1
Kesehatan Parenting

Ingin Bayi Pintar? Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Satu tahun pertama si Kecil merupakan waktu yang sangat berharga untuk belajar apapun. Kebiasaan sederhana seperti kontak mata atau menghitung segala sesuatu ternyata dapat membuat si Kecil pintar loh. Terdapat 6 kebiasaan yang dapat Bunda ajarkan pada si Kecil yang dapat menjadikannya luar biasa. Kebiasaan sebagai bagian dari perilaku yang sudah menjadi rutinitas. Hal tersebut sebagai respon dari stimulus yang diberikan. Stimulasi tumbuh kembang bagi si Kecil sangat bermanfaat bagi dirinya.

 

Bunda sudah menerapkan yang mana  ini?

 

1.Kontak Mata

Selalu tatap mata si Kecil. Saat dia meluhat kita maka memorinya menjadi meningkat. Terdapat interaksi antara kita dengannya. Kontak mata memiliki banyak manfaat yaitu meningkatkan kemampuan komunikasi, dan meningkatkan hubungan emosional. Menurut penelitian yang dilakukan University of Cambridge, ketika Bunda melakukan kontak mata dengan bayi, maka Bunda menyinkronkan gelombang otak Bunda dan bayi. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi. Penelitian menunjukkan bahwa bayi berusaha lebih keras untuk berkomunikasi dengan ibunya ketika gelombang otak mereka sudah sejajar.

 

webinar umroh.com

2.Main cilukba

Ciluk ba menjadi salah satu permainan yang paling sering dilakukan orang tua kepada anaknya. Ya, permainan satu ini ternyata tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga di negara lain. Senang sekali ya rasanya melihat senyum dan tawa si Kecil tiap kali kita membuka kedua tangan yang sebelumnya menutupi wajah. Menariknya, permainan ciluk ba bukan hanya bisa dijadikan cara seru untuk bercanda dengan si Kecil, tapi juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Permainan cilukba tidak hanya menyenangkan untuk bayi tetapi juga dapat mengajarkan bayi tentang object permanence, melatih percakapan melalui tawa, mengurangi rasa cemas, meningkatkan kemampuan kognitif, dan mengenali kebiasaan.

 

3.Kembalikan barang yang anak jatuhkan

Anak mulai belajar mengenal gaya grafitasi dengan menjatihkan barang berkali-kali ke lantai. Mari kita ajarkan anak untuk mengembalikan barang yang dijatuhkan ketempat semula. Interaksi dengan anak dapat terjadi lewat komunikasi saat mengembalikan barang yang anak jatuhkan.

 

4.Berhitung untuk semua

Hitung jari tangan, langkah kaki, balik, dan lainnya. Biasakan anak menghitung dengan suara lantang. Tidak lama lagi si Kecil akan mengikuti kita. Secara umum berhitung permulaan bagi anak usia dini bertujuan untuk mengetahui dasar pembelajaran berhitung sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap mengikuti pembelajaran berhitung pada jenjang selanjutnya yang lebih kompleks. Sedangkan secara khusus, dapat berpikir logis dan sistematis sejak dini melalui pengamatan terhadap benda konkrit gambar atau angka yang terdapat di sekitar, anak dapat menyesuaikan dan melibatkan diri dalam kehidupan bermasyarakat

 

5.Explore tempat baru

Ajak anak ke tempat baru dan ceritakan ke anak apa saja yang kita lihat. Hal tersebut dapat meningkatkan perbendaharaan kata si Kecil. Berbicara dengan bayi tak hanya menunjang kemampuan bahasanya agar berkembang dengan baik, Mengajak si kecil berkomunikasi meng-explore tempat baru juga bisa membantu perkembangan otaknya. Tidak perlu ceman apakah si Kecil mengerti tentang yang kita jelaskan, tentunya hal inilah yang kita ajarkan melalui banyak percakapan tentang hal baru. Kelak ketika si kecil dewasa, kemampuan tersebut dapat menunjang prestasi anak di sekolah.

 

6.Manfaatkan waktu ganti popok

Narasikan ke si Kecil tentang yang sedang kita lakukan untuk membantunya terbiasa dengan rutinitas. Ini juga sebagai salah satu komunikasi untuk kedekatan emosional dengan si Kecil, membangun kemampuan mendengar dan berbicara, serta dapat meningkatkan perkembangan otaknya.

 

Jadi ayo mulai lakukan kebiasaan yang baik untuk si Kecil agar ia kelak siap menjadi generasi hebat.