1
Muslim Lifestyle Sejarah Islam

Mengapa Diwajibkan Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan Ramadhan akan tiba sebentar lagi. Saat bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa kewajiban berpuasa sebulan penuh dijatuhkan pada bulan Ramadhan? Di bawah ini adalah 5 alasan menurut para ulama mengapa Ramadhan dijadikan sebagai bulan untuk berpuasa.

Bulan Diturunkannya Al Qur’an

Para ulama berpendapat bahwa Al Qur’an turun pada tanggal 17 Ramadhan. Selain Al Qur’an, kitab-kitab agama samawi lainnya, seperti Taurat, Zabur, dan Injil, juga diturunkan pada bulan Ramadhan. Inilah yang kemudian membuat para ulama mengambil kesimpulan, bahwa diwajibannya puasa di bulan Ramadhan karena pada bulan ini, Al Qur’an pertama kali diturunkan.

Terdapat Malam Lailatul Qadar

Di bulan Ramadhan, juga terdapat malam yang sangat mulia  yaitu Lailatul Qadar. Di malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi dengan dipimpin Malaikat Jibril. Malaikat-malaikat menebarkan kebaikan hingga fajar tiba. Beribadah pada malam ini lebih baik dari beribadah 1.000 bulan.

Bulan di Mana Umat Muslim Memenangkan Perang Badar

Pada Jumat, 17 Ramadhan, tahun 2 Hijriah,  Rasulullah menyiapkan tentaranya untuk Perang Badar keesokan harinya. Saat itu, jumlah pasukan umat muslim hanya 300 orang, sementara pasukan musuh mencapai 1.000 orang. Apalagi musuh juga memiliki perlengkapan perang yang lebih lengkap.

Kondisi tidak seimbang itu ternyata tidak membuat umat muslim kalah dalam Perang Badar. Dengan pertolongan Allah, pasukan muslim ternyata mampu memenangkan pertempuran,  walaupun jumlah pasukan dan perlengkapan perang tidak seimbang

webinar umroh.com

Perang Badar ini adalah perang yang menjadi penentu dakwah Islam selanjutnya. Banyak ulama yang berpendapat bahwa jika saat itu umat muslim kalah, maka Islam tidak akan berkembang hingga saat ini.

Terjadi Pembebasan Kota Mekah atau Fathu Mekah

Pembebasan Kota Mekah atau Fathu Makkah, terjadi pada 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah. Pembebasan Kota Mekah ini merupakan saat paling bersejarah dalam peradaban Islam. Saat itu, 15 ribu pasukan umat Islam dari Madinah berhasil menaklukkan Makkah tanpa adanya peperangan dan pertumpahan darah.

Proses penaklukan Makkah yang damai ini ternyata membuat penduduk Makkah terkesan. Akhirnya, banyak penduduk Makkah yang memeluk agama Islam. Bahkan petinggi kaum Quraisy saat itu, yaitu Abu Sufyan, Ikrimah Bin Abu Jahal, dan yang lainnya menyatakan memeluk agama Islam.

Saat itulah, Rasulullah dan para Sahabat menghancurkan berhala-berhala di penjuru Kota Makkah. Nabi Muhammad juga memerintahkan penduduk Makkah yang masih memiliki berhala untuk menghancurkannya.

Ramadhan Merupakan Induk Bulan

Ramadhan merupakan kepala atau induk dari bulan-bulan lainnya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang berkata bahwa telah tiba bulan Ramadhan sebagai induk bulan-bulan lainnya (sayyidus syuhur) dengan membawa berkah, Maka ucapkanlah ‘selamat datang’, sebagaimana kepada orang-orang yang mengunjungi kita dalam kerinduan”.

Terlepas dari semua alasan di atas, tentunya hanya Allah yang paling mengetahui tentang alasan umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.