1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Teman Sangat Mempengaruhi Kita

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kita semua tahu jika lingkungan adalah faktor yang cukup berperan penting dalam pembentukan sifat dan karakter seseorang. Maka dari itu, perhatikanlah betul kondisi lingkungan di sekitar kita. Jika kita memang ingin membentuk karakter dan pribadi baik dalam diri kita, carilah lingkungan yang memang begitu penting buat kita.

Lingkungan yang paling utama dan menjadi penyebab pertama tentu saja lingkungan keluarga. Karena itu, di dalam rumah tangga sudah sepatutnya memberikan lingkungan yang baik dan kondusif untuk anak-anak mereka. Sehingga anak-anak pun bisa membentuk kepribadian yang baik.

Tapi selain rumah atau keluarga, ada satu lagi lingkungan yang tak kalah pentingnya dalam mempengaruhi seseorang untuk membentuk karakter dan kepribadiannya. Lingkungan tersebut adalah lingkungan pertemanan. Karena itu, sudah sepatutnya juga kita mencari teman-teman yang memiliki akhlak yang baik.

Dan untuk para orang tua, juga sangat penting sekali untuk mengetahui dengan siapa anak-anaknya berteman. Dan selayaknya juga orang tua memperhatikan dan mengawasi anak-anaknya ketika bergaul dengan teman-temannya.

Teman memang bisa datang darimana saja. Namun mungkin diantara teman yang sering dijumpai adalah teman yang ada di sekolah. Karena itu, sudah selayaknya juga bagi para orang tua untuk dapat memilihkan anak-anaknya sekolah yang berisi anak-anak dengan akhlak yang baik.

Sahabat,
Tinggalkanlah segala hal yang dapat menyakiti hati, karena hidup ini memang hanya sekali, dan kita harus bisa memaksimalkannya. Hati yang tenang tentunya sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai persoalan. Karena hati yang sakit juga dapat membuat pikiran kita tidak jernih.

Bertemanlah dengan orang-orang yang sholih, meskipun mungkin terkadang memang tidak mudah untuk bisa mendapatkan teman-teman yang sholih. Tetapi jika kita selalu bertaqwa kepada Allah, insyaaAllah juga akan Allah mudakan kita untuk mandapatkan teman-teman yang sholih.

Pentingnya berteman dengan orang-orang yang sholih bisa terlihat ketika kita menghadapi masalah. Sebab teman yang sholih sudah pasti akan memberikan kita solusi terhadap yang tidak menyimpang dari aturan.

webinar umroh.com

Karena itu, ketika kita ingin bermusyawarah untuk memcahkan suatu persoalan, bermusyawarahlah tentang urusan yang kita hadapi dengan orang-orang yang takut kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’ala.

Karena,
“Seseorang tergantung teman dekatnya, maka hendaknya kalian memperhatikan siapakah teman dekatnya…”.(HR.Ahmad).