1
Kuliner

7 Makanan Favorit Warga Pakistan untuk Berbuka Puasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pakistan merupakan negara di Asia Selatan dengan mayoritas penduduk muslim. Tentunya di bulan Ramadhan, orang-orang di Pakistan juga merasakan kebahagiaan menyambut bulan mulia ini. Warga Pakistan yang berpuasa juga memiliki hidangan favorit yang digunakan untuk berbuka puasa. Di bawah ini adalah hidangan yang biasa digunakan untuk berbuka puasa di Pakistan.

Bread Roll

Roti gulung yang digoreng hingga kecoklatan ini adalah makanan kecil yang populer di Pakistan dan India. Sekilas mirip risoles, Bread Roll ala Pakistan ini adalah roti yang digulung dan diberi isian kentang tumbuk yang dibumbui dengan garam dan cabai. Bread roll ini kemudian disajikan hangat-hangat dan dinikmati dengan chutney.

Tikka Samosa (Samosa Ayam)

Samosa adalah hidangan Timur Tengah yang populer. Di beberapa negara, samosa ini disebut dengan sambousek atau samboosa. Di Pakistan, Samosa terbuat dari manda patti, atau lembaran adonan yang biasa digunakan untuk membuat samosa. Manda patti ini kemudian diberi isian ayam yang dibumbui dengan saus tikka masala. Setelah lembaran dilipat hingga berbentuk segitiga, kemudian digoreng hingga garing dan berwarna cokelat keemasan.

Kebab Ghilafi

Makanan ini biasa digunakan sebagai makanan pembuka setelah berbuka puasa. Kebab Ghilafi terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan sayur, daun ketumbar, jahe, bawang putih, garam, kacang mete, krim, dan roti. Bahan-bahan tersebut dicampur rata hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk. Setelah dibentuk menyerupai bentuk kebab, misalnya bulat-bulat atau lonjong. Adonan yang sudah dicetak kemudian digoreng dalam minyak panas lalu disajikan hangat-hangat.

Sofyani Biryani

webinar umroh.com

Sofyani Biryani adalah hidangan utama yang disantap setelah berbuka. Hidangan ini terbuat dari nasi (biasanya menggunakan beras basmati) yang dimasak bersama ayam dan bumbu rempah. Sofyani biryani ini biasanya disajikan dalam piring besar dan dinikmati bersama-sama.

Keema Karela

Keema adalah masakan khas Pakistan yang berupa daging cincang berbumbu. Sedangkan Karela adalah buah pari yang terkenal dengan rasanya yang pahit. Agar lebih nikmat, warga Pakistan biasa menikmati pari yang dimasak bersama daging, lalu dimasak dalam saus yang terbuat dari tomat, cabai, amchur (bubuk yang terbuat dari mangga), dan kunyit.

Khajla

Khajla merupakan hidangan Pakistan yang mirip donat. Bedanya, adonan Khajla dibuat dari tepung, ghee (lemak hewani yang biasa digunakan warga Timur Tengah dan Asia Selatan), dan ararot (tepung yang terbuat dari arrowroot, sejenis umbi). Ghee digunakan sebagai isian yang diletakkan di tengah adonan yang terbuat dari tepung dan air. Setelah didiamkan, adonan Khajla yang sudah dicetak ini digoreng dengan ghee yang dipanaskan.

Falooda

Falooda merupakan hidangan penutup tradisional Pakistan yang dibuat dari sirup mawar, bihun, biji selasih, dan susu. Agar lebih meriah, Falooda biasa disajikan dengan es krim dan jelly.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.