1
Parenting

8 Kunci Utama dalam Mendidik Anak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Parenting, atau kemampuan mendidik anak, memang bukan hal yang serta merta dikuasai dengan baik. Butuh latihan, kerja keras, dan kerja sama dengan pasangan agar orangtua bisa mendidik anak menjadi orang baik. Berbagai macam metode Parenting boleh dilakukan oleh orang tua, namun orangtua tetap harus memperhatikan kunci-kunci utama dalam mendidik anak, seperti 8 hal di bawah ini.

Jadilah Pendengar yang Baik

Memahami anak adalah kunci menjadi orang tua yang baik. Anak yang merasa dipahami akan merasa dihargai, sehingga ia akan tumbuh menjadi orang yang pandai menghargai orang lain.

Agar orang tua bisa memahami anak, cara yang paling tepat adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Terkadang orang tua terlalu sibuk memberi perintah, sehingga lupa berusaha memahami anak. Mendengarkan anak bukanlah hal yang sulit. Cukup berikan perhatian penuh ketika anak sedang berbicara.

Tunjukkan Kasih Sayang Tanpa Syarat

Cintai anak apa adanya. Walaupun kita ingin anak menjadi pribadi yang baik dengan beragam prestasi, jangan sampai keinginan itu menjadi alat tukar bagi mereka untuk mendapatkan kasih sayang kita. Bersikaplah lembut dan penuh kasih sayang pada anak, agar mereka merasa aman dan bahagia berada di antara keluarga.

Habiskan Waktu yang Berkualitas dengan Anak

Pastikan setiap waktu yang dihabiskan dengan anak adalah waktu yang berkualitas. Waktu berkualitas ditandai dengan perhatian yang tidak terbagi, dan aktivitas yang interaktif dengan anak. Misalnya dengan mendengarkan ceritanya, bermain bersama anak, jalan-jalan ke tempat seru, dan sebagainya. Waktu yang berkualitas ini akan membantu meningkatkan hubungan emosional dengan anak, sehingga anak merasa lebih dekat dengan orang tua dan tumbuh dengan baik.

webinar umroh.com

Tegas, namun Penuh Kasih Sayang

Ketegasan orang tua diperlukan untuk melatih kedisiplinan anak. Akan tetapi, jangan sampai sikap tegas membuat orang tua menjadi kaku dan tidak bisa didekati. Pastikan ketika mendisiplinkan anak, orang tua juga menunjukkan kasih sayang kepada mereka. Tunjukan alasan mengapa kita harus bersikap tegas saat mereka melanggar peraturan.

Berikan Teladan

Beragam nasehat diberikan oleh orang tua agar anak memiliki pribadi yang baik. Akan tetapi, nasihat akan menjadi angin lalu jika orang tua tidak menunjukkan sikap yang sesuai kepada anak. Mengajari anak akan lebih efektif dilakukan lewat teladan dari orang tua.

Pastikan orang tua menunjukkan teladan yang baik jika ingin anak memiliki karakter yang baik. Misalnya ketika orangtua ingin anak tumbuh menjadi anak yang sholeh, maka orang tua juga harus memiliki kegemaran beribadah. Agar anak menumbuhkan kecintaan terhadap ibadah.

Utamakan Mengapresiasi

Apresiasi sangat penting untuk membangun suasana positif di dalam rumah. Orang tua hendaknya menghindari tindakan negatif saat anak melanggar peraturan. Bersikap tegas perlu, namun utamakan untuk menunjukkan apresiasi ketika mereka bersikap baik. Ketika anak merasa diapresiasi saat bersikap baik, maka ia akan terpacu untuk berbuat lebih banyak kebaikan.

Bersabar

Salah satu kunci penting untuk mendidik anak adalah dengan bersabar. Anak tentunya memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda, sehingga tidak bisa serta-merta mengikuti ekspektasi kita. Butuh konsistensi dan kesabaran yang tinggi agar anak tumbuh menjadi orang-orang yang baik dan bermanfaat.

Teruslah Belajar

Tidak ada orangtua yang sempurna. Karena itu, terus menerus mencari informasi tentang cara mendidik anak adalah hal yang sangat disarankan. Dengan begitu, kita bisa mengikuti perkembangan zaman yang berkaitan dengan ilmu parenting. Selain itu, utamakan selalu belajar tentang perkembangan karakter anak. Cari tahu apa yang terbaik bagi anak agar ia tumbuh menjadi orang yang baik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.