1
Kesehatan Tips

7 Tips agar Terhindar dari Sakit Kepala

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sakit kepala adalah rasa sakit yang muncul di sekitar kepala, dan biasanya tidak memiliki keparahan yang terlalu serius. Biasanya, sakit kepala bisa diatasi dengan obat pereda sakit kepala. Walaupun tidak terlalu parah, namun sakit kepala yang terlalu sering bisa mengganggu aktivitas. Agar tidak terlalu sering terkena sakit kepala, cobalah tips di bawah ini.

  1. Ketahui Apa yang Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Sakit kepala sebenarnya adalah reaksi yang diberikan oleh tubuh ketika merasakan gangguan atau ketidaknyamanan. Rasa sakit di kepala menandakan ada yang tidak beres dalam tubuh. Untuk menghindari sakit kepala, Identifikasi apa yang menyebabkannya. Misalnya apakah kamu sakit kepala setelah mengkonsumsi makanan tertentu, atau ketika mengalami dehidrasi, saat lapar, alergi terhadap benda tertentu, atau rasa tidak nyaman karena gerakan tertentu.

Dengan mengetahui penyebab sakit kepala, kita bisa menghindarinya agar sakit kepala tidak menyerang di saat-saat penting.

  1. Usahakan Mencukupi Asupan Cairan Tubuh

Cairan tubuh yang berkurang juga menjadi penyebab sakit kepala. Jika sakit kepala diikuti dengan rasa haus, mulut yang kering, badan yang lemas, serta jarang buang air kecil, cobalah untuk mengatasinya dengan minum air putih yang banyak.

  1. Jangan Melewatkan Waktu Makan

Makan teratur adalah kunci agar tubuh berfungsi dengan baik. Jika kamu terbiasa makan tiga kali sehari, usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan tersebut. Ketika kamu tidak memenuhi asupan makanan, tubuh akan bereaksi karena tidak memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitas.

Usahakan selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan bernutrisi, agar tubuh memiliki asupan energi yang cukup.

Perkirakan waktu-waktu di mana kamu harus mengkonsumsi makanan. Bila kamu tidak sempat karena kesibukan menghalangi, maka bawalah makanan ringan atau bekal untuk menjaga asupan makan dalam sehari.

  1. Kurangi Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Jika kamu memang sering minum kafein dan sering juga mengalami sakit kepala, cobalah untuk mengurangi asupan kafein. Cukup konsumsi secangkir minuman berkafein, seperti kopi atau teh hijau, di pagi hari sebagai amunisi agar lebih semangat.

webinar umroh.com
  1. Istirahat dengan Cukup

Kurang istirahat juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Tubuh yang kelelahan akhirnya membuat  sakit kepala menyerang. Jika kamu mulai merasakan rasa tidak nyaman di kepala, segeralah ambil waktu untuk beristirahat. Tidur sejenak bisa menjadi solusi untuk meredakan sakit kepala.

  1. Hindari Stres

Stres diakibatkan karena terlalu banyak hal yang kita pikirkan dalam satu waktu. Tentu saja ini akan membuat otak lelah dan kita mudah terserang sakit kepala. Agar sakit kepala tidak terlalu sering menyerang, jagalah pikiran dan hatimu supaya tidak mudah stres

  1. Perbaiki Posisi Duduk

Duduk dalam posisi tidak nyaman selama berjam-jam bisa membuat kita sakit kepala. Ketika duduk dengan posisi tidak nyaman, terjadi tekanan di daerah tulang belakang, sehingga menyebabkan aliran darah tidak lancar. Cobalah perbaiki posisi duduk dan pastikan menggunakan kursi yang nyaman jika kita harus duduk dalam waktu lama.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.