1
Travel

6 Souvenir Unik Hasil Berwisata ke Turki

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Apakah kamu penggemar souvenir? Saat berkunjung ke Turki, kamu juga bisa, lho membawa pulang beragam souvenir unik. Jika biasanya Turki identik dengan Turkish Delight, karpet, atau lampu-lampu cantik, di bawah ini ada beragam ide souvenir Turki yang unik. Ada yang harganya terjangkau juga, lho.

Souvenir Kucing

Istanbul terkenal dengan kucing-kucing yang berkeliaran di kota itu. Warga Istanbul dikenal sangat menyayangi kucing-kucing yang hidup di sana. Mereka bekerja sama memberikan makanan dan tempat tinggal untuk kucing-kucing, sehingga kita bisa melihat kucing yang sehat dan gemuk berkeliaran di Istanbul.

Untuk mengingat kota yang ramah kucing ini, kita bisa membeli berbagai macam souvenir bertema kucing. Ada beberapa toko souvenir yang menjual rambu lalu lintas dengan gambar kucing, hingga patung keramik berbentuk kucing. Lucu-lucu, lho!

Barang-Barang Antik

Ada toko barang antik yang terkenal di Çukur Cuma Street. Di sana, dijual berbagai macam perabot antik yang akan sangat cantik jika dipajang di rumah. Dengan desain antik khas Turki, barang yang dijual di sini kebanyakan terbuat dari kayu atau logam. Kita bisa melihat cermin antik, kursi mungil dengan bantalan bludru, lampu hias, dan sebagainya.

Perhiasan dan Kerajinan dari Kulit

Turki juga terkenal dengan kerajinan kulitnya. Di toko-toko souvenir, kita bisa melihat beragam aksesoris yang terbuat dari kulit. Mulai dari dompet, ikat pinggang, hingga gelang dari kulit ada di toko souvenir. Banyak wisatawan yang membeli kerajinan kulit dari Turki karena dianggap lebih murah dari kerajinan kulit di Eropa atau Amerika.

webinar umroh.com

Souvenir dengan Landmark Istanbul

Kita juga bisa membawa pulang souvenir-souvenir yang mengingatkan kita dengan landmark Istanbul. Mulai dari sendok, magnet, hingga kaos dijual dengan gambar landmark Turki, seperti Galata Tower, Blue Mosque, hingga motif ubin khas Ottoman. Souvenir yang harganya terjangkau ini cocok diberikan untuk teman atau kerabat.

Nazar Boncuğu

Di toko-toko souvenir, kita akan melihat benda berwarna biru yang kecil dan bentuknya seperti mata. Benda ini bernama Nazar Boncuğu. Nazar Boncuğu adalah bandul yang dipercaya oleh warga lokal untuk mengusir setan. Bandul ini banyak digunakan di jaman Yunani kuno atau Romawi kuno, dan menyebar hingga dataran Turki.

Walaupun kita tidak harus mempercayainya, namun Nazar Boncuğu sendiri memiliki bentuk yang unik, lho. Warnanya biru dan terbuat dari kaca, sehingga sangat cantik digunakan sebagai hiasan atau gantungan kunci. Nazar Boncuğu juga merupakan salah satu souvenir paling laris di Turki.

Keramik Turki

Motif-motif khas dari kerajaan Ottoman terkenal cantik dan artistik. Motif-motif tersebut banyak ditemui di landmark-landmark Turki, yang membuatnya menjadi tampak unik dan indah. Jika ingin terus mengingat keindahan Turki, kita bisa membawa pulang keramik-keramik dengan motif khas Ottoman. Keramik karya pengrajin Turki ini dibuat dengan motif-motif khas dari abad kedelapan di masa kerajaan Ottoman.

Membeli souvenir keramik ini bisa menjadi cara untuk menyimpan kenangan tentang sejarah dan kebudayaan Turki. Kita bisa membawa pulang beragam souvenir keramik, mulai dari mangkuk, piring, vas, hingga gelas khas Turki. Banyak toko keramik yang bersedia mengirimkan barang yang yang kamu beli ke rumah, lho. Jadi kita tidak perlu repot-repot membawanya di dalam koper.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.