1
Motivasi Tips

Bersyukur & Berpikir Positif Adalah Pangkal Kebahagiaan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebenarnya ada satu syarat yang bisa dibilang sangat penting untuk dapat membuat hidup kita ini senantiasa merasa bahagia. Hal tersebut adalah dengan selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan.

Kita jangan sampai berpikir terbalik ya. Berpikir terbalik disini maksudnya adalah dengan menganggap bahwa dengan memperoleh kebahagiaan baru akan membuat kita bersyukur. Justru yang harus kita lakukan adalah sebaliknya. Yaitu berpikir bahwa dengan bersyukur, hidup kita akan bahagia.

Sama juga halnya dengan amalan sedekah yang hendak kita lakukan. Jangan lantas membuat kita berpikir bahwa dengan dilapangkannya rezeki kita, baru akan membuat kita rajin bersedekah. Tapi berpikirlah bahwa dengan rajin sedekah, insyaaAllah rezeki kita akan senantiasa dilancarkan.

Bahagia itu sebenarnya bisa dibilang simpel dan sederhana. Mengapa simpel dan sederhana? Karena kebahagiaan sendiri sebenarnya bisa dibilang jika berseumber dari hati. Kebahagiaan tak selamanya harus diidentikkan dengan sebuah kekayaan, kemewahan, keglamoran, atau pun strata sosial yang tinggi. Tak jarang pula kita dapat melihat bahwa orang yang kaya, hidupnya penuh dengan kemewahan dan keglamoran, strata sosialnya tinggi, tapi hidupnya justru tidak bahagia karena banyak tekanan.

Dan kekayaan atau harta yang melimpah juga tidak selamanya bisa membeli sebuah kebahagiaan. Karena seperti yang telah dibilang, bahwa kebahagiaan itu bersumber dari hati. Tak peduli mau seperti apa pun kondisi kita, tapi bisa saja hati kita ini akan tetap selalu merasa bahagia.

Lantas kalau begitu, apa dong kunci utama untuk dapat membuat hati kita ini senantiasa merasa bahagia? Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, yaitu dengan senantiasa bersyukur. Selain bersyukur, berpikir positif juga menjadi kunci penting untuk membuat hati ini menjadi bahagia. Tentu akan begitu menyenangkan sekali jika kita selalu dapat tersenyum dan juga hidup bahagia setiap hari.

Dan ada satu hal lagi yang harus kita ketahui akan hakikat dari kebahagiaan. Bahwa kebahagiaan yang hakiki, tidak selalu bisa dirasakan setiap harinya, kecuali apabila diri kita ini adalah orang yang benar-benar positif. Salah satu bentuk ciri orang positif adalah senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan. Pikiran bahagia dan juga semangat yang positif, berdasarkan banyak studi, telah dibuktikan memberikan banyak sekali manfaat. Terlebih lagi untuk kesehatan tubuh ini. Disamping itu, orang yang habit kebiasaan hidup yang positif, biasanya cenderung akan panjang umur.

Melatih pikiran dan juga habit untuk selalu berjalan baik agar dapat mendatangkan kebahagiaan, tentunya tidak selamanya dapat dilakukan dengan mudah. Namun, bukan berarti hal ini mustahil untuk dilakukan. Kuncinya, keinginan untuk mau berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Berdasarkan penuturan dari Dr Richard J. Davidson, Founder, The Center of Healthy Minds di University of Wisconsin-Madison, keinginan untuk berubah dan berlatih berpikir positif, akan dapat menjadikan hidup seseorang terasa lebih ringan untuk dijalani, membuat sikap seseorang lebih optimis, dan menjadikan hatinya bahagia.

webinar umroh.com