1
Kesehatan Parenting

6 Hal ini dapat dilakukan saat ASIP Ibu Menurun

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Air Susu Ibu Perah (ASIP) biasanya dilakukan oleh Ibu menyusui sebagai persediaan ketika Ibu sedang tidak berada bersama si Kecil. Namun si Kecil tetap dapat memperoleh ASI melalui ASIP. ASIP menurun menjadi salah satu drama kehidupan ibu menyusui terutama ketika pulang kerja. Namun semakin dipikirkan maka semakin membuat stres. Perlu adanya upaya yang dapat dilakukan untuk mengembalikan produksi ASIP.

Berikut merupakan hal yang dapat Ibu lakukan bila ASIP menurun:

 

1.Ciptakan pikiran dan hati positif

Faktor stres dapat mempengeruhi penurunan produksi ASI sehingga bila Ibu menyusui ingin memerah ASIP dapat dimungkinkan menjadi menurun produksinya. Selalu happy menjalani kehidupan terutama membagi waktu dapat membantu Ibu menciptakan pikiran. Hati yang positif dapat diperoleh dari mudah memaafkan orang lain dan selalu ingin berusaha menebaran kebaikan.

 

2.Perbanyak kontak dengan si Kecil

Kontak dengan si Kecil membantu Ibu terutama memperbaiki mood, meningkatkan bounding Ibu dengan Anak dan melakukan direct breastfeeding. Direct breastfeeding penting untuk Ibu ketahui bahwa sistem produksi ASI mengikuti permintaan dan kebutuhan ASI si Kecil. Bila si Kecil rutin menyusu langsung pada payudara, otomatis produksi ASI akan meningkat dan memenuhi kebutuhannya sehingga jumlah ASI selalu cukup. Let-down reflex (LDR) merupakan sebuah mekanisme refleks keluarnya ASI dari payudara. Refleks ini berfungsi saat saraf dalam payudara telah terstimulasi. Stimulasi ini dapat terjadi dengan sempurna jika puting ibu mendapatkan hisapan dari bayi secara rutin. Kemudian, saraf ini akan memberi sinyal yang mengeluarkan hormon oksitosin. Sehingga produksi ASI menjadi lebih lancar.

webinar umroh.com

 

3.Makan makanan kesukaan

Konsumsi makanan kesukaan dapat meningkatkan produksi ASIP dengan catatan makanan tersebut nutrisinya baik untuk memenuhi gizi Ibu. Kebutuhan gizi ibu menyusui berbeda dengan wanita yang tidak menyusui. Tingkat nutrisi yang dibutuhkan tentu saja juga berbeda. Secara umum ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak dari wanita yang tidak menyusui. Tidak hanya itu saja, konsumsi makanan kesukaan dapat membuat good mood bagi Ibu.

 

4.Berhenti melihat berlimpahnya ASIP orang lain

Rumput tetangga lebih hijau dari punya sendiri? Istilah inilah yang dapat digunakan ketika Ibu suka melihat berlimpahnya ASIP orang lain. Ini juga yang menyebabkan stres. Sibuk melihat orang lain hingga lupa mencari cara agar produksi ASIP melimpah. Maka dari itu berhenti melihat berlimpahnya ASIP orang lain dan sesegera mungkin mencoba melakukan hal yang dapat meningkatkan ASIP.

 

5.Hindari stres dan kelelahan

Stres dan Kelelahan menyebabkan hormon oksitosin tidak akan bekerja jika Ibu sedang dalam kondisi stres. ASI akan tetap tersimpan dalam payudara namun tidak mengalir karena hormon oksitosin yang sedang tersendat. Maka ibu yang menyusui harus dalam keadaan rileks. Menjaga kondisi tubuh tetap fit juga berpengaruh terhadap lancarnya ASI. Perasaan tenang dapat membuat kinerja oksitosin berjalan dengan baik, perasaan yang tenang dan bebas dari rasa takut, khawatir, marah, kesal, dan sedih akan membuat ibu rileks sehingga produksi ASIP melimpah.

 

6.Quality time dengan pasangan

Perlu sesekali pergi bersama atau menghabiskan waktu dengan pasangan agar dapat memperbaiki mood dan melupakan segala beban serta kepenatan yang dihadapi. Selain itu quality time dapat mebuat Ibu memperoleh dukungan dari semangat yang diberikan.

Dukungan suami dan keluarga memberi peranan penting terhadap kelancaran ASI yang dihasilkan. Ibu yang didukung oleh orang terdekatnya akan merasa dicintai dan bahagia. Perasaan seperti ini sangat penting untuk dimiliki ibu yang sedang menyusui. Produksi ASI yang cukup membantu si Kecil untuk tumbuh kembang yang lebih baik melalui kecukupan gizi dari ASI terutama ASI Ekslusif.