1
Motivasi Tips

Lakukan 7 Langkah Ini untuk Mengendalikan Emosi Negatif

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Emosi adalah hal yang dialami setiap manusia. Manusia yang hidup bisa merasakan emosi positif, misalnya bahagia, cinta, puas, dan sebagainya. Selain emosi yang positif ada juga emosi yang negatif, seperti marah, sedih, kecewa, dan sebagainya. Ketika kita merasakan emosi yang negatif, mungkin akan terasa tidak nyaman hingga mempengaruhi mood. Jika kamu sedang merasakan emosi negatif yang sulit dikendalikan, lakukan 7 langkah ini.

  1. Hadapi Perasaan Tersebut

Ketika kita sedang merasakan emosi negatif yang sulit, jangan berusaha untuk melawannya. Alih-alih berusaha mengabaikan dan menghilangkannya, langkah pertama yang tepat adalah menghadapinya. Hindari keinginan untuk menolak emosi tersebut.

Bangunlah kesadaran bahwa sedang ada emosi negatif yang menyelimuti. Misalnya dengan berkata pada diri sendiri bahwa emosi tersebut memang membuat pikiranmu tidak nyaman. Perhatikan juga apakah emosi tersebut mengakibatkan rasa tidak nyaman di badanmu. Misalnya dada yang terasa sakit, atau kepala yang tiba-tiba terasa tertekan.

  1. Identifikasi dan Beri Label pada Emosi Tersebut

Kita mungkin akan merasakan rasa tidak nyaman setelah berselisih dengan teman, atau beradu argumen dengan salah seorang anggota keluarga. Perhatikan perasaan tidak nyaman yang timbul, lalu identifikasi dan berikan label.

Hindari mengabaikan perasaan tersebut. Misalnya ketika kita sedang kecewa, hindari berkata pada diri sendiri “seharusnya saya tidak boleh merasa seperti ini”. Hal tersebut akan membuat kita semakin kesulitan mengendalikan emosi tersebut. Katakanlah pada diri sendiri, “iya, saat ini saya sedang kecewa”.

  1. Hindari Keinginan untuk Mengendalikannya

Perasaan dan emosi yang negatif memang terasa tidak nyaman. Akan tetapi, perasaan ingin mengendalikan dan menyingkirkannya akan membuat kita semakin tidak nyaman. Biarkan emosi tersebut, dan terbukalah terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi dari emosi tersebut. Misalnya jika emosi tersebut membuat kita menangis, maka menangislah.

  1. Terima Emosi yang Sedang Dirasakan

Langkah selanjutnya adalah menerima emosi tersebut. Terimalah bahwa kamu memang sedang kecewa, marah, atau sedih. Yakinkan bahwa hal tersebut wajar dialami setiap manusia.

  1. Cari Tahu Penyebabnya

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang menyebabkan perasaan negatif itu muncul. Misalnya ketika kita merasa kecewa, cari tahu penyebabnya. Mungkin cara bicara yang tidak menyenangkan, atau perbuatannya yang di luar harapan.

webinar umroh.com

Menemukan penyebab emosi negatif bisa membuatmu semakin mudah mengenalinya. Lain waktu, kita akan lebih mudah menyampaikan kepada orang lain bahwa ada hal yang membuat kita merasa tidak nyaman.

  1. Sadarilah Bahwa Perasaan Itu Hanya Sementara

Seberat dan sesulit apapun emosi yang sedang kita rasakan, sadarilah bahwa ia tidak akan bertahan selamanya. Seiring dengan berjalannya waktu, perasaan tersebut akan hilang dan tidak lagi memberatkan hati.

  1. Ikhlaskan

Ikhlaskan perasaan tersebut. Menerima dan mempercayainya sebagai kehendak Allah akan membuat kita lebih nyaman. Jika perasaan tersebut membuat hati terasa sakit, mungkin hal tersebut adalah cara Allah untuk menghapus dosa. Bisa juga perasaan yang kita alami adalah petunjuk untuk mengambil langkah yang lebih baik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.