1
Motivasi Muslim Lifestyle

Keutamaan Shalat Sunnah Fajar yang Wajib Kamu Tahu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kita sebagai umat muslim memang sangat dianjurkan untuk tidak hanya mengerjakan amalan wajib saja, tetapi juga yang sunnah. Tak terkecuali halnya dengan shalat. Shalat ada yang bersifat wajib seperti shalat 5 waktu, dan ada juga yang sunnah.

Shalat sunnah yang dianjurkan dalam islam memang cukup banyak adanya. Namun di antara semua shalat sunnah, ada satu shalat sunnah yang jangan sampai ktia lupakan. Shalat sunnah yang satu ini memiliki keutamaan yang luar biasa sekali. Shalat tersebut adalah shalat sunnah fajar atau shalat sunnah qabliyah subuh.

Shalat sunnah fajar adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat sebelum mengerjakan shalat subuh. Dua rakaat pada shalat sunnah fajar ini mempunyai keutamaan luar biasa, sampai-sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri tidak pernah meninggalkannya.

Meski amalan ini sepintas terlihat sebagai suatu amalan yang ringan, akan tetapi sarat akan pahala. Oleh karena itulah tidak sepatutnya kita sebagai seorang muslim menyepelekan amalan yang satu ini. Apa keutamaannya? Mari kita simak lebih lanjut pada pembahasan yang akan dipaparkan.

-Keutamaan Shalat Sunnah Fajar

Dikisahkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata :

لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْر

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah melakukan satu shalat sunnah pun yang lebih beliau jaga dalam melaksanakannya melebihi dua rakaat shalat sunnah subuh.” (HR Bukhari 1093 dan Muslim 1191)

webinar umroh.com

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

“ Ketika safar (perjalanan), Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tetap rutin dan teratur mengerjakan shalat sunnah fajar dan shalat witir melebihi shalat-shalat sunnah yang lainnya. Tidak dinukil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau melaksankan shalat sunnah rawatib selain dua shalat tersebut selama beliau melakukan safar (Zaadul Ma’ad I/315)

Keutamaan dari shalat sunnah fajar atau shalat sunnah qabliyah subuh ini juga secara spesifik telah disebutkan oleh baginda besar Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berdasarkan sebuah riwayat berikut:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

“Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim 725).

Lihatlah sobat pembaca sekalian, kita semua telah mengetahui sebuah keutamaan yang sangat besar, yang merupakan karunia dari Allah bagi hamba-hamba-Nya yang berimana dan bertaqwa. Karena itulah, tidak selayaknya kita semua sebagai seorang muslim melewatkan kesempatan untuk dapat meraihnya. Mari mulai sekarang kita timbulkan habbit untuk senantiasa melakukan shalat sunnah fajar sebelum shalat subuh.