1
Kesehatan Tips

Ingin Tidak Rentan Penyakit? Hilangkan 3 Kebiasaan Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kita pasti sering mendengar istilah: Apa saja yang kita tuai pada hari ini sesuai dengan yang sudah kita tanam di masa lalu. Memang benar begitulah adanya. Untuk itu, selalu lah menanam kebaikan agar kita pun selalu menuai kebaikan nantinya.

Hal tersebut tak terkecuali juga untuk  masalah habit atau kebiasaan. Perlu kita ketahui habit atau kebiasaan cukup berperan vital untuk menentukan hidup. Jika kita telah menanamkan banyak kebiasaan baik dalam hidup, maka maka insyaaAllah kita pun akan menuai hasil baik atas kebiasaan itu.

Demikian pula sebaliknya. Apabila kita banyak menanamkan kebiasaan buruk dalam hidup, maka tentu saja akan berpotensi membuat hidup kita menjadi buruk. Karena semua hal yang kita alami sekarang sebenarnya merupakan efek kebiasaan-kebiasaan kita di masa lalu. Kebiasaan ini juga dapat mencakup banyak hal.

Contohnya seperti karakter, kepribadian, pola makan serta kegiatan-kegiatan lainnya yang rentan mengganggu kesehatan kita. Dan efek dari kebiasaan yang kita tanam juga bisa berdampak ke banyak hal. Termasuk juga kesehatan.

Disinilah pentingnya kita memperhatikan betul kebiasaan kita demi mendapatkan kesehatan yang baik. Karena kesehatan merupakan sesuatu yang kerap kali kita abaikan pada saat masih sehat. Tetapi kita justru baru merasa panik ketika sudah terkena penyakit.

Memang benar kata-kata yang menyebut jika nikmat sehat akan terasa jika kita diuji Allah dengan penyakit. Untuk mencegahnya, maka kita mengetahui habit-habit apa saja yang dapat membuat kita mudah terserang penyakit. Pada postingan, akan dipaparkan 3 kebiasaan buruk yang dapat membuat kita mudah terserang penyakit:

-Kurang minum air mineral dan air putih

Mungkin sudah tak jarang juga dipaparkan dalam pelajaran pengetahuan alam ketika di bangku sekolah. Bahwasannya mayoritas tubuh kita ini berupa cairan, dengan kapasitas sekitarter 70% cairan.

webinar umroh.com

Oleh sebab itulah, kita pun direkomendasikan untuk dianjurkan untuk mau mengkonsumsi air putih minimal 2.5 Liter perhari. Hal itu bertujuan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu juga dapat membuat kita tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi.

Tapi patut disayangkan, karena tidak jarang juga yang masih malas meminum banyak air putih. Bahkan yang lebih berbahaya lagi justru lebih suka meminum minuman soft drink. Padahal kita harus tahu, jika soft drink seperti coca-cola, fanta, sprite, berbagi jenis minuman teh yang sudah diolah, tentu saja tidak sehat untuk dikonsumsi.

Apalagi dengan adanya bermacam-macam zat berbahaya seperti pemanis, pewarna, dan zat karbonasi pada minuman tersebut. Selain banyak minum soft drink, kebiasaan yang tak kalah buruk dan berbahaya adalah gemar makan fast food atau junk food. Dan yang sangat berbahaya jika kita melakukannya dalam satu waktu. Karena itu, mulailah kebiasaan banyak minum air putih guna mendapatkan tubuh yang sehat.

-Kurang mengkonsumsi buah dan sayur

Karena mayoritas tubuh kita terdiri dari atas air, maka selain banyak minum air putih, sudah seharusnya juga kita banyak mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin dan seimbang. Jarang mengkonsumsi buah dan sayur dapat mengakibatkan tubuh kita mudah terserang penyakit. Jenis penyakitnya seperti panas dalam, sembelit, dehidrasi, maag, dan lain sebagainya.

-Tidur larut malam dan bangun kesiangan.

“Bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam tidur pada awal malam dan bangun pada pengujung malam, lalu beliau melakukan shalat”.(Muttafaq `alaih)

Tidak hanya suatu habit yang baik, tetapi juga meruapakan salah satu sunnah Rasulullah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Rasulullah pastilah menyunnahkan hal tersebut bukan tanpa dasar. Karena rupanya terdapat hikmah luar biasa atas sunnah Rasulullah SAW tersebut bagi kesehatan kita.

Berdasarkan penelitian, malam hari khususnya jam 9 malam keatas, merupakan waktu saat organ tubuh kita mencerna makanan. Sehingga di waktu itu kondisi tubuh kita ini dituntut dalam keadaan istirahat. Tujuannya agar dapat memudahkan kerja tubuh.

Segala jenis penyakit dapat timbil apabila mempunyai kebiasaan begadang atau tidur larut malam. Dengan demikian, biasakanlah selalu agar kita dapat tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.