1
Muslim Lifestyle Tips

Ingin Sehat & Berpahala? Lakukan Olahraga Berikut (Part 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Perlu kamu ketahui, bahwa sesungguhnya aturan Islam dibuat untuk kebaikan umat Islam sendiri. Dan aturan itu pasti sudah yang terbaik, karena Allah itu maha tahu mana yang terbaik buat hambanya. Demikian juga dalam hal olahraga. Islam sendiri juga menyadari jika olahraga memang baik untuk dapat menjaga kesehatan dan membuat tubuh tetap prima. Islam juga merupakan agama yang begitu memperhatikan segala aspek kehidupan, bahkan hingga urusan kesehatan jasmani dan juga rohani umatnya. Namun urusan olahraga dalam Islam, ada olahraga-olahraga yang memang disunnah oleh Rasullah. Nah, kira-kira apa saja ya olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah? Yuk, lihat ulasan berikut.

– Lari

Olahraga bisa dibilang merupakan olehraga paling sederhana. Karena untuk melakukannya tidak perlu banyak peralatan. Selain itu, laru juga merupakan salah satu hobi kerap kali dikerjakan Rasul bersama istrinya. Buat kamu yang suka lari-lari keliling kompleks, gelanggang olahraga, car free day, atau dimana pun juga, rasanya boleh terbilang cukup beruntung. Karena sudah banyak dari kita yang mungki sadar bahwa sesungguhnya jogging atau lari adalah sunah Rasul. Berdasarkan penuturan dari Abdillah F. Hasan dalam buku yang berjudul 195 Pesan Cinta Rasulullah untuk Wanita, Nabi Muhammad SAW diceritakan pernah menyelenggarakan pertandingan lari dengan istrinya. Alasannya agar dapat memberikan kesegaran jasmani.

– Anggar

Olahraga ini juga pernah menjadi menjadi cukup populer pada saat zaman Rasul. Rasulullah sangat menikmati olahraga ini. Riwayat Bukhari dan Muslim memaparkan jika anggar merupakan salah satu sunah Rasul. Hadits tersebut berbunyi demikian: “Ketika orang-orang Habasyah sedang bermain anggar di hadapan Nabi, tiba-tiba Umar masuk, kemudian mengambil kerikil dan melemparkannya kepada mereka. Kemudian Rasulullah SAW berkata kepada Umar, ‘Biarkanlah mereka itu, hai Umar’.”

Mungkin olahraga tidak begitu populer untuk beberapa kalangan. Bahkan mungkin sebagian besar kalangan saat ini. Cukup normal juga sebenarnya fenomena. Karena memang relatif tidak mudah juga untuk mencari lokasi yang menyediakan tempat untuk dapat bermain anggar. Selain itu, jika sudah punya alatnya untuk bisa bermain anggar, kita juga masih perlu berusaha dan  berlatih lebih keras. Karena anggar memang membutuhkan keterampilan khusus yang sering dilatih untuk bisa memainkannya. Tapi jika memang sudah sangat niat, kita bisa mencari peralatannya di internet. Belanjanya juga bisa via online. Lumayan juga melakukan olahraga yang juga menjadi sunnah rasul, dapat pahala dan kesehatan.

– Gulat

Olahraga ini sebenarnya bukan sekedar soal adu kekuatan saja. Tetapi lebih dari itu, gulat juga menjadi sarana untuk dakwah Rasul ketika masa asal mula Islam. Olahraga gulat disebut sebagai sunah rasul. Selain itu berdasarkan penuturan banyak ahli sejarah, dikatakan bahwa gulat sebagai olahraga tertua di dunia. Gulat telah dapat ditemukan melalui lukisan-lukisan masyarakat Mesir kuno yang diprediksierkirakan berusia 5000-an tahun. Tidak heran jika kita dapat menemukan laga-laga gulat dalam sebuah film kolosal.

webinar umroh.com

Rasulullah diceritakan pernah melakukan gulat dengan seorang lelaki kuat yang bernama Rukanah. Dia menjadikan gulat sebagai sarana dakwah. Demi Rukanah dapat menjemput hidayahnya, Rasulullah SAW memakai pendekatan olahraga. Keputusan tersebut dapat menjadi pemacu bahwa gulat merupakan salah satu olahraga yang sunah.