1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Inilah Manfaat Luar Biasa Infaq

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Percaya atau tidak, infaq juga menjadi salah satu kunci kebahagiaan. Kunci dari hidup bahagia itu intinya pada saat hati ini merasa tentram, tenang serta senang. Dan untuk bisa mendapatkannya, salah satunya ada hal pokok yang harus kita terima. Pertama, senantiasa menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang mendera kita. Kedua, selalu dapat mencukupi setiap kebutuhan hidup kita. Ketiga, selalu mendapatkan segala macam kemudahan dalam setiap urusan kita. Keempat, adalah dihapuskannya atau diampuni segala kesalahan dan juga dilipatgandakannya ganjaran atas segala amal baik yang dikerjakan.

Hal tersebut adalah berdasarkan patokan dari yang diterangkan dalam surat Al Jumu’ah ayat 2-5. Jika itu sudah terpenuhi, maka keberkahan hidup akan selalu dapat dirasakan pada setiap kondisi apapun. Meskipun seseorang dilanda hal yang tampaknya membuat susah sekalipun. Karena perasaan itu relatif.

Bisa jadi ada suatu hal yang bagi seseorang bisa menyebabkan dia menjadi sengsara, menderita, dan tidak bahagia. Tapi hal tersebut justru bagi seseorang yang lain malah dapat membuatnya tenang serta tentram hatinya. Kunci umum kebahagiaan itu satu, yaitu dengan selalu berjala di jalan Tuhan.

Disamping itu, ada juga hal-hal yang tidak boleh kitalupakan begitu saja untuk membuat hidupmu dapat terus bahagia. Salah satu hal tersebut adalah dengan senantiasa berinfaq di jalan Allah.

Infaq adalah suatu kegiatan mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki dalam rangka suatu kebaikan di jalan Tuhan. Termasuk juga dalam hal ini adalah memberi untuk nilai kemanusiaan. Contoh dari infaq misalnya membantu korban bencana alam dan juga meringankan beban fakir miskin.

Infaq sendiri bisa dilakukan baik pada saat kondisi lapang atau pun sempit. Intinya sesuaikan sjaa dengan kemampuan. Poin yang penting disini adalah keistiqomahan atau kontinyuitasnya. Tidak hanya sebatas pada besar kecilnya nominal yang diberikan atau kuantitasnya. Tapi yang lebih penting adalah sebuah pembiasaan diri untuk terbiasa mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki.

Infaq juga merupakan bentuk dari sedekah. Selain itu, infaq merupakan suatu tema menarik lintas negara dan agama. Sudah banyak juga pembahasan mengenai khasiat luar biasa dari sedekah. Bahkan ustadz Yusuf Mansyur juga cukup familiar secara khusus membahas tema akan keutamaan sedekah di setiap kesempatan taushiyahnya. Tidak ada habis-habisnya pembahasan mengenai keajaiban sedekah dan infaq.

Agama Islam juga telah memberikan analogi bagi orang yang menginfaqkan hartanya tersebut. Analogi tersebut ialah bagaikan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, dan pada setiap tangkai terdapat seratus biji. Hal ini berdasarkan surat Al Baqarah ayat 61. Dalam konteks kebutuhan, infaq pada saat keadaan kita lapang maupun sempit, adalah suatu metode atau cara untuk dapat hidup bahagia, dengan terpenuhinya segala kebutuhan.

webinar umroh.com

Tidak hanya sebatas bentuk transendental dan spiritual, tetapi keutamaan sedekah atau memberi ini mempunyai segala macam efek luar biasa. Menurut GreaterGood, kegiatan memberi ini pada berkaitan erat pada keluarnya hormon Oksitosin. Pada tubuh manusia, hormon itu bisa mendorong perasaan nyaman atau gembira.