1
Kesehatan

6 Tips Menghilangkan Nyeri Haid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebagian wanita mengalami kram perut saat haid. Saat merasakan kram perut ketika haid, tentu tubuh akan terasa tidak nyaman digunakan beraktivitas. Bahkan beberapa merasakan lemas dan nyeri yang sangat sehingga tidak bisa bangkit dari tempat tidur.

Saat mengalami nyeri haid, lakukan langkah-langkah untuk menguranginya. Di bawah ini adalah 6 tips untuk meringankan nyeri saat haid.

  1. Menggunakan Botol Air Panas

Suhu yang tinggi atau panas membantu otot uterine dan otot di sekitarnya menjadi lebih rileks. Berkurangnya ketegangan pada otot ini akan meringankan kram perut saat haid. Kita bisa menggunakan botol yang diisi air panas dan meletakkannya di perut. Selain di perut bagian depan, kita bisa meletakkannya di punggung bagian bawah. Dengan cara itu, sakit punggung saat haid juga akan terasa lebih ringan.

Selain menggunakan botol berasa air panas atau kompres air panas, mandi dengan air panas juga bisa membantu meringankan nyeri haid.

  1. Berolahraga Ringan

Sedang kram saat hadi, kok, disuruh olahraga? Tentunya kita akan merasa enggan karena rasa tidak nyaman dan nyeri saat haid. Akan tetapi, berolahraga ternyata menjadi salah satu cara untuk meredakan nyeri haid.

Tentu saja tidak disarankan melakukan olahraga yang berat. Pilihlah olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki atau yoga. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang akan menjadi pengurang rasa sakit alami.

  1. Memijat Lembut

Pijatan lembut di perut akan membantu meringankan otot pinggul. Pijatan juga akan melonggarkan saat terjadi kram. Kita bisa menggunakan minyak pijat, lotion, atau minyak kelapa saat sedang memijat. Dengan bantuan minyak, pijatan menjadi terasa lebih lembut.

  1. Menggunakan Minyak Essensial

Essensial oil bisa membantu meringankan nyeri haid. Kesimpulan ini diperoleh dari sebuah studi ilmiah tahun 2013. Saat itu, dua kelompok siswa wanita diberi perawatan yang berbeda saat mengalami kram. Kelompok pertama hanya menggunakan minyak almond. Sementara kelompok lain menggunakan minyak essensial yang terdiri dari minyak kayu manis, cengkeh, lavender, dan mawar, ditambah minyak almond sebagai dasaran. Hasilnya, siswi yang diberi perawatan dengan minyak essensial merasakan perubahan yang berbeda. Sakit di perut karena kram haid lebih cepat reda dengan menggunakan minyak essensial.

webinar umroh.com
  1. Teh Hangat

Minumlah teh yang hangat dan menenangkan. Kita juga bisa mengkonsumsi teh herbal dengan beragam kandungan yang menenangkan, seperti teh chamomile atau raspberry. Teh herbal tersebut membantu meringankan kram perut saat haid.

  1. Ubah Pola Makan

Makanan juga memberi pengaruh dalam rasa sakit yang dirasakan saat haid. Untuk mengurangi rasa sakit perut saat haid, konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega tiga, buah-buahan, sayuran, kacang, protein, dan gandum utuh.

Perbanyak juga konsumsi cairan untuk menjaga kadar air dalam tubuh. Dehidrasi merupakan penyebab umum bagi kram otot.

Hindari konsumsi garam yang tinggi, karena akan menyebabkan tubuh menjadi bengkak dan cairan tertahan di dalam tubuh. Hindari juga kafein karena menyebabkan dehidrasi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.