1
Kuliner

Ini Rahasia Dibalik Makanan Pesawat Emirates

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Makanan untuk penumpang pesawat Emirates disediakan oleh Emirates Flight Catering. Setiap tahunnya, perusahaan ini membuat 110 juta makanan penerbangan dalam setahun.

Catering Terbesar Di Dunia

Emirates Flight Catering juga disebut sebagai perusahaan penyedia catering terbesar sedunia. Perusahaan ini beroperasi 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Setiap harinya, karyawan perusahaan ini memasak hidangan untuk 55 juta penumpang setiap tahunnya.

Kebutuhan Bahan baku untuk memasak hidangan di pesawat Emirates itu jumlahnya sangat banyak. Pada tahun 2018 tercatat untuk membuat makanan bagi penumpang pesawat Emirates dibutuhkan 72 juta roll roti, 134.482 pound strawberry, 414.469 pound salmon, dan 3.176.861 pound kentang.

Proses Memasak dengan Skala Besar

Proses untuk memasak di perusahaan ini dimulai dengan mengeluarkan peralatan makan yang diperlukan di dalam pesawat. Peralatan seperti piring, sendok, garpu, nampan, troli dan sebagainya. Peralatan makan tersebut diletakkan di lantai pertama untuk dibersihkan.

Piring-piring dipisahkan sesuai dengan ukuran, kemudian dibersihkan dengan menggunakan mesin cuci piring raksasa berukuran industri. Mesin tersebut mampu membersihkan sekitar 3 juta buah peralatan makan dalam sehari.

Bukan hanya piring, sendok, garpu, dan sebagainya yang dibersihkan. Troli untuk mengantar makanan juga dibersihkan di lantai pertama ini.

webinar umroh.com

Setelah dibersihkan, troli kemudian diangkut ke lantai atas dengan menggunakan mesin yang menyerupai kereta. Mesin ini dipelngkapi dengan rel dan lift untuk mengangkut troli-troli itu ke atas mesin. Bentuk monorel itu sangat aman untuk membawa troli-troli ke lantai atas. Mesin tersebut memiliki beberapa titik pemberhentian untuk mengambil dan meletakkan troli di setiap lantai.

Dapur untuk Memasak Hidangan

Tempat untuk memasak makanan ada di lantai atas. Ada bagian ruangan yang disebut dengan dapur dingin. Dapur ini adalah tempat di mana makanan pembuka disiapkan dan disajikan dalam mangkuk atau piringnya. Hidangan seperti sandwich dipotong dan diletakkan dalam mesin pembungkus yang akan membuat sandwich tetap segar.

Makanan pembuka dan sandwich untuk kelas bisnis dan first kelas disiapkan di area terpisah. Sandwich dan makanan pembuka untuk kelas ekonomi dibuat di sisi lain ruangan di lantai ini. Pemisahan lokasi memasak itu untuk memudahkan pengemasan, karena setiap kelas memiliki menu makanan yang berbeda.

4 Wilayah di Dapur Utama

Dapur utama dibagi menjadi 4 wilayah sesuai dengan jenis makanan yang dimasak, yaitu masakan Asia, masakan Timur Tengah, masakan Eropa, dan masakan wilayah subcontinent. Emirates memiliki 1800 Chef yang berasal dari seluruh dunia yang mengembangkan 1300 menu berbeda setiap bulannya. Mereka membuat masakan sesuai dengan daerah yang menjadi tujuan penerbangan Emirates.

Penumpang Emirates akan disuguhkan makanan-makanan sesuai dengan daerah tujuan mereka. Emirates sendiri terbang ke sekitar lebih dari 150 destinasi di 85 negara berbeda. Tentunya banyak sekali jenis menu makanan yang harus disiapkan oleh Chef Emirates.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.