1
Kesehatan Tips

8 Tips Puasa Sehat untuk Penderita Maag

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada dua macam penyakit maag. Maag yang pertama adalah yang terjadi karena adanya luka di lambung. Jika ingin berpuasa, penderita harus berkonsultasi terlebih dahulu terhadap dokter.

Maag yang kedua terjadi karena peningkatan asam lambung. Bagi penderita penyakit maag tersebut, biasanya bisa beradaptasi setelah beberapa hari berpuasa. Dengan kondisi tersebut, penderita maag biasanya tidak akan menemui masalah. Bahkan maag yang dirasakan bisa membaik.

Jika kamu termasuk penderita maag dan ingin berpuasa, sebaiknya perhatikan 8 tips puasa untuk penderita maag di bawah ini.

  1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks akan lebih lambat dicerna oleh tubuh. Saat sahur, usahakan menyantam menu yang menggunakan karbohidrat kompleks. Asam lambung akan mencapai puncaknya di siang hari. Konsumsi karbohidrat kompleks berguna mencegah perut kosong lebih cepat, sehingga asam lambung tidak segera memenuhi lambung. Karbohidrat kompleks juga mencegah agar tidak mudah lemas dan lapar di siang hari.

  1. Perbanyak Konsumsi Kurma

Untuk menunjang tubuhmu, kamu bisa memperbanyak konsumsi kurma. Kurma merupakan sumber karbohidrat, serat, kalium, serta magnesium. Dengan konsumsi kurma saat sahur, kamu akan memiliki energi ekstra sehingga tidak mudah lemas walaupun memiliki sakit maag.

  1. Makan dalam Porsi Sedikit, Namun Sering

Saat berbuka, tidak disarankan langsung memenuhi perut dengan makanan. Usahakan untuk makan dalam porsi kecil, namun sering. Kamu bisa mengaturnya dengan makan porsi kecil saat berbuka, sebelum tarawih, setelah tarawih, dan sebelum tidur.

  1. Mengakhirkan Sahur

Usahakan sahur mendekati waktu Subuh. Ini untuk menjaga agar perut terisi lebih lama, sehingga asam lambung tidak mudah naik dan membuat maag kambuh saat berpuasa.

  1. Minum Obat dari Dokter

Jika ada resep dari dokter, jangan lupa untuk mengkonsumsinya sesuai anjuran dan resep.

webinar umroh.com
  1. Hindari Makanan yang Meningkatkan Asam Lambung

Saat berbuka dan sahur, hindari masakan yang bisa meningkatkan asam lambung, seperti makanan yang berlemak atau yang digoreng. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang dikukus, direbus, atau dipanggang. Hindari juga buah yang terlalu asam, seperti jeruk, tomat, lemon, dan sebagainya.

  1. Kurangi Makanan Pedas

Makanan pedas memang nikmat, dan terkadang disajikan sebagai menu berbuka. Bagi kamu yang berpuasa dengan penyakit maag, sebaiknya hindari makan-makanan pedas. Perut yang kosong seharian, ditambah dengan konsumsi makanan pedas akan semakin merusak dinding lambungmu.

  1. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Hindari langsung tidur setelah makan. Misalnya tidak tidur setelah makan lagi di malam hari, dan tidak tidur setelah sahur. Tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko naiknya asam lambung yang akan memperparah penyakit maag.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.