1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Ingin Selalu Puas & Bangga Dengan Istri? Lakukan Tips Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Seorang lelaki yang baik juga pastinya juga akan selalu memperlakukan istrinya dengan baik pada saat berumah tangga kelak. Tidak mengherankan apabila Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai bersabda:

 

(خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لِأَهْلِي

 

“Orang terbaik di antara kalian ialah orang yang terbaik dalam memperlakukan istrinya, dan aku adalah orang terbaik di antara kalian dalam memperlakukan istriku.” (Hr. At-Tirmidzi)

 

Ideal atau tidaknya sosok istri kita berdasarkan penilaian subjektif, tidak dapat menjadi alasan untuk boleh memperlakukan istri dengan tidak baik. Oleh karena itulah, tidak ada salahnya bila sejenak para suami kembali memutar lamunan dan mengingat tentang gambaran mengenai istri ideal dan idaman yang pernah ada di pikiran para suami.

 

webinar umroh.com

Apabila sudah, selanjutnya, bandingkanlah gambaran istri idaman di benak subjektif kita dengan gambaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai kaum wanita berikut ini:

 

الْمَرْأَةُ كَالضِّلَعِ ، إِنْ أَقَمْتَهَا كَسَرْتَهَا، وَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيهَا عِوَجٌ

 

“Wanita itu bagaikan tulang rusuk. Bila engkau ingin meluruskannya, niscaya engkau menjadikannya patah, dan bila engkau bersenang-senang dengannya, niscaya engkau dapat bersenang-senang dengannya, sedangkan ia adalah bengkok.” (Muttafaqun ‘alaihi)

 

Pada riwayat lain, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

لاَ تَسْتَقِيمُ لَكَ الْمَرْأَةُ عَلَى خَلِيقَةٍ وَاحِدَةٍ وَإِنَّمَا هِيَ كَالضِّلَعُ إِنْ تُقِمْهَا تَكْسِرْهَا وَإِنْ تَتْرُكْهَا تَسْتَمْتِعْ بِهَا وَفِيهَا عِوَجٌ

 

“Tidak mungkin istrimu kuasa bertahan dalam satu keadaan. Sesungguhnya, wanita itu bak tulang rusuk. Bila engkau ingin meluruskannya, niscaya engkau menjadikannya patah. Adapun bila engkau biarkan begitu saja, maka engkau dapat bersenang-senang dengannya, (tetapi hendaklah engkau ingat) ia adalah bengkok.” (Hr. Ahmad)

 

Untuk itulah, seharusnya para suami patut introspeksi akan gambawan wanita ideal atau idaman menurut pendapat subjektif mereka, dan membandingkannya dengan apa yang telah dikatakan Nabi Muhammad SAW.

 

Untuk itulah, sudah sepatutnya kita fokus pada segala kelebihan yang ada pada istri kita. Dan jangan selalu mengorek-ngorek kekurangan berdasarkan penilaian subjektif. Hal ini juga untuk mencegah suami agar tidak gampang tergoda dengan wanita lain.

 

Lalu, bila pada suatu hari seorang suami tergoda dengan wanita lain, maka bergegaslah untuk mendatangi istri-istrimu dan melihat seluruh kelebihan pada istri-istrimu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمُ امْرَأَةً فَأَعْجَبَتْهُ فَلْيَأْتِ أَهْلَهُ فَإِنَّ مَعَهَا مِثْلَ الَّذِي مَعَهَا

 

“Bila engkau melihat seorang wanita, lalu ia memikat hatimu, maka segeralah datangi istrimu! Sesungguhnya, istrimu memiliki seluruh hal yang dimiliki oleh wanita yang engkau lihat itu.” (Hr. At-Tirmidzi)

 

Demikianlah tips untuk membuat para suami dapat selalu puas dan bangga dengan kondisi pasangan hidupnya. Dengan demikian, ibarat kata peribahasa, insyaaAllah kita akan senantiasa merasa jika ladang kita lebih hijau dari lading tetangga.

 

Selamat berbahagia dengan pasangan hidup yang telah dikaruniakan Allah SWT kepada Anda. Semoga Allah memberkahi bahteraselalu rumah tangga Anda.