1
Muslim Lifestyle News Sejarah Islam

Melihat Kembali Keagungan Peradaban Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Berbicara soal peradaban, Islam pun tidak kalah dalam hal membawa sebuah peradaban yang terjadi dan pernah ada di dunia ini. Dan satu hal yang sangat penting untuk diketahui, bahwa karakteristik peradaban Islam begitu mulia dan istimewa. Bahkan saking istimewanya, peradaban Islam yang pernah ada tak bisa ditandingi sama sekali dengan seluruh peradaban lain di dunia yang pernah ada.

Beberapa keistimewaan dari karakteristik peradaban Islam yang terjadi di dunia memang cukup terlihat dari beberapa ciri yang nampak. Contohnya saja pada saat kondisi dunia sudah mulai banyak kerusakan yang terjadi yang disebabkan karena rusaknya pemikiran dari banyak manusia, justru peradaban Islam lah yang datang dan membawakan solusi.

Masih ingat dengan zaman jahiliyah yang terjadi di Arab bukan? Bisa dibayangkan betapa rusaknya kondisi peradaban manusia pada saat itu. Sudah tidak terhitung lagi mungkin banyaknya kerusakan-kerusakan yang dibuat oleh manusia kala itu. Kita mungkin sudah tidak kuat meski hanya membayangkan saja, apalagi jika sampai mengalami. Disanalah makin nampak hebatnya peradaban Islam. Dimana kala itu Islam datang dan dibawa oleh Nabi Muhammad. Darisana, sudah jelas terlihat bahwa peradaban Islam telah banyak menghapuskan kerusakan-kerusakan yang ada, yang telah ditimbulkan pada zaman jahiliyah.

Kita pasti sering mendengar pada zaman jahiliyah wanita seakan tidak memiliki nilai dan harga sama sekali. Wanita tak lebih difungsikan sebagai pemuas nafsu laki-laki. Bahkan tak jarang bayi perempuan kala itu dibunuh hidup karena orang tuanya tak senang memiliki anak perempuan yang dianggapnya hina. Dan apa yang terjadi setelah islam datang? Justru Islam begitu memuliakan sekali seorang wanita. Itu baru contoh kecil saja ya. Masih banyak contoh lain yang menjadi bukti betapa istimewa serta mulianya peradaban Islam.

Bahkan kemuliaan serta keistimewaan dari peradaban Islam tak hanya berhenti sampai zaman Nabi Muhammad saja. Bahkan di zaman Khulafaur Rasyidin hingga dinasti-dinasti kesultanan setelahnya, masih cukup banyak bukti yang dapat menunjukkan betapa luar biasanya peradaban Islam.

Islam datang dengan mengusung kebaikan sejak awal. Karena agama Islam sendiri adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT, dan tentuk saja Allah itu maha baik dan menyukai kebaikan. Selain itu, Islam juga disampaikan oleh perantara terbaik Allah berupa seorang malaikat. Dan juga diemban oleh manusia terbaik yang pernah ada, telah menunjukkan keteladanan yang sempurna dalam setiap aktivitasnya, dan menjadi contoh yang sempurna untuk umatnya. Sosok itu tak lain adalah Rasulullah Muhammad SAW. Darisanalah makin membuat kita bisa menyadari jika Islam memang datang sebagai rahmatan lil alamin.

Pada saat zaman Rasulullah, telah berhasil diterapkan sebuah institusi penerap Alquran yang pertama. Kemudian diteruskan oleh para khulafaur rasyidin dengan manhajnya, dan kemudian sampai diemban oleh khalifah-khalifah setelahnya sampai keruntuhan Turki Utsmani di tahun 1924. Namun dengan izin Allah, insyaaAllah Islam akan kembali berjaya dan peradabannya pun dapat kembali menguasai dunia.

Berbicara soal bukti istimewa dan mulianya peradaban Islam, salah satunya bisa kita lihat dari terciptanya ribuan lebih judul buku yang bermula dari pemikiran cedas para ulama. Ini makin menggambarkan betapa Islam benar-benar pernah berjaya dalam kurun waktu belasan abad lamanya. Dalam kurun waktu tersebut, sudah tak terhitung pula jumlah karya dari para cendekiawan sebagai saintis Islam. Hal tersebut juga menjadi bukti sungguh Islam telah mendorong kemajuan, terlebih lagi kemajuan berpikir.

webinar umroh.com

Bukti lainnya juga dapat terlihat dari bermacam-macam karya arsitektur yang telah menggambarkan betapa kemuliaan Islam begitu sempurna dalam memperhatikan urusan rakyatnya. Sampai-sampai tulisan yang diungkapkan dalam berbagai buku sejarah juga tak akan cukup mengilustrasikan keistimewaan peradaban Islam serta keagungan hokum Islam. Sungguh tidak ada yang dapat menyamai hal ini.

Kejayaan peradaban Islam yang dibentuk dari keagungan hukum Islam bukanlah sebatas dongeng atau cerita rakyat semata. Hal ini betul-betul ada dan nyata, dan merupakan bukti historis yang telah berhasil ditunjukkan pada dunia dari berbagai bukti yang ada. Semoga keistimewaan serta kemuliaan peradaban Islam dapat kembali kita rasakan dan keagungan hukum Islam dapat kembali ditegakkan dengan kembali berjayanya Islam di muka bumi ini atas izin Allah. Aamin.