1
Kesehatan

9 Cara Agar Badan Segar di Pagi Hari Tanpa Kafein

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bangun di pagi hari tidak mudah bagi sebagian orang. Mereka merasa masih ngantuk dan lemas saat bangun di pagi hari. Padahal, kita harus menghadapi aktivitas sepanjang hari. Untuk membantu badan jadi lebih segar, salah satu cara yang dipakai adalah dengan mengkonsumsi kafein. Secangkir kopi (atau lebih) di pagi hari memang bisa meningkatkan detak jantung, sehingga kita merasa lebih segar.

Akan tetapi, bagaimana jika kita harus menghindari kafein? Misalnya, ada kondisi tubuh yang mengharuskan kita mengurangi asupannya. Sebenarnya ada cara alami yang bisa membuat kita segar di pagi hari. Di bawah ini adalah cara agar kita segar di pagi hari tanpa kafein.

  1. Stimulasi Otakmu

Agar badan segar di pagi hari, stimulasi otak agar ‘bangun’. Caranya adalah dengan melakukan kegiatan yang mendorong kita berpikir. Misalnya dengan bermain sudoku, menulis jurnal, atau membaca berita. Ketika otak kita mulai aktif, kita akan merasa lebih segar, tanpa perlu asupan kafein.

  1. Minum Jus Buah

Jus buah yang kamu konsumsi pagi hari bisa membuatmu lebih segar. Walau tanpa kafein, minuman ini penuh vitamin, sehingga membuat tubuh kita lebih segar. Usahakan konsumsi jus buah segar, bukan jus kemasan. Bahan alami dalam jus segar akan lebih aktif sehingga membuat kita lebih segar.

  1. Menggosok Kulit

Menggosok-gosok kulit di pagi hari bisa membuat kita lebih segar tanpa kafein. Saat mandi, gunakan sikat tubuh yang lembut, biasanya memiliki gagang yang panjang, untuk menggosok sekujur tubuhmu. Gosokkan di pagi hari ini sekaligus bisa memperlancar aliran darah sehingga kita lebih segar.

  1. Mandi Air Dingin

Guyuran air dingin bisa membuatmu seketika lebih waspada dan siaga. Ketika tubuh bersiap menerima air dengan suhu dingin, biasanya kita akan mengambil nafas dalam-dalam untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Kondisi ini otomatis memperbanyak asupan oksigen dalam tubuh, sehingga membuat detak jantung meningkat, dan aliran darah lebih lancar.

  1. Mandi Sinar Matahari

Sinar matahari pagi bisa membuat tubuh lebih segar tanpa kafein. Ketika tubuh bermandi sinar matahari, jam alami dalam tubuh akan aktif. Dengan begitu, kita tidak lagi merasa mengantuk dan siap beraktivitas.

  1. Olahraga

Aktivitas fisik di pagi hari bisa membuat tubuhmu seketika ‘bangun’. Dengan berolahraga, tubuh jadi lebih segar tanpa kafein. Lakukan gerakan sederhana, seperti lompat-lompat sebanyak hitungan tertentu. Kamu juga bisa melakukan olahraga favoritmu, misalnya jogging atau senam.

webinar umroh.com
  1. Membersihkan Ruangan

Membersihkan ruangan bukan hanya mengaktifkan tubuh, namun juga memberi efek segar pada pikiran. Membereskan ruangan agar lebih rapi juga membuat kita merasa puas, sekaligus memberi efek pikiran yang lebih teratur. Melihat ruangan yang rapi, kita akan merasa telah berhasil melakukan sesuatu yang baik, sehingga lebih bersemangat menjalani aktivitas selanjutnya.

  1. Bertahanlah

Pada awalnya, tubuh masih beradaptasi sehingga masih merasa ngantuk di pagi hari tanpa kafein. Namun kita bisa memaksa tubuh kita untuk bangun. Bertahanlah, dan menjauhlah dari tempat tidur. Tempat tidur bisa membuat kita merasa ngantuk.

  1. Tidur yang Cukup

Ketika kita mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuh akan merasa lebih segar. Walaupun tanpa kafein, kita tetap merasa aktif dan segar karena tubuh telah mendapat waktu re-charge yang cukup. Usahakan mengatur waktu tidur agar kita bangun dengan badan yang segar.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.