1
Motivasi

6 Manfaat Berteman dengan Orang Berkarakter Positif

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebagaimana sabda Rasulullah, bahwa “permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi”, kita memang harus memilih orang-orang yang ada di sekitar kita. Orang-orang yang ada di sekitar kita memberikan banyak pengaruh terhadap kehidupan. Mulai dari pemikiran, perasaan, hingga produktivitas. Warren Buffet juga sangat menyarankan agar kita bergaul dengan orang yang positif agar menjadi lebih sukses.

Teman-teman yang baik memang membawa pengaruh positif bagi kehidupan kita. Lebih rinci, di bawah ini adalah manfaat berkumpul dan berteman dengan orang-orang yang baik.

Orang-Orang yang Baik Membuat Kita Merasa Bahagia

Orang-orang yang disebut ‘baik’ biasanya memiliki karakter yang positif dan suportif. Mereka tidak mudah berprasangka buruk, dan selalu memberikan dukungan ketika dibutuhkan. Dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki karakter yang positif dan suportif tentu akan membuat kita merasa bahagia.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa berteman dengan orang-orang yang positif akan membuat kita lebih banyak tersenyum, serta memiliki pandangan yang lebih baik terhadap diri sendiri. Sebaliknya, jika kita banyak bergaul dengan orang yang mudah iri dan dengki, tidak bisa menghormati, dan cenderung suka mencari-cari kesalahan, mereka akan membuat kita memiliki penghargaan diri yang rendah.

Orang-Orang yang Baik akan Memberikan Dukungan

Orang-orang yang memiliki kepribadian positif selalu siap mendukung orang yang kesulitan, terutama temannya. Mereka yang memiliki karakter positif selalu ingin agar orang lain bahagia. Karena itulah mereka akan senantiasa mengulurkan tangan ketika kamu merasa  terpuruk.

Dukungan yang mereka berikan tidak harus berupa dukungan finansial. Justru dukungan moral yang mereka berikan dapat membuatmu merasa jauh lebih baik. Sebaliknya, jika kamu dikelilingi orang-orang yang negatif, mereka akan semakin menambah stres. Orang-orang yang negatif akan membuatmu semakin tidak nyaman dengan prasangka buruk, keluhan, serta kebiasaan menyalahkan pihak lain.

webinar umroh.com

Mereka Membuatmu Merasa Lebih Baik

Orang baik dengan karakter positif akan membuatmu terdorong untuk mencoba hal baru, membuat tujuan baru, serta berusaha mencapainya. Orang-orang baik di sekelilingmu tidak akan merendahkan impian yang kamu miliki. Justru mereka akan mendukung dan memberikan doa terbaik.

Sebaliknya jika kamu bertemu dengan orang yang negatif, sengaja atau tidak sengaja, mereka akan membuatmu tidak bersemangat meraih impianmu. Bisa jadi mereka akan mempengaruhimu dengan pesimisme, keraguan, atau pikiran negatif lainnya.

Menjadi Lebih Sehat

Berteman dengan orang-orang yang positif akan menurunkan resiko terkena depresi, diabetes dan penyakit jantung. Hal tersebut diungkapkan oleh Kristen Fuller dalam Psichology Today. Orang-orang yang positif akan membuatmu tetap merasa bersemangat dan sehat, hasil dari pikiran yang selalu positif.

Bagaimana Cara Mengetahui Seseorang Baik atau Tidak?

Untuk mengetahui karakter seseorang baik atau tidak, caranya adalah dengan melihat caranya memperlakukan dirimu dan orang lain. Orang yang suka membicarakan orang lain di depanmu, suatu saat juga akan membicarakanmu di depan orang lain. Seseorang yang kasar terhadap orang lain, suatu saat juga bisa kasar terhadapmu.

Cara lainnya adalah dengan melihat bagaimana perasaan kita setelah berkumpul dengan mereka. Jika kita merasa semakin positif setiap bertemu dengan mereka, bisa jadi mereka adalah orang-orang baik yang tepat untuk dijadikan teman.

Cara Mendapatkan Teman-Teman yang Positif

Orang-orang yang berada di sekeliling kita merupakan cerminan dari diri kita. Karena itu jika ingin memiliki teman-teman yang positif, maka milikilah kepribadian yang positif. Milikilah sikap yang optimis, berpikiran terbuka, bisa dipercaya, dan jujur. Dengan begitu, kamu akan menarik semakin banyak orang-orang yang positif agar berada di dekatmu.

Selain itu, biasakan untuk selalu bersikap baik kepada siapapun dan di manapun. Dengan begitu, orang-orang baik akan senantiasa berada di sekeliling kita.

Teman-teman yang baik adalah salah satu harta terbesar yang Allah berikan kepada kita. Mereka tidak memiliki hubungan darah dengan kita, namun dengan izin Allah, mereka memiliki keterikatan yang kuat dengan kita. Jagalah selalu silaturahim dengan teman-teman yang baik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.