1
Kesehatan

Tanda-Tanda dan Gejala Dari Hipertensi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Hipertensi atau yang disebut juga sebagai tekanan darah tinggi merupakan sebuah penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa terutama orang lanjut usia. hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya sehingga perlu diwaspadai lebih dini. Selain itu perlu diketahui juga bahwa orang yang terkena hipertensi di Indonesia mencapai 31,7% yang artinya dari 3 orang biasa, 1 orang mengalami hipertensi, dan 76,1% dari penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami sakit hipertensi sehingga pengobatan agak terlambat dilakukan.

Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena jika penyakit ini dibiarkan dapat menjadi berbahaya dan menyebabkan komplikasi yang dapat mengancam jiwa. Banyak orang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi tanpa menyadarinya karena penyakit ini tidak memiliki tanda dan gejala hipertensi yang jelas.

Dalam beberapa kasus, seseorang yang memiliki hipertensi dia bisa saja mengalami tanda dan gejala hipertensi seperti berikut:

  • Sakit Kepala

Tanda dan gejala hipertensi yang pertama yaitu sakit kepala yang berkepanjangan. Apabila Anda merasakan sakit kepala dengan tempo yang sering dan terus-menerus, bisa saja ini merupakan tanda dan gejala hipertensi. Karena sakit kepala ini biasanya tidak dirasakan pada hipertensi yang ringan. Anda dapat terserang sakit kepala jika tekanan darah berada diatas 180/110 mmHg.

  • Mati Rasa

Tanda dan gejala hipertensiyang kedua yaitu mati rasa atau kesemutan yang diakibatkan meningkatnya tekanan darah akibathipertensi. Jika hipertensi tak bisa terkontrol maka akan berakibat pada rusaknya saraf sehingga gejala seperti ini muncul.

  • Merasa Pusing

Tanda dan gejala hipertensi yang ketiga yaitu pusing. Vertigo dan perasaan ringan pada kepala yang disertai perasaan pusing juga kemungkinan merupakan gejala hipertensi. Jika muncul secara tiba-tiba tanda-tanda seperti ini jangan pernah diabaikan karena jika perasaan pusing dan juga vertigoditambah lagi dengan sulitnya berjalan dan pingsan bisa merupakan tahap awal gejala stroke.

  • Mimisan

Mimisan juga menjadi salahsatu tanda dan gejala hipertensi. Jika ternyata Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi kemudian muncul mimisan yang sulit dihentikan segera periksakan diri ke dokter dan melakukan konsultasi.

  • Mual dan Muntah, Pandangan Kabur.

Tanda dan gejala hipertensiyang selanjutnya yaitu mual dan muntah. Meskipun gejala mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada kebanyakan penyakit namun pada penyakit hipertensi gejala mual dan muntah ini agak sedikit berbeda karena pada hipertensi atau tekanan darah tinggi mual dan muntah ini disertai dengan pandangan menjadi kabur dan juga napas dengan tempo yang pendek-pendek.

webinar umroh.com
  • Titik Darah pada Bagian Mata

Ketika Anda melihat terdapat titik darah pada bagian bola mata, Anda perlu waspada karena bisa saja titik darah tersebut merupakan tanda dan gejala hipertensi. Hal tersebut terjadi akibat pembekuan darah yang terjadi dikarenakan hipertensi. Sebelum Anda menghilangkan titik darah tersebut cobalah minta kepada dokter untuk diperiksa tekanan darah Anda.

Hipertensi merupakan salahsatu penyakit berbahaya namunpenyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan rendah garam, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mengurangi makanan olahan dan cerdas memilih makanan yang tepat, selain itu menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur juga menjadi salahsatu hal yang penting untuk dilakukan. Selain itu untuk mencegah terjadinya hipertensi, lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin agar tekanan darah Anda lebih mudah terkontrol.