1
Tips

6 Checklist Ritual Sebelum Tidur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam Islam, tidur bisa menjadi ibadah. Jika kita meniatkan tidur sebagai ibadah untuk menjaga kesehatan tubuh, maka tidur akan menjadi ibadah. Cara lain agar tidur kita bernilai ibadah dan lebih berkah adalah dengan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Ikuti checklist di bawah ini, yuk, agar tidurmu bernilai ibadah dan berkah.

Berwudlu

Berwudlu sebelum tidur adalah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah. Wudlu bisa membersihkan tubuh dari hadas kecil. Hikmahnya. saat berwudlu, kotoran-kotoran yang ada di seluruh tubuh akan luruh. Dengan begitu, kita tidak akan naik ke tempat tidur dalam keadaan tubuh yang kotor. Berwudlu juga membuat kelembaban kulit kita terjaga saat tidur. Kita akan bangun dengan kulit yang lebih lembab dan segar dibanding jika tidur tanpa berwudlu.

Membersihkan Tempat Tidur sambil Mengucap Basmillah

Rasulullah juga mengajarkan untuk membersihkan tempat tidur. Membersihkan yang dimaksud di sini adalah mengebas kasur agar debu dan kotoran di atasnya bersih sebelum kita gunakan untuk tidur. Disunnahkan untuk mengebas tempat tidur sebanyak tiga kali sambil mengucapkan Basmallah.

Membersihkan tempat tidur adalah kebiasaan baik yang harus kita pertahankan. Jika tidak menjaga kebersihan tempat tidur,  maka kuman, bakteri dan virus akan berkumpul dan membahayakan kesehatan kita.

Membaca Tiga Surat Pendek dalam Al Quran

Sebelum tidur, Rasulullah SAW membaca tiga surat pelindung, yaitu Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas. Aisyah R. A. mengatakan, Rasulullah akan membaca ketiga surat itu sambil menengadahkan tangan. Saat sudah selesai, Rasulullah akan meniup telapak tangan, kemudian mengusapkannya ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau, mulai dari kepala hingga kaki.

Membaca Ayat Kursi

Rasulullah juga biasa membaca surat Al Baqarah ayat 255 sebelum tidur. Ayat yang kita sebut Ayat Kursi ini akan menjaga kita saat tidur. Dalam hadis yang diriwayatkan Al Bukhari dan Muslim, Allah SWT akan mengutus malaikat untuk menjaga kita saat tidur. Dengan begitu, syetan tidak akan bernai mendekat sampai kita bangun dan membuka mata.

Berdzikir

Hendaknya kita senantiasa mengingat Allah, bahkan sesaat sebelum tidur. Karena itu, kita sangat disarankan untuk berdzikir saat akan tidur. Dimulai dengan memanjatkan doa sebelum tidur, lalu diikuti dengan lafadz-lafadz dzikir untuk memuji Allah SWT. Kita bisa membaca tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali. Selain itu, kita juga diperbolehkan membaca lafadz pujian yang lain untuk Allah SWT.

webinar umroh.com

Tidur Menghadap Kanan

Rasulullah SAW mencontohkan untuk tidur dengan menghadap sebelah kanan. Beliau meletakkan telapak tangan kanannya di bawah pipi, kemudian menghadapkan badan ke arah kanan. Para ilmuwan sudah banyak melakukan penelitian mengenai manfaat tidur menghadap ke kanan. Di antara manfaatnya adalah menjaga kesehatan jantung agar tidak terhimpit. Jantung memang salah satu organ vital yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.