1
Muslim Lifestyle

Sambut Bulan Ramadhan dengan 6 Hal Ini. Sudahkah Melakukannya?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan Ramadhan akan datang kurang dari seminggu. Sudahkan kita mempersiapkan diri? Di bawah ini, adalah 6 hal yang bisa kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan.

  1. Menyiapkan Hati yang Bahagia

Orang yang beriman seharusnya merasa bahagia saat bulan Ramadhan tiba. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh orang muslim. Di dalamnya, terdapat berbagai keutamaan. Mulai dari dibukanya pintu surga, malam lailatul qadar, serta dilipatgandakanya pahala. Karena itu, setiap mukmin hendaknya bergembira saat bulan Ramadhan tiba.

Salah satu ibadah utama di bulan Ramadhan adalah berpuasa sebulan penuh. Ibadah ini memang bukan ibadah yang ringan. Jika di dalam hati masih terbersit perasaan berat ketika bulan Ramadhan akan datang, maka kita harus menata hati agar bisa merasakan kegembiraan. Salah satu caranya adalah dengan berdoa kepada Allah SWT agar diperkenankan bertemu dengan bulan Ramadhan dan merasakan nikmat ibadah di dalamnya. Selain itu, kita juga bisa memperkaya diri dengan ilmu tentang keutamaan bulan Ramadhan.

  1. Memperkaya Diri dengan Ilmu

Ilmu adalah landasan untuk setiap amalan. Jika seseorang beribadah tanpa mengetahui ilmu, bukannya akan menambah kebaikan, malah akan menambah kerusakan. Misalnya saat orang akan bekerja untuk beribadah. Tentunya ia harus mengetahui dengan baik ilmu dari pekerjaan yang akan dikerjakannya. Jika tidak, maka akan timbul kekacauan yang tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga orang lain.

Sama halnya dengan bekerja, melakukan ibadah murni juga memerlukan ilmu. Kita harus mengetahui tata cara, syari’at, serta keutamaannya. Ketika kita bisa melaksanakan ibadah sesuai petunjuk Rasulullah, Inysa Allah nilai ibadah yang kita lakukan juga akan lebih baik.

  1. Mengatur Jadwal Harian

Saat akan memasuki bulan Ramadhan, hendaknya kita sudah mulai mengatur jadwal harian. Dalam jadwal harian khusus bulan Ramadhan tersebut, pastikan ada banyak waktu yang kita sediakan untuk beribadah.

  1. Membuat Rencana Ibadah dan Amal Sholeh

Rencanakan ibadah tambahan yang akan kita lakukan saat Bulan Ramadhan. Ramadhan adalah waktu di mana setiap orang beriman mendapat pahala berlipat dari amal yang ia kerjakan. Karena itu, rencanakan untuk memberbanyak ibadah dan amal sholeh.

Misalnya dalam jadwal harian, kita bisa mengalokasikan waktu untuk menambah ibadah. Di pagi hari, tambahkan waktu untuk menambah waktu berdzikir dan membaca Al Quran, serta waktu untuk sholat Dhuha. Persiapkan waktu tidur lebih awal agar kita bisa bangun sebelum sahur untuk melaksanakan sholat tahajud.

webinar umroh.com

Kita juga bisa merencanakan anggaran untuk bersedekah. Selain zakat, tambahkan porsi untuk bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

  1. Mulai Berlatih Menahan Nafsu

Saat bulan Ramadhan, kita diperintah menahan nafsu mulai dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Di hari-hari pertama bulan Ramadhan, biasanya menjadi waktu paling berat karena kita belum terbiasa. Karena itu, sebaiknya kita mulai berlatih menahan nafsu agar saat Bulan Ramadhan tiba, kita lebih terbiasa dan lebih semangat beribadah.

  1. Pastikan Tidak Ada Hutang Puasa

Pastikan saat memasuki bulan Ramadhan, kita tidak memiliki hutang puasa. Jangan sampai kita masih memiliki hutang puasa ketika Bulan Ramadhan tiba. Sengaja menunda mengganti puasa tanpa alasan yang syar’i termasuk dalam perbuatan dosa. Kewajiban mengganti atau mengqadha tetap ada, serta ditambah kewajiban membayar fidyah.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.