1
Kecantikan News

7 Langkah Mudah Membuat Air Mawar. Coba Deh!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Air mawar adalah salah satu ramuan yang digunakan untuk merawat kecantikan. Ramuan ini sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Senyawa didalam air mawar dipercaya mampu menyehatkan kulit dan mencerahkannya.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari air mawar. Karena itu, air mawar bisa digunakan dalam berbagai cara untuk merawat kulit. Air mawar bisa digunakan sebagai toner untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah. Buat kamu yang senang berdandan, air mawar juga bisa digunakan sebagai setting spray dan make up remover. Untuk menggunakan air mawar sebagai make up remover, kita cukup mencampurnya dengan minyak (seperti minyak zaitun atau minyak argan). Buat kamu yang sering bergadang dan bekerja di depan komputer, air mawar juga bisa digunakan untuk merawat matamu, loh. Gunakan air mawar untuk mengompres mata di malam hari untuk menghilangkan mata lelah.

Melihat banyaknya fungsi air mawar bagi kecantikan, tidak ada salahnya jika kita membuat air mawar sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, lho. Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Siapkan Bunga Mawar

Petik beberapa kuntum bunga mawar. Kamu bisa mengambil sekitar 5 atau 10 bunga mawar yang sudah mekar. Jika kamu tidak memiliki tanaman mawar sendiri, kamu bisa pergi ke pasar bunga atau florist untuk membeli beberapa kuntum mawar.

Pisahkan Antara Kelopak dengan Batangnya

Petiklah kelopak-kelopak bunga mawar yang kamu dapatkan. Petik dengan hati-hati agar tidak ada batang yang ikut dipetik. Pastikan kamu hanya mengambil kelopak bunga mawar.

Bersihkan

Cuci kelopak-kelopak bunga mawar yang sudah kamu pisahkan dari batangnya. Proses ini berfungsi untuk menghilangkan pestisida atau zat kimia yang ada pada bunga mawar. Dalam proses mencuci, pisah-pisahkan kelopak-kelopak yang masih bertumpuk, sehingga seluruh permukaan bunga terkena siraman air bersih.

Masukkan ke Dalam Panci

Setelah kelopak bunga mawar dicuci, masukkan kelopak mawar tersebut ke dalam panci. Tambahkan air dengan perbandingan 1 banding 3. Misalnya satu cangkir kelopak bunga mawar bisa kamu tambahkan dengan 3 cangkir air.

Rebus

Tutup panci dan didihkan air yang telah bercampur dengan kelopak bunga. Setelah mendidih, kecilkan apinya, kemudian masak perlahan selama beberapa menit. Masak hingga kelopak bunga yang ada di dalam panci berubah warna. Memasak dengan api kecil bisa meluruhkan zat-zat di dalam bunga mawar dengan baik.

webinar umroh.com

Diamkan

Setelah kelopak bunga mawar berwarna putih, matikan kompor. Buka tutup panci, lalu diamkan hingga air di dalamnya benar-benar dingin.

Saring dan Simpan

Pisahkan air dan kelopak yang telah berubah warna. Gunakan saringan, lalu masukkan air bunga mawar itu ke dalam wadah yang berwarna gelap. Pastikan juga wadah yang digunakan untuk menyimpan sudah bersih dan kering. Simpan air mawar ini di dalam kulkas. Dengan begitu, air mawar akan bertahan hingga satu bulan. Kamu bisa menggunakannya untuk perawatan kecantikan sehari-hari.

 

Ternyata tidak sulit ya membuat air mawar sendiri di rumah. Selamat mencoba

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.