1
Tips

7 Tips Memilih Aksesoris untuk Mendekorasi Rumah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mendekorasi rumah bisa menjadi pilihan saat kita ingin menciptakan suasana baru di rumah. Menggunakan barang-barang yang lucu dan cantik adalah salah satu cara mendekorasi rumah tanpa merombak bangunannya.

Akan tetapi, jangan sampai saat menentukan barang untuk dijadikan hiasan di rumah  kita salah dalam memilihnya. Salah dalam memilih hiasan untuk mendekorasi rumah tentunya akan membuat kita merasa rugi. Uang  sudah terlanjur terpakai, namun barang yang dibeli tidak sesuai saat di pajang di dalam rumah. Di bawah ini, adalah tips sebelum memutuskan untuk membeli barang atau hiasan untuk mendekorasi rumah.

  1. Kenali Ukuran Ruangan

Sebelum memutuskan untuk membeli hiasan rumah, sebaiknya kenali dulu ruangan yang ingin didekorasi. Perkirakan seberapa luasnya. Mulai dari panjang hingga lebarnya. Akan lebih baik jika kamu memiliki ukuran pasti ruangan yang ingin dihias.

Ketika memilih aksesoris untuk hiasan di rumah, perhatikan barang yang ingin kamu beli. Perkirakan apakah tinggi barang tersebut sesuai dengan tinggi ruangan di rumah. Pastikan ukuran aksesoris tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Jika kamu memiliki catatan tinggi dan lebar ruangan, maka akan lebih memudahkan dalam memilih aksesoris untuk mendekorasi rumah.

  1. Perkirakan Jenis Aksesoris yang Diinginkan

Sebelum menuju ke toko aksesoris,  biasanya kita sudah memiliki bayangan, aksesoris apa yang ingin dibeli. Pada selembar kertas. catatlah kriteria aksesoris yang ingin kamu miliki. Misalnya jika kamu ingin memiliki rak buku, perkirakan ukuran yang sesuai untuk ditaruh di rumahmu. Perkirakan warna yang cocok dengan ruangan, dan kriteria-kriteria lainnya.

Selalu bawa catatan tersebut saat ingin membeli aksesoris untuk menghias rumah. Catatan tersebut berguna agar kita tidak membeli sesuatu yang tidak sesuai saat di diletakkan dalam ruangan. Catatan tersebut juga memudahkan kita dalam memilih, agar tidak terlalu bingung dan stres saat memilih di toko aksesoris.

  1. Persiapkan Anggaran

Aksesoris merupakan barang kebutuhan tambahan. Karena itu, jangan sampai pengeluaran yang digunakan untuk membeli aksesoris membuat kita bangkrut. Pilihlah toko aksesoris yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Bila perlu, tetapkan anggaran yang akan kita keluarkan untuk mendekorasi rumah. Dengan begitu, kita tidak akan kalap saat berbelanja aksesoris untuk menghias rumah.

  1. Pilih Hiasan yang Memiliki Cerita di Baliknya

Belilah aksesoris rumah yang mengingatkan pada momen-momen yang membahagiakan. Misalnya memilih aksesoris saat berwisata ke tempat tertentu, atau membeli hiasan rumah yang sesuai dengan karakter pribadi. Misalnya ketika kamu menyukai kota Paris, maka Pilihlah barang-barang yang membuatmu seperti berada di kota Paris. Dengan begitu, aksesoris tidak hanya akan membuat rumahmu tambah cantik, namun juga membuat perasaan menjadi lebih positif.

webinar umroh.com
  1. Periksa Dulu Barang-barang yang Ada di Rumahmu

Sebelum melangkahkan kaki ke toko aksesoris, terlebih dahulu periksalah barang-barang yang ada di rumahmu. Siapa tahu, ada barang-barang yang bisa dimanfaatkan dan bisa memenuhi kebutuhan untuk mendekorasi rumah. Langkah ini untuk mencegah rasa menyesal setelah membeli barang baru dari toko aksesoris.

  1. Ciptakan Kombinasi yang Dinamis

Saat memilih aksesoris untuk dipajang, pilihlah barang-barang yang bisa menciptakan visual yang dinamis dan tidak membosankan. Kita bisa bereksperimen dengan beragam hiasan dengan tinggi berbeda. Caranya adalah dengan menggabungkan hiasan yang tinggi dengan hiasan berukuran medium, atau hiasan ukuran medium dengan yang kecil. Pastikan padu padanya sesuai namun tidak monoton.

  1. Pilihlah Benda yang Benar-Benar Kamu Sukai

Setelah mempertimbangkan beragam tips di atas, ingatlah untuk memilih barang-barang yang benar-benar kamu suka. Hindari memilih barang yang membuatmu kurang sreg saat melihatnya hiasan. Aksesoris untuk dekorasi rumah adalah barang yang tetap utuh dalam waktu yang lama. Karena itu, pastikan kamu benar-benar senang saat melihatnya agar suasana rumah jadi lebih menyenangkan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.