1
News Parenting

Inilah Cara Agar Anak Tumbuh Sehat Menurut WHO

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

WHO mengumumkan waktu penggunaan gadget atau screen time yang disarankan bagi anak usia di bawah 5 tahun. Dilansir dari The New York Times, pada hari Rabu (24/42019) WHO menjelaskan bahwa anak umur 1 tahun hendaknya tidak diperkenankan menggunakan gadget sama sekali. Sedangkan anak usia 2 hingga 4 tahun harus  hanya diperbolehkan menggunakan gadget selama 1 jam dalam sehari.

Pentingnya Pembatasan Gadget

Pembatasan penggunaan gadget ini penting agar anak-anak tumbuh menjadi manusia yang lebih  sehat di kemudian hari. Seseorang yang terlalu banyak terpapar gadget ketika masih kecil mengalami banyak resiko kesehatan ketika ia dewasa. Resiko kesehatan yang mengancam misalnya seperti obesitas, penyakit mata, serta penyakit yang lainnya.

Bahaya Penggunaan Gadget Berlebihan

Salah satu kebiasaan yang bisa mengancam kesehatan seseorang adalah kebiasaan menggunakan gadget. Jika dahulu orang tua khawatir anaknya terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi atau radio, saat ini situasi yang mengkhawatirkan datang dari kebiasaan anak menghabiskan waktu di depan gadget, seperti TV, komputer, smartphone, tablet, dan video game. Kebiasaan tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak anak dan kesehatannya secara menyeluruh.

Pentingnya Pola Hidup Sehat Sejak Kecil

Dr. Tedros Adhamom Ghebreyesus, Direktur Umum dari WHO, mengungkapkan bahwa untuk memiliki hidup yang sehat, seseorang memulai kebiasaan sehat di permulaan kehidupan mereka.

Masa kecil anak-anak adalah saat di mana terjadi perkembangan yang sangat cepat. Pada saat tersebut, anak-anak akan mengadopsi pola hidup yang ia dapat dari orang tuanya untuk diteruskan ketika ia dewasa.

webinar umroh.com

Masih Diperlukan Aspek Lain untuk Menjaga Kesehatan Anak

Batasan gadget ini hanyalah salah satu solusi agar anak tumbuh sehat. Cara lainnya adalah dengan memastikan anak-anak di bawah 5 tahun memiliki istirahat yang cukup, serta rajin berolahraga. Memperbanyak aktivitas fisik juga sangat disarankan bagi balita agar ia tumbuh sehat.

Panduan untuk Menjaga Kesehatan Anak

Dr. Fiona Bull, manajer untuk program pengawasan dan pencegahan penyakit menular WHO, membuatkan panduan bagi para orangtua untuk memastikan kesehatan anak. Caranya adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik dan memastikan kualitas tidur. Kebiasaan tersebut akan meningkatkan kesehatan fisik, mental, kesejahteraan, serta mencegah terjadinya obesitas pada anak.

Para ilmuwan juga menyarankan agar anak di bawah usia 5 tahun tidak banyak menggunakan stroller, dudukan, atau gendongan selama lebih dari 1 jam berturut-turut. Selain itu, anak di usia antara 1 hingga 5 tahun harus mendapatkan 3 jam aktivitas fisik dalam sehari, serta paling tidak mendapatkan tidur berkualitas sebanyak 10 jam setiap malamnya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.