini, adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menciptakan keluarga yang Islami.

  1. Ciptakan Suasana Rumah yang Nyaman untuk Beribadah

Berrumah tangga dan berkeluarga adalah ibadah terpanjang dalam hidup seorang muslim. Untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman untuk beribadah,

buatlah suasana sholat jadi menyenangkan. Sambutlah panggilan adzan dengan semangat. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga akan merasa bersemangat untuk beribadah. Jika Allah memberikan rizki kepada keluarga, tidak ada salahnya kita menciptakan suasana rumah yang nyaman.

Selain sholat wajib, ibadah-ibadah lain yang diperintahkan Allah juga hendaknya disambut dengan gembira. Misalnya mengaji, berpuasa, atau bersedekah. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga jadi selalu mengingat Allah.

  1. Jangan Biarkan Syetan Masuk ke Dalam Rumah

Syetan adalah makhluk yang senantiasa mengganggu ketentraman. Entah mengganggu ketentraman saat beribadah, atau ketenangan interaksi di dalam rumah. Syetan akan mengganggu kekhusyukan ibadah dan membuat anggota keluarga tidak saling menyayangi. Karena itu, sebisa mungkin jangan biarkan syetan masuk ke dalam rumah. Salah satu caranya adalah dengan mengucapkan “Assalamualaikum” setiap memasuki rumah, membaca doa Safar ketika berpergian, dan senantiasa membaca Al Quran di dalam rumah.

  1. Saling Menghormati dan Saling Memberi Kebaikan

Salah satu cara menjaga keharmonisan dalam keluarga adalah saling menghormati dan memberi kebaikan. Tunjukkan penghormatan kepada masing-masing anggota, baik kepada yang lebih muda, apalagi kepada yang lebih tua. Sebisa mungkin, hindari pertengkaran dan perselisihan. Jagalah selalu kepercayaan di dalam keluarga.

  1. Menerapkan Aturan-Aturan dalam Islam

Agar masing-masing keluarga senantiasa menghayati nilai-nilai Islam, sebaiknya sempatkan waktu untuk belajar bersama memperdalam agama Islam. Untuk memperdalam agama, kita bisa pergi ke ta’lim bersama, atau mengkaji ayat atau hadist bersama. Dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing anggota keluarga bisa saling mengingatkan dengan lembut dalam menerapkan ilmu yang telah dikaji bersama.

webinar umroh.com
  1. Berdiskusi untuk Pengambilan Keputusan

Libatkan seluruh anggota keluarga dalam mengambil keputusan. Jika anak-anak masih kecil, libatkan mereka dalam pengambilan keputusan dari masalah yang sederhana. Ketika setiap anggota merasa dilibatkan, maka setiap orang akan merasa dihargai. Jika setelah proses pengambilan keputusan terjadi masalah, hindari perilaku menyalahkan dan fokus pada solusi.

  1. Penuhi Hak dan Kewajiban Seluruh Anggota Keluarga

Keluarga ibarat sebuah tim yang bahu membahu untuk menjaga keharmonisan. Selayaknya sebuah tim, masing-masing orang memiliki kewajiban dan hak masing-masing. Lakukan kewajiban dengan hati yang ikhlas, serta penuhilah hak setiap anggota. Dengan begitu, keluarga jadi berjalan harmonis dan setiap orang merasa dihargai.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.