1
Parenting

Berpengaruh Besar Bagi Pertumbuhan Anak, Ini 3 Manfaat Pelukan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memberi pelukan dikenal sebagai salah satu langkah untuk menjalin hubungan dengan anak. Saat anak sering mendapat kontak fisik, terutama dengan orang tua, maka akan tercipta ikatan yang membuat hubungan orang tua dan anak semakin dekat.

Ternyata manfaat pelukan bukan hanya dalam hal mempererat hubungan. Pelukan bermanfaat juga untuk pertumbuhan anak. Agar anak tumbuh pintar, kuat dan sehat, rajinlah memberinya pelukan, karena pelukan dapat memberi 3 manfaat di bawah ini.

  1. Membuat Anak Semakin Pintar

Pelukan ternyata bisa membuat anak semakin pintar. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan banyak stimulasi sensory yang berbeda agar bisa berkembang dengan baik.

Kontak dengan kulit, dan kontak fisik menjadi stimulasi penting agar otaknya tumbuh sehat, serta tubuhnya menjadi kuat. Saat memeluk anak, terjadi kontak dengan kulit dan fisik antara orang tua dan anak. Inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor perkembangan otak anak.

Anak-anak yang kurang mendapat sentuhan dan pelukan akan tumbuh dengan banyak masalah yang menyangkut fungsi kognitifnya. Hal tersebut pernah ditemukan oleh para ilmuwan di wilayah timur Eropa.

Di sebuah panti asuhan di bagian timur Eropa, ada bayi-bayi yatim piatu yang jarang disentuh atau digendong. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu di kasur selama hampir 24 jam. Saat minum, mereka juga menggunakan botol yang sudah diberi penyangga, sehingga tidak membutuhkan orang lain untuk menggendong dan memegang botol minumnya. Anak-anak tersebut kemudian tumbuh dengan fungsi kognitif yang kurang.

Anak-anak membutuhkan sentuhan dari orang di sekelilingnya, terutama orang tua. Akan tetapi, tidak sembarang sentuhan yang bisa memberikan manfaat bagi perkembangan kognitifnya. Hanya sentuhan saat mengasuh, seperti pelukan, yang mampu memberi stimulasi positif bagi otak anak agar tumbuh dengan sehat dan baik.

  1. Membuat Anak Tumbuh Sehat

Bukan hanya perkembangan otak yang akan terpengaruh. Manfaat pelukan juga akan tampak pada pertumbuhan fisik anak. Anak yang kekurangan kontak fisik, tubuhnya akan berhenti tumbuh walaupun ia mendapat asupan nutrisi yang normal. Kondisi ini disebut dengan gagal tumbuh.

webinar umroh.com

Kondisi ini dapat diperbaiki jika anak kembali mendapat sentuhan asuhan dan pelukan yang cukup. Berikan sentuhan kasih sayang kepada anak agar anak bisa tumbuh dengan baik.

Manfaat pelukan bagi pertumbuhan disebabkan karena pelukan merangsang hormon oxytocin dalam tubuh. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa saat kita berpelukan, level oxytocin dalam tubuh akan meningkat. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon cinta.

Hormon yang memberi efek nyaman ini memiliki efek penting bagi tubuh, salah satunya adalah memberi stimulasi untuk tumbuh. Peningkatan hormon oxytocin akan diiringi dengan pengikatan hormon pertumbuhan.

  1. Menyehatkan Anak

Manfaat pelukan selanjutnya masih berkaitan dengan meningkatnya hormon oxytocin dalam tubuh. Meningkatnya hormon oxytocin akan memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh. Efeknya, level plasma dari hormon tiroid akan menurun, sehingga luka akan cepat sembuh.

Karena itu, berikan pelukan rutin agar anak tetap sehat. Ketika anak sedang sakit, rajinlah memeluknya agar proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.