1
Travel

8 Hal Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan di Iran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Iran adalah negara yang indah dengan beragam bangunan-bangunan bersejarah yang cantik. Mengunjungi Iran, kita akan disuguhi dengan keramahan para penduduknya. Sebelum berkunjung ke Iran, lebih baik perhatikan untuk tidak melakukan hal-hal di bawah ini.

Jangan Memberikan Tanda Jempol

Bagi warga di banyak negara,  menunjukkan ibu jari atau jempol adalah bahasa tubuh yang positif. Akan tetapi, tidak demikian dengan bagi warga Iran. Bagi warga Iran dan Timur Tengah lainnya, menunjukkan ibu jari berarti menyampaikan pesan yang tidak sopan. Gestur ibu jari berarti makian dalam budaya Iran.

Hindari Menyebut Kata “Teluk Arab”

Masalah ini merupakan hal yang sangat sensitif bagi warga Iran. Daerah yang disebut Teluk Arab sekarang dulunya disebut dengan nama Teluk Persia. Seorang ahli geografi Strabo dan Ptolemy yang mencetuskan nama tersebut. Akan tetapi, sejak tahun 1960-an, negara-negara Arab menyebut lokasi tersebut dengan sebutan Teluk Arab sampai saat ini. Permasalahan ini masih menjadi hal yang menyakitkan bagi warga Iran. Bagi mereka daerah tersebut tetap bernama Teluk Persia, sesuai dengan nama Iran di masa lalu.

Hindari Meniup Hidung di Hadapan Orang Lain

Meniup hidung ketika ingin mengeluarkan ingus, atau benda-benda yang mengganggu di hidung, merupakan tindakan yang kurang sopan di Iran. Apalagi jika dilakukan di hadapan orang lain. Jika kamu sangat ingin membersihkan hidung, cobalah untuk pamit dan menuju ke kamar mandi.

Hindari Berbicara Soal Politik

webinar umroh.com

Saat berada di Iran, jangan bicara tentang politik atau tokoh politik, apalagi mengkritik tentang sosok atau kebijakan mereka. Orang-orang Ireng biasanya sangat vokal tentang pendapat mereka. Walaupun mereka sangat vokal, sebenarnya warga Iran adalah orang-orang yang sangat nasionalis. Ketika kita mendengar orang Iran berbicara mengenai pandangan politiknya, cukup dengarkan saja apa yang mereka sampaikan, tanpa berusaha mengkritik atau menyanggah.

Jangan Menunjukkan Kemesraan di Muka Publik

Jika kebetulan kamu mengunjungi Iran bersama pasangan, sebaiknya tidak menunjukkan kemesraan di muka publik. Gestur seperti berciuman, berpelukan, atau merangkul di depan publik adalah tindakan yang kurang bisa diterima. Bergandengan tangan masih diperbolehkan. Akan tetapi, sangat jarang orang-orang di Iran terlihat berjalan sambil bergandengan tangan.

Alkohol Dilarang di Iran

Minuman beralkohol adalah minuman yang dilarang di Iran. Di beberapa lokasi, kita bisa menemukan alkohol dijual secara sembunyi-sembunyi. Akan tetapi, jangan pernah mencoba untuk membawa minuman beralkohol ke negara ini, dan hindari minum minuman beralkohol di muka publik.

Jangan Membuang Tisu di Dalam Toilet

Membuang tisu di dalam toilet adalah hal yang dilarang di sana. Kertas tisu di Iran lumayan tebal dan akan membuat saluran air di dalam kloset menjadi terhambat. Kalau kamu tidak ingin terjebak dalam toilet yang mampet, buanglah toilet di keranjang yang telah disediakan.

Jangan Memakai Sepatu di Dalam Ruangan

Saat mengunjungi rumah warga lokal di Iran, pastikan untuk melepas sepatumu di pintu masuk. Mengenakan sepatu di dalam rumah adalah hal yang tidak diperkenankan, sama seperti mayoritas warga Indonesia. Warga Iran biasanya akan menawarkan sandal dalam rumah kepada tamu untuk dipakai dalam rumah.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.