1
Muslim Lifestyle

6 Keuntungan Shalat Berjamaah di Masjid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Shalat di masjid tentu memiliki perbedaan dengan shalat sendiri di rumah. Kita mendapat pahala yang lebih banyak, sekaligus suasana yang lebih tenang untuk melaksanakan ibadah. Membiasakan diri untuk sholat di masjid membuatmu mendapatkan keuntungan-keuntungan di dunia dan akhirat. Di bawah ini adalah 6 keuntungan yang akan kamu dapat jika rajin melaksanakan shalat berjamaah di masjid.

Pahala Melangkahkan Kaki ke Masjid

Langkah yang kamu ayunkan ke masjid bisa menjadi pahala buatmu. Bahkan penghitungannya berdasarkan tiap langkah yang kamu buat. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Muslim, Rasulullah SAW menjelaskan, “Seorang yang berjalan ke masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikkan satu derajat oleh Allah SWT”.

Pahala Saat Menunggu Waktu Sholat

Tidak ada ruginya, lho, berangkat ke masjid lebih awal. Saat menunggu waktu sholat, kamu juga akan mendapat pahala. Rasulullah SWT mengatakan bahwa orang yang menunggu sholat di masjid diberi pahala seperti sedang sholat. Wah, ternyata pahalanya sama seperti saat kita melaksanakan sholat. Jadi saat kamu ada waktu, sempatkan untuk berangkat lebih awal, dan isi waktu menunggu sholat di masjid dengan berdzikir.

Mendapat Doa dari Malaikat

Bukan hanya mendapatkan pahala yang sama dengan saat melakukan sholat, kamu yang menunggu waktu sholat di masjid juga akan mendapatkan doa dari malaikat. Malaikat akan memohonkan ampun bagi kita yang masuk ke masjid, sampai tiba saatnya sholat.

Malaikat juga akan memberikan doanya kepada orang yang berdiri di shaf pertama dan kedua. Suatu saat Rasulullah SAW berpesan kepada para sahabat, “Sesungguhnya para malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama”. Para sahabat kemudian bertanya, “apakah juga kepada orang-orang yang berdiri di shaf kedua, Wahai Rasulullah?”. Rasulullah kemudian menjawab, “juga kepada orang-orang yang berada di shaf kedua” (H.R. Ahmad dan At Tabrani).

Mendapat Naungan di Hari Kiamat

Kamu yang gemar sholat berjamaah atau menghabiskan waktu untuk beribadah di masjid mendapat keistimewaan sendiri. Kelak di hari kiamat, ada 7 golongan yang mendapat naungan. Naungan yang diberikan berupa perlindungan dari Allah saat hari kiamat. Salah satu golongan yang mendapat naungan itu adalah pemuda yang hatinya terikat dengan masjid.

Menjalin Silaturahmi

Saat seseorang shalat berjamaah di masjid, ia akan bertemu dengan saudara sesama muslim yang juga sedang beribadah kepada Allah. Usai sholat, kita juga biasanya akan bersalaman dengan sesama jamaah. Pertemuan itu akan mempererat jalinan persaudaraan antar umat muslim.

Membiasakan Kedisiplinan dan Akhlak Mulia

Datang ke masjid setiap waktu sholat tiba dapat memupuk sikap positif dalam diri kita. Kita jadi terbiasa disiplin untuk datang memenuhi panggilan muadzin agar tidak tertinggal sholat berjamaah. Melakukan sholat berjamaah juga melatih kita untuk memiliki akhlak mulia. Mengikuti gerakan imam membuat kita terlatih untuk meredam ego. Kemampuan meredam ego inilah yang membuat kita memiliki sifat santun dan selalu taat pada orang yang ditunjuk sebagai pemimpin.

webinar umroh.com
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.