1
Kuliner

9 Makanan Populer Saat Ramadhan di Mesir

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ramadhan adalah bulan puasa bagi umat muslim sedunia. Kedatangan bulan Ramadhan disambut meriah dengan beragam tradisi, termasuk tradisi kuliner. Di Mesir, yang mayoritas warganya adalah umat muslim, Ramadhan juga diwarnai dengan beragam kuliner.

Di bawah ini adalah makanan-makanan yang sangat populer ketika Ramadhan tiba di Mesir.

Kunafa

Makanan manis menjadi sangat digemari ketika bulan Ramadhan tiba di Mesir. Karena itulah beragam hidangan penutup mulai banyak dijajakan dan dinikmati oleh warga di Mesir. Salah satunya adalah Kunafa. Kunafa adalah sebuah hidangan penutup yang terbuat dari adonan pastry mirip bihun, kemudian diisi dengan isian kacang, lalu dipanggang. Tekstur serabut yang garing ini akan lebih nikmat jika dinikmati dengan siraman gula.

Baklava

Baklava juga mendadak diburu ketika bulan Ramadhan tiba di Mesir. Hidangan manis yang terbuat dari adonan phyllo pastry ini berupa lembaran-lembaran pastry yang diberi isi kacang, krim, atau keju, kemudian dinikmati dengan siraman gula.

Basboosa

Cake yang terbuat dari semolina ini biasa dihidangkan dengan toping kacang almond dan siraman gula. Banyak warga Mesir yang sangat menyukainya dan disajikan saat berbuka karena rasanya yang lembut dan manis.

Qatayef

Qatyef merupakan pancake yang dilipat dan diberi isian kacang. Ada juga yang menikmatinya dengan isian krim. Qatayef yang empuk, lembut, dan manis ini banyak dinikmati saat berbuka.

Sup Kacang-Kacangan

Masyarakat Mesir sangt suka mengkonsumsi sup yang terbuat dari kacang yang dihaluskan. Sup kacang ini mendadak populer di bulan Ramadhan di Mesir. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan siraman minyak zaitun dan toping tomat dan bawang. Sup ini juga banyak disajikan saat berbuka puasa, karena teksturnya lembut dan rasanya yang ringan.

Buah-Buah Kering

Banyak warga Mesir yang mendadak memburu buah-buahan kering di bulan Ramadhan. Mereka membeli buah kering seperti kurma, kismis, aprikot, dan sebagainya. Biasanya, buah kering ini digunakan sebagai hidangan untuk berbuka.

webinar umroh.com

Karkade

Karkade merupakan minuman yang terbuat dari hibiskus atau bunga rosella. Minuman ini juga banyak dinikmati ketika bulan Ramadan tiba di Mesir. Mereka menikmatinya dalam keadaan dingin saat berbuka, karena mampu memberikan suntikan energi setelah seharian berpuasa.

Kamar El Din

Minuman segar ini menjadi favorit warga Mesir ketika buka puasa. Kamar El Din yang berwarna orange ini sekilas mirip jus jeruk. Namun ternyata terbuat dari pasta buah aprikot. Biasanya, Kamar El Din dihidangkan dingin agar lebih segar.

Tamr Hini

Tamr Hini adalah minuman yang terbuat dari tamarind atau lebih dikenal dengan asam jawa di Indonesia. Biasanya, Tamar Hini disajikan di kedai-kedai saat Ramadhan. Rasanya yang asam dan kaya vitamin C mampu mengembalikan kesegaran setelah seharian berpuasa.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.