1
Kesehatan Kuliner

6 Makanan Ini Membantu Menyeimbangkan Hormon

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Hormon adalah senyawa yang memiliki peran penting dalam tubuh. Jika hormon dalam tubuh tidak seimbang, maka akan timbul dampak yang kurang menyenangkan. Akibat dari ketidak seimbangan hormon mulai dari kelebihan atau kekurangan berat badan, kelelahan, tidak subur, hingga rambut rontok.

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menyeimbangkan hormon adalah dengan menjaga asupan makanan. Makanan di bawah ini bisa kamu konsumsi jika kamu mulai merasakan gejala ketidakseimbangan hormon.

  1. Lemak Sehat

Lemak memegang peranan penting dalam keseimbangan hormon dalam tubuh. Keberadaan hormon dipengaruhi jumlah lemak di dalam tubuh. Lemak yang dimaksud di sini adalah lemak yang sehat. Jika asupan lemak sehat dalam tubuh seimbang, maka keseimbangan hormon juga akan terjaga.

Lemak sehat bisa kita peroleh dari bahan alami, seperti alpukat, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan sebagainya.

  1. Protein Murni

Protein murni biasanya terdapat dalam bahan-bahan yan gtidak terkontaminasi oleh pestisida dan zat kimia berbahaya lainnya. Karena kebanyakan daging (sapi atau ayam) yang beredar di pasaran telah mendapatkan suntik hormon, maka asupan protein murni bisa didapat dari kacang-kacangan, quinoa, kedelai organik, dan daging organik.

  1. Sayuran

Sayuran hijau membantu proses detox hormon estrogen yang berlebih. Hormon estrogen berlebih bisa menyebabkan penyakit tumor atau kanker yang berbahaya. Penuhi asupan sayuran, terutama yang berwarna hijau gelap (seperti bayam, brokoli, pakcoy, dsb) atau berwarna cerah (seperti wortel, paprika, dsb). Umbi-umbian juga bisa dikonsumsi untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan segar yang kaya antioksidan bisa membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Jika asupan buah terpenuhi, maka mood kita akan lebih baik. Kulit kita juga akan tampak lebih cerah, sebagai dampak positf dari seimbangnya hormon dalam tubuh. Konsumsilah buah-buahan sepert anggur yang kaya flavonoid, delima yang mengubah estrogen lemah,  atau apel organik yang kaya antioksidan.

  1. Rempah-rempah

Rempah-rempah adalah bahan yang mampu membantu keseimbangan hormon. Misalnya kayu manis, yang membantu tubuh dan liver agar merespon dengan baik saat kelebihan insulin, kunyit yang membantu penyembuhan, jahe yang menyeimbangan serotonin dalam usus sehingga mencegah mual,  dan sebagainya.

webinar umroh.com
  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah bahan makanan yang banyak mengandung tryptophan. Senyawa tersebut bertugas membentuk serotonin yang mengirimkan sinyal bahagia pada otak. Makanlah cokelat hitam secara rutin untuk membantu menjaga mood.

 

Perbanyak asupan bahan makanan tersbut, ya. Jika hormon dalam tubuh seimbang, maka tubuh akan terasa lebih sehat, serta mood akan lebih terjaga.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.