1
Travel

8 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Yordania

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Yordania adalah salah satu negara Timur Tengah yang memiliki banyak obyek wisata. Kota Tua Petra, dan Gurun Wadi Rum adalah salah satu spot wisata yang terkenal di negara tersebut. Jika kamu merencanakan perjalanan ke Yordania, sebaiknya perhatikan 8 hal di bawah ini, agar kamu bisa mempunyai gambaran mengenai negara yang akan kamu kunjungi itu.

Budaya Muslim yang Kuat

Yordania memiliki kebudayaan Islam yang kuat. Saat berkunjung ke negara ini, tentunya kita harus berpakaian sesuai norma kesopanan setempat. Pada dasarnya, kita dilarang menunjukkan aurat di ruang publik. Karena itu, bagi turis wanita yang sebelumnya tidak berhijab, sebaiknya menyiapkan kerudung untuk dipakai selama berkeliling di Yordania.

Banyak Makanan Berbahan Daging

Hampir semua makanan di Yordania mengandung daging. Jadi, jika kamu tidak menyukai daging, sebaiknya mempersiapkan diri sebelumnya dengan mencari hidangan berbahan non daging.

Banyak Perokok

Di Yordania banyak juga orang yang suka merokok. Merokok hampir menjadi kebiasaan warganya, terutama yang laki-laki. Kita bisa melihat para pria merokok di taksi, transportasi umum, jalanan bahkan mall. Ada juga kedai atau cafe yang menyediakan Argeeleh (semacam Sisha) dengan berbagai rasa.

Makna “Lima Menit” bagi Warga Yordania

Karakter warga Yordania cenderung spontan dan easy-going. Mereka bisa dengan spontan mengajakmu untuk bertemu di suatu tempat pada jam tertentu. Saat kamu membuat janji dengan warga lokal, mungkin kamu akan sampai di tempat lebih dulu. Mereka akan memintamu menunggu “lima menit lagi”. Akan tetapi, makna lima menit bagi warga Yordania tidak berarti 300 detik. Mungkin kita akan menunggu mereka selama 20 menit.

Warga Lokal yang Ramah

Warga Yordania dikenal ramah dan royal. Kepada orang asing, mereka tidak segan mengundang ke rumah untuk sekedar berbincang dan mencicipi masakannya. Saat mereka memberimu hidangan, terima hidangan tersebut dengan senyum untuk menghargai kebaikan hati mereka.

Minta Ijinlah Saat Ingin Mengambil Gambar

Yordania adalah salah satu negara di Timur Tengah dengan kota yang fotogenik. Di setiap sudut kota, kita mungkin akan tergoda untuk mengabadikan gambar bersama dengan penduduk lokal. Warga di sana juga sangat ramah terhadap turis asing yang mengambil foto. Walaupun mereka tampak ramah, selalu minta ijin saat ingin mengambil gambar, terutama gambar wanita.

Berhati-hati Saat Naik Taksi

Di jalanan Yordania, kita akan melihat taksi berwarna kuning berseliweran di jalanan. Taksi ini memakai sistem argo, jadi kita membayar sesuai jarak yang ditempuh untuk mengantar kita. Akan tetapi, ada saja supir taksi nakal yang sengaja tidak menyalakan argo saat membawa turis asing. Mereka akan meminta bayaran dua kali lipat saat tiba di tempat tujuan. Untuk menghindari hal ini, selalu minta supir taksi untuk menyalakan argo. Sampaikan dengan sopan bahwa kamu ingin melihat argo berjalan.

webinar umroh.com

Hindari Jam Sibuk

Penting bagi kamu untuk merencanakan jadwal perjalanan dengan baik. Hindari jam sibuk karena kamu akan kesulitan bepergian. Jam sibuk ada di jam 14.00 hingga 17.00. Di waktu tersebut, kita akan kesulitan menemukan taksi karena banyak dipakai, sekaligus banyak supir taksi menolak mengantar untuk menghindari kemacetan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.